Toyota Sienta Duduki Posisi Mobil Terbaik

Toyota Sienta Jadi Mobil Terbaik di ICOTY 2016 – Toyota Sienta seperti diketahui adalah mobil pendatang baru yang yang cukup menarik di pasaran. Mobil ini digarap oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan masuk ke dalam kategori kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV). Meski kiprahnya di pasaran belum lama, namun mobil tersebut sudah menorehkan prestasi yang cukup bagus dengan memenangi penghargaan Indonesian Car of The Year 2016 oleh salah satu majalah otomotif terkemuka di Indonesia.

Pimpinan Redaksi dari majalah mobilmotor yang menyelenggarakan acara itu, Rudi Kurniadi menjelaskan bahwa pengujian yang dilakukan ICOTY 2016 melibatkan berbagai model dari merek-merek mobil berbeda, termasuk Sienta. Penilaian mobil-mobil tersebut dilakukan oleh penguji independen.

Konsep pengujian yang dibuat pada acara ini ternyata berdasarkan dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, pengujian pada mobil-mobil tersebut diberikan secara bersamaan pada semua tipe yang diikutkan sehingga bisa diketahui dengan mudah hasilnya.

Majalah mobilmotor memang secara rutin menyelanggarakan acara seperti ini. Rudi memaparkan bahwa untuk tahun ini, pengujian pada kendaraan dilaksanakan di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pemilihan lokasi tersebut bukannya tanpa pertimbangan. Pihak majalah sendiri berpendapat jika lokasi itu sangat sesuai untuk pengujian. Pasalnya, tempat itu mempunyai kondisi lintasan yang berbeda-beda. Berbagai kondisi jalan yang diperlukan ada di sana seperti tikungan, tanjakan, turunan, hingga lintasan lurus.

Sementara itu, juri independen yang menjadi penilai dalam pengujian tersebut tak lain adalah enam orang pemerhati otomotif nasional. Penilaian yang diberikan pada mobil didasarkan pada hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen. Seperti misalnya, kualitas kendaraan, kenyamanan, pengendalian, hingga fitur-fitur yang diusungnya. Tak sampai di situ, sebab pengujian dilakukan secara obyektif dengan memakai alat ukur.

Untuk diketahui, ICOTY 2016 diklasifikasikan ke dalam 11 kategori, tak terkecuali mobil hibrida yang masuk di dalamnya. Model yang berhasil meraih nilai tertinggi untuk masing-masing kategori secara otomatis bisa langsung ikut bersaing untuk memperebutkan penghargaan utama pada acara ini yaitu gelar Indonesian Car of The Year 2016 yang tahun ini berhasil disabet oleh Toyota Sienta.

Top