Uji Tabrak Mobil Kecil Tidak Memuaskan

Uji Tabrak Mobil Kecil Tidak Memuaskan – Serangkaian ujicoba yang dilakukan untuk menguji piranti keselamatan yang ternanam didalam Mobil berjenis City Car mengejutkan. Bagaimana tidak piranti keselamatan yang dinamakan Airbag merupakan piranti keselamatan yang berupa kantung udara yang wajib dimiliki oleh semua airbag dinilai gagal total. Mobil yang telah melakukan uji tabrak oleh Global New Car Assesment Program tersebut adalah Suzuki Swift dan Datsun go.

Mini Car Crash Test

Ujicoba yang dilakukan adalah dengan menabrakan mobil pada kecepatan 64 km/jam. Datsun Go merupakan mobil yang dipasarkan di India tidak lengkapi air bag, akan dipastikan dengan tidak memili piranti keselamat tersebut pengendara dan penumpang akan mengalami luka berat dibagian kepala, tubuh dan kaki. Namun berkat struktur mobil Datsun tersebut akan mampu memberikan  sedikit perlindungan kepada penumpang anak kecil. Oleh karena itu datsun masih mendapatkan 2 bintang pada Child Restraint System.

Untuk Suzuki Swift pun mempunyai hasil uji tabrak yang sama, kerena di India memang tidak diberikan piranti keselamatan Air Bag. Namun Swift lebih beruntung karena Suzuki memiliki varian Swift yang sudah dilengkapi piranti keselamatan Air Bag.

Untuk pengujian lainnya yang berukuran kecil juga dilakukan ujicoba yang terdiri dari 11 mobil. Dengan pengujian tabrakan pada kecepatan 64 km/jam juga dimaksudkan untuk mencari tahu seberapa aman mobil tersebut dalam melindungi pengendara didalamnya.

Hasilnya, sebagian besar mobil mempunai hasil yang tidak memuaskan atau dapat dikatakan tidak lulus. Dan yang cukup mengejutkan dari hasil tersebut, yang terburuk adalah Honda Fit atau yang lebih dikenal dengan Honda Jazz di Indonesia. Model ini mendapatkan rating ‘Poor’ bersama Fiat 500, Hyundai Accent, Toyota Prius C, Nissan Versa dan Mitsubishi Mirage.

Sementara itu mobil yang mendapat rating ‘Marginal’ pada pengetesan kali ini adalah Ford Fiesta, Toyota Yaris, Kia Rio dan Mazda2.

Dan dari semua mobil terkenal tersebut, hanya ada 1 model yang mendapat nilai paling tinggi yaitu Chevrolet Spark dengan mendapatkan rating ‘acceptable.’

Pengujian tersebut dimaksudkan agar setiap pengendara yang berjalan di lalu lintas umum dapat lebih berhati-hati dalam berkendara. Karena dengan kehati-hatian tersebut akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan cidera fatal walaupun mobil diberikan piranti keselamatan yang baik.

Bahkan Global NCAP sampai mengeluarkan pernyataan kontroversial dimana meski Datsun Go sudah ditambahkan rem ABS dan Airbags lantas tidak menjamin keselamatan dan keamanan pengemudi dan penumpangnya. Alhasil Global NCAP inimengirimkan surat resmi kepada Charglos Ghosn, CEO Renault-Nissan agar tidak menjual Datsun GO ini. Baca juga Spesifikasi dan Harga Datsun GO+ – Datsun GO Plus dan Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio.

Top