Benarkah Ducati Bakal Punya Motor 250 cc Baru?

Ducati Siapkan Motor 250 cc untuk Moto3 – Baru-baru ini banyak laporan yang mengungkapkan jika Ducati memiliki ketertarikan untuk ikut ambil bagian dalam gelaran Moto3. Kabar tersebut bukannya muncul tanpa sebab. Pasalnya, Paolo Ciabatti selaku Sporting Director Ducati Corse Paolo telah memberikan pernyataan langsung mengenai hal tersebut.

Meski tak menampik bahwa Ducati memiliki keinginan untuk terlibat di Moto3, tetapi Ciabatti menjelaskan bahwa fokus produsen itu dalam ajang balapan kini masih tertuju pada ajang MotoGP. Apalagi, mengingat bahwa pada musim 2017 mendatang, tim merah tersebut akan menyambut kedatangan sang bintang yang berhasil menyabet juara dunia tiga kali, Jorge Lorenzo.

Ajang Moto3 memang memiliki daya tarik tersendiri di mata Ducati, namun sekarang untuk bisa terjun di gelaran itu belumlah menjadi sebuah rencana. Produsen motor asal Italia tersebut masih mempertimbangkan hal ini sehingga belum tentu hal ini akan terealisasi pada tahun depan.

Ciabatti juga memaparkan bahwa sebagian besar pembalap di kelas primer berasal dari ajang Moto2. Meski begitu, pembalap-pembalap tersebut juga pernah meraih kesuksesan di gelaran Moto3.

Ciabatti sendiri berpendapat jika tim Ducati  masih memiliki kesempatan untuk membentuk tim satelit yang berfungsi untuk melatih pembalap muda berbakat yang tak terlibat dalam tekanan keras untuk segera ikut meramaikan balapan dengan bergabung bersama tim pabrikan MotoGP.

Namun, hal ini tetap menimbulkan tanda tanya besar di benak banyak orang. Pasalnya, Moto3 selama ini dikenal dengan ajang balap motor yang menggunakan mesin 250 cc silinder tunggal. Acara balapan tersebut hingga saat ini masih menjadi milik suplai mesin Honda, dibelakangnya disusul oleh KTM dan Mahindra/Peugeot. Jika Ducati nantinya benar-benar ambil bagian dalam acara ini, apakah ini menandakan bahwa pabrikan itu akan mengembangkan sebuah motor dengan kapasitas 250 cc?

Hal ini masih menjadi misteri. Meski begitu, banyak yang menduga jika Ducati tak mungkin hanya berakhir dengan mendukung tim yang memakai mesin lain pada ajang Moto3 saja. Jika Ducati memang hadir dengan mesin 250 cc, kemungkinan besar konsumen pun bisa ikut mencicipinya. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Top