Spesifikasi dan Harga Nissan Evalia Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Nissan Evalia – Saat ini, mobil berjenis MPV adalah salah satu jenis kendaraan yang paling banyak dicari oleh konsumen di Indonesia. Apalagi dengan karakter MPV yang cocok sebagai kendaraan sehari-hari serta memiliki daya tampung penumpang yang banyak turut menjadikannya primadona di pasar mobil Tanah Air. Hal inilah yang coba dimanfaatkan oleh Nissan Motor Corporation. Melalui PT Nissan Motor Indonesia, pabarikan asal Jepang tersebut meluncurkan Nissan Evalia guna memenuhi kebutuhan kendaraan MPV berdimensi besar di Indonesia. Evalia sendiri diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 yang lalu. Kala itu, Nissan mencoba memberikan alternatif lain di segmen MPV setelah sebelumnya mereka memiliki Grand Livina yang memiliki porsi pasar cukup besar di segmen low MPV. Kehadiran Nissan Evalia ini juga tak luput dari minat publik pada kendaraan jenis medium MPV yang memiliki bodi lebih besar dari low MPV, terutama semenjak kemunculan kompetitor Daihatsu Luxio serta Gran Max. Nissan Evalia sendiri secara cepat mampu mencuri perhatian publik. Buktinya, hingga kini Evalia mampu terjual hingga 2.217 unit sejak debutnya tiga tahun silam. Secara cerdik, Nissan Indonesia menempatkan Nissan Evalia di antara Grand Livina dan Nissan Serena. Jika Grand Livina mampu merebut porsi yang cukup besar di segmen low MPV dan Serena memiliki magnet yang cukup kuat di pangsa pasar MPV kelas atas, maka Nissan Evalia menjadi alternatif baru bagi keluarga Indonesia yang menghendaki mobil keluarga kelas satu dengan banderol harga tak semahal MPV premium.

nissan evalia

Hadir di pasar Indonesia bukanlah perkara mudah bagi Nissan Evalia karena saat ini sendiri di Indonesia sudah sesak dengan mobil bersgemen low MPV. Tetapi mobil besutan pabrikan asal Jepang tersebut memiliki bekal kuat untuk bertarung di pasar MPV dengan beberapa fitur keunggulannya. Seperti yang kita tahu, Nissan Evalia memilliki segudang senjata untuk “meledak” di pasaran. Mulai dari fitur sliding door khas MPV premium, lalu diperkuat dengan interior yang menawarkan kemewahan terutama dengan material yang ekslusif di mana pada tipe tertinggi sudah menggunakan material full leather. Selain itu, Nissan Evalia juga dibekali dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi, seperti sensor parking, teknologi pengereman ABS plus EBD dan EBA yang ada untuk tipe Evalia XV M/T dan Evalia tipe XV A/T. Kemudian, Nissan Evalia juga siap menawarkan performa handal lewat mesin 1.498 cc yang ditempatkan secara Front-Mounted Engine. Mesin tersebut sudah terbukti mampu memaksimalkan kinerja mesin, namun tetap hemat bahan bakar. Terakhir, soal kenyamanan pada Nissan Evalia juga tak perlu diragukan lagi di mana mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur kenyamanan terlengkap di kelasnya. Nah itulah gambaran singkat mengenai spesifikasi medium MPV buatan Nissan tersbut. Dan untuk lebih jelasnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Nissan Evalia pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk, langsung saja disimak!

mobil nissan evalia

Spesifikasi Nissan Evalia

Medium MPV dengan Desain Eksterior Eksklusif

Kita awali pembahasan spesifikasi Nissan Evalia ini dari sisi eksteriornya. Jika diamati dari luar, tampilan desain body Evalia ini memang memiliki kesan eksklusif khas MPV kelas atas. Mulai dari bentuk headlamp berbentuk heksagonal yang dirancang dinamis mengikuti arus garis body ke belakang, lalu dipadukan dengan desain front grill berbentuk ‘V shape’ melengkung ke bawah. Fascia depan Nissan Evalia sendiri memang memiliki konsep sederhana, namun tetap stylish dan elegan. Hal itu bisa dilihat dari penempatan lampu kabut di ujung bawah kanan dan kiri yang diberi cover berwarna gelap. Bergerak ke samping, konsep desain body samping Nissan Evalia pun juga mengusung tampilan yang cukup stylish dengan lekukan body yang halus, berpadu dengan desain kaca samping flat. Apalagi, Nissan Evalia ini mengusung desain pintu sliding yang membuatnya memiliki aura eksklusif khas MPV kelas atas. Selain itu, penggunaan sliding door ini juga bertujuan untuk mempermudah akses penumpangnya, serta tak akan memakan banyak ruang saat mobil berada di area parkir. Sedangkan untuk body belakang sendiri, Nissan Evalia dibuat dengan bentuk yang lebih boxy tanpa ada lekukan yang berarti. Hal ini mengindikasikan jika Evalia bakal memiliki bagasi yang lega. Sedangkan jika tampilan standar Nissan Evalia belumlah mencukupi, maka Nissan juga menyediakan aksesoris tambahan yang dijual secara secara terpisah, berupa aerokit set, foglamp set, door visor, lower grill chrome ornament, door edge protector, roof spoiler, mud guard, dan back door finisher yang siap mempercantik tampilan layaknya MPV premium. So, spesifikasi Nissan Evalia pada bagian eksterior ini benar-benar memancarkan aura eksklusif berpadu dengan tingkat fungsional kendaraan yang sangat baik.

Kabin Lapang Didukung Interior Kelas Atas

Lepas dari sisi eksteriornya, kini saatnya kita beralih pada spesifikasi Nissan Evalia di bagian interiornya. Meski secara level mobil ini ditempatkan di bawah Nissan Serena, namun ternyata Evalia dibekali dengan konsep penataan interior yang cukup mewah. Ruang kabin New Nissan Evalia meghadirkan kenyamanan maksimal bagi setiap anggota keluarga dan barang bawaaan. Fitur pada mobil ini juga sangat memperhatikan kebutuhan keluarga anda di perjalanan, mulai hiburan, kesejukan udara, kenyamanan kursi, hingga kompartmen setiap sudut. Pada kabin kemudi, panel dashboard Nissan Evalia tertata begitu rapi di mana cluster utama di depan lingkar setir diisi oleh indikator speedometer. Sementara itu, tuas persnelling ditempatkan pada bagian tengah dashboard yang akan membuat pengemudinya bisa mengemudikan kendaraan secara mudah. Pada bagian tengah dashboard sendiri ditempati oleh monitor LCD, tombol audio serta tombol pengatur AC. Kabin penumpang depan Nissan Evalia pun juga memiliki penataan yang menghadirkan tingkat kenyamanan tinggi lewat jok yang empuk dengan balutan kulit fabric berkualitas. Bergerak ke kabin penumpang bagian belakang, mobil ini memiliki konsep mobil keluarga yang benar-benar menghadirkan kenyamanan berkendara kelas atas. Pada jok penumpang pertama yang terdiri dari tiga kursi sudah dilengkapi dengan arm rest yang bisa dilipat. Lalu untuk jok paling Nissan Evalia belakang juga sudah diatur sedemikian rupa agar penumpang di baris paling belakang tetap mendapatkan kenyamanan. Secara umum, spesifikasi Nissan Evalia pada bagian interior memang memiliki kualitas di atas rata-rata low MPV masa kini. So, perjalanan anda bersama keluarga dipastikan akan semakin menyenangkan.

spesifikasi nissan evalia

Dimensi Besar Didukung Suspensi Mumpuni Berikan Kenyamanan Ekstra

Salah satu kelebihan yang dibawa spesifikasi Nissan Evalia ini adalah kabinnya yang sangat luas. Berbekal kabin yang luas ala MPV premium, jelas bila mobil ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan kendaraan keluarga dengan daya tampung ekstra lega. Secara fisik, mobil Nissan Evalia ini memiliki dimensi berukuran 4400 x 1695 x 1850 mm. Ukuran mobil ini memang termasuk besar, sesuai dengan fungsi dan daya tampungnya. Namun jangan salah, meski memiliki dimensi body yang lumayan gambot, manuver Nissan Evalia tetap terasa mantap karena di dukung oleh ground clearance yang pas, yakni 175 mm. Nissan sendiri mengaplikasikan konsytruksi body monocoque yang akan memberikan kenyamanan meski melewati jalanan bergelombang. Kemudian untuk mendukung stabilitas berkendara, Nissan Evalia sudah dijejali dengan sistem suspensi berkualitas McPherson Strut dengan tambahan Stabilizer untuk suspensi depan serta Smart Cmfort Suspension System untuk suspensi bagian belakang. Keberadaan suspensi kelas satu tersebut akan memberikan peredaman yang cukup halus sehingga kenyamanan penumpang dan pengemudi tetap terjaga. Lalu untuk sektor pengereman, Nissan Evalia dibekali dengan rem Disk Brake pada bagian depan dan juga Drum Brake untuk rem bagian belakang. Dan untuk Evalia tipe SV dan XV sudah disempurnakan dengan teknologi penegereman ABS dan EBD plus EBA. Terakhir di bagian kaki-kaki, spesifikasi Nissan Evalia mengusung ban dan velg berukuran 165/R14 yang mantap untuk melibas jalanan perkotaan maupun berkendara jarak jauh ke luar kota.

Mesin 1.5L DOHC Dual CVTC Jaminan Performa Handal dan Bertenaga

Advertisement

Saatnya beralih pada pembahasan spesifikasi Nissan Evalia pada bagian ruang mesin. Untuk ruang dapur pacu ini, Nissan mengusung basis mesin yang sama dengan Nissan Juke lewat mesin berkode HR15DE berkapasitas 1.498 cc. Mesin yang tertanam pada Nissan Evalia in merupakan mesin jenis DOHC 4 silinder segaris 16 katup, Dual CVTC yang sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 109 PS pada putaran 5.600 rpm serta torsi maksimum 143 Nm pada putaran 4.00 rpm. Selain itu mesin Nissan Evalia juga sudah dirancang oleh pabrikan dengan penempatan mesin yang didesain secara Front-mounted Engine yang terbukti mampu memaksimalkan kinerja mesin dan memudahkan perzwatan berkala. Selain itu, teknologi tinggi pada mesin Nissan Evalia ini mampu memberikan performa yang halus dan kenyamanan maksimal kepada pengguna. Untuk segmen medium SUV, tenaga yang dihasilkan oleh mesin racikan Nissan ini merupakan salah satu mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Selain itu, pada spesifikasi mesin Nissan Evalia kali ini juga sudah didukung dengan Electronic Power Steering untuk memberikan kenyamanan berkendara. Lalu untuk transmisi penggeraknya sendiri, Evalia akan dibagi menjadi dua transmisi penggerak yaitu manual empat percepatan dan otomatis empat percepatan, yang semuanya berpenggerak roda depan. Jika melihat karakter mesin pada spesifikasi Nissan Evalia ini, mobil MPV besutan Nissan ini memang sangat cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan medan jalan medium, namun juga tak memungkiri bahwa mobil ini sangat cocok juga untuk penggunaan di kota besar dengan jarak tempuh pendek.

spesifikasi mobil nissan evalia

Fitur Lengkap Hadirkan Suasana Berkendara Seru Bersama Keluarga

Untuk pembahasan terakhir, kita akan membahaa spesifikasi Nissan Evalia pada baian fitur keselamatan, kenyamanan dan keamanannya. Untuk memenuhi semua aspek yang diinginkan oleh konsumen, Nissan pun membekali Evalia dengan kelengkapan ekstra pada masing-masing fiturnya. Fitur atau teknologi pertama yang akan menjamin kenyamanan Nissan Evalia adalah penggunaan rangka Monocoque yang akan membuat keselamatan penumpang dan driver menjadi lebih terjamin. Lalu tersedia juga fitur Airbags untuk driver yang ada paad Nissan Evalia tipe XV Highway Star (M/T dan A/T). Sedangkan fitur keselamatan lain seperti seatbelt 3 Point ELR sudah tersedia untuk semua tipe. Satu lagi, ada sedikit perbedaan khusus untuk Nissan Evalia 1.5 XV Highway Star yang sudah terdapat fitur Pretensioner dan Load Limiter pada seatbeltnya. Beralih untuk fitur penunjang kenyamanan, mobil ini juga sudah memiliki fitur lengkap seperti contohnya 1DIN Audio untuk semua tipe. Dan untuk Nissan Evalia 1.5 SV dan tipe XV Highway Star diberi tambahan berupa empat speaker. Sedangkan untuk Evalia tipe ST hanya dibekali dengan 2 speaker. Perbedaan lain juga akan anda temukan pada Nissan Evalia 1.5 XV Highway Star yang sudah dibenamkan layar Roof Monitor 10 inci untuk kebutuhan entertainment melengkapi fitur Rear Wipe Camera dan Takometer yang sudah ada sebelumnya. Terakhir untuk fitur keamanan mobil, fitur seperti Keyless Entry with Alarm hanya tersedia melengkapi spesifikasi Nissan Evalia 1.5 SV dan juga tipe XV Highway Star saja. Sementara fitur I-Key System dan Parking Sensor hanya disematkan untuk Evalia 1.5 XV Highway Star.

Nissan Evalia

Mesin
Tipe Mesin 1.5L DOHC, 4 cyl, in-line, 16-Valve, Dual CVTC
Jumlah Silinder 4
Tenaga Maksimum 109 PS/5600 rpm
Torsi Maksimum 14.6 Nm/4000 rpm
Diameter x Langkah 78.0 x 78.4 mm
Kapasitas Isi Silinder 1498 cc
Dimensi
P x L x T 4400 x 1695 x 1850 mm
Berat Kosong 1350 kg
Jarak Sumbu Roda 2725 mm
Ground Clearance 175 mm
Radius Putar Minimal 5.2 mm
Konstruksi Body Monocoque
Kapasitas Tangki BBM 55L
 Suspensi
Suspensi Depan McPherson Strut with Stabilizer
Suspensi Belakang Smart Comfort Suspension System
Pengereman
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake
Kaki-kaki
Ukuran Ban 165/R14
Velg Steel Full Cover 14″x5JJ

Harga Nissan Evalia

Akhirnya sampailah kita di segmen harga Nissan Evalia setelah tadi kita sama-sama telah mengulas spesifikasinya dari masing-masing sektor. Bagaimana? Puas dengan spesifikasi pada setiap sudut Evalia tadi? Spesifikasi yang cukup mewah pastinya akan diikuti dengan harga Nissan Evalia yang juga ‘mewah’. Berbicara masalah harga, tentunya kita harus kembali menilik spesifikasinya. Tak bisa dipungkiri bahwa mobil MPV andalan Nissan ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk segmen mobil keluarga Indonesia. Lewat desain eksterior yang cukup eksklusif, lalu didukung dengan spesifikasi mesin dan kabin yang sangat baik, maka pantas saja jika Nissan Evalia menjadi salah satu primadona kendaraan kelas medium MPV. Secara performa pun mobil ini termasuk yang paling tangguh untuk kelas MPV. Keberadaan mesin DOHC 4 silinder 16 katup berkapasitas 1500 cc pastinya akan menjawab keutuhan anda akan mobil keluarga yang memiliki mesin bertenaga dan tangguh. Secara umum, karakter mobil ini memang sangat cocok untuk keluarga Indonesia, apalagi daya tampungnya juga sangat maksimal. Nah dengan berbagai bekal desain bodi kompak dan kabin ekstra lega yang dibawanya, lalu berapa ya kira-kira harga Nissan Evalia ini?

harga nissan evalia

harga nissan evalia terbaru

Di Indonesia sendiri Nissan membagi Evalia menjadi lima tipe, di mana masing-masing tipe mengusung bekal spesifikasi tambahan yang berbeda-beda. So, harga Nissan Evalia pun juga beragam. Untuk tipe paling murah adalah Evalia tipe ST bertransmisi manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 177.750.000,-. Lalu di atas Evalia tipe ST ada Nissan Evalia tipe SV yang juga memiliki transmisi manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 192.250.000,-. Meski kedua tipe Evalia ini menempati kelas paling murah, namun secara kualitas sebenarnya sudah cukup bagus. Di atas tipe ST dan SV, ada tipe SV bertransmisi otomatis. Harga Nissan Evalia tipe SV dengan transmisi otomotis ini adalah sekitar Rp 204.850.000,-. Sesuai dengan klasifikasinya, Evalia tipe SV A/T ini merupakan tipe menengah yang punya fitur lengkap sehingga cukup digemari konsumen. Sementara itu, dua varian paling mahal ditempati oleh Evalia tipe XV di mana untuk tipe XV dengan transmisi manual dibanderol dengan harga sekitar Rp 208.250.000,-. Sedangkan untuk harga Nissan Evalia tipe XV otomatis adalah sekitar Rp 221.350.000,-. Apabila diperhatikan nominal harganya, banderol harga Evalia ini memang berada di atas harga kebanyakan kendaraan jenis low MPV lainnya. Hal ini memang sesuai dengan segmentasinya yang diplot untuk menempati kelas medium MPV.

Harga Nissan Evalia

Tipe Harga
Nissan Evalia ST M/T Rp. 177,750,000
Nissan Evalia SV M/T Rp. 192,250,000
Nissan Evalia SV A/T Rp. 204,850,000
Nissan Evalia XV M/T Rp. 208,250,000
Nissan Evalia XV A/T Rp. 221,350,000
Daftar Harga Mobil Nissan

Nah itulah kisaran harga Nissan Evalia yang Mas Sena himpun dari laman resmi Nissan Indonesia. Namun perlu anda ketahui bahwa nominal harga di atas adalah berlaku untuk area Jabodetabek dan sekitarnya. Untuk harga di daerah, pastinya akan mengalami penyesuaian. Bila dicermati kembali, kisaran harga Nissan Evalia di atas memang masuk dalam level menengah, sesuai segmentasinya di kelas medium MPV. Harga Evalia di atas tadi jika dihitung-hitung memang masih di atas harga kebanyakan kendaraan jenis low MPV yang kini mendominasi jalanan Indonesia. Hal ini memang wajar, karena Nissan Evalia sendiri menawarkan sesuatu yang lebih jika dibandingkan dengan mobil keluarga jenis low MPV lainnya. Pada pangsa pasar medium MPV sendiri bisa dibilang pesaing Evalia tidak terlalu banyak, kita bisa menyebut Daihatsu Luxio atau Suzuki APV. PT Nissan Motor Indonesia sendiri juga menempatkan Evalia di bawah Nissan Serena yang bertarung di segmen high-class MPV. Dengan bekal spesifikasi mumpuni serta banderol harga Nissan Evalia yang beragam, tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan calon pembeli untuk memilih tipe yang mana yang akan menjadi kendaraan keluarga idamannya. Nah, sekarang pilihan pun kembali pada anda sekalian. Kira-kira tipe Evalia yang mana yang akan anda pilih? Baca juga ulasan Mas Sena mengenai Honda Freed dan Suzuki APV Arena.

Top