Tips Merawat Kampas Rem Agar Awet

Semisena.com – Tips Merawat Kampas Rem Agar Awet – Berkendara menggunakan sepeda motor memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang saat ini, untuk menjalankan aktifitas sehari – hari tentunya tidak bisa lepas dengan kendaraan roda dua ini. Namun, banyak pengendara yang kurang mengetahui tentang berbagai masalah yang sering terjadi pada motor mereka. Ulasan pengetahuan tentang merawat onderdil kendaraan seperti melakukan perawatan kampas sangat penting untuk diketahui.

Tips Merawat Kampas Rem Agar Awet

Berikut ini merupakan panduan merawat kampas rem motor, sebelum menginjak tips ini ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan terlebih dahulu. Salah tips penting yaitu membersihkan rantai motor,  karena dengan cara ini memudahkan untuk merat kampas rem, kotoran pada rantai bisa berpengaruh besar terhadap awetnya kampas. Perhatikan juga jarak antara piringan dan kampas dan lakukan perawatan rem tromol motor karena sering terjadi tidak pakem. Hal yang sering ditanyakan pengendara yaitu bagaiman agar rem tetap pakem walaupun tromol tipis, ulasanya akan kami berikan berikut ini.

Tips Merawat Kampas Rem

Agar kampas rem awet, langkah pertama yaitu periksa kondisi dan posisi tromol, utamanya bagian penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru maupun teromol bekas. Bersihkan tromol terlebih dahulu dan pastikan penampang cakram dalam keadaan bersih, pastikan permukaan dudukan cakram rata, hal ini bertujuan agar piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah sering membersihkan kaliper dan pin fleksiblenya, hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Perhatikan jarak bebas antara piringan dan kampas rem, jika belum sempurna maka atur kembali dalam posisi yang tepat atau putar roda motor tersebut dan lihat piringan cakram tidak akan menyentuh kampas rem, itu merupakan cara setting jarak piringan dan kampas.

Tips dan cara merawawat kampas rem berikunya, yaitu memastikan selalu bearing roda terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan secara tetatur. Bagian ini bertujuan untuk menghindari terjadinya speling pada bearing, dan akibatnya bisa membuat piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem, masalah tersebut sering dialami oleh pengendara motor, cara ini juga sering diterapkan oleh pecinta otomotif di Indonesia.

Cara merawat rem yang terakhir, yakni menggunkan rem dengan semestinya, saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. Saat melakukan pengereman secara terus – menerus maka akan mengakibatkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis. Sebenarnya merawat rem tidak sulit jika mematuhi tips dan panduan tersebut, serta menggunakan jasa rem dengan semestinya.

Top