Datsun Sambut Baik Kebijakan Pajak Berdasarkan Emisi

Datsun Tetap Siap Jika Pajak Diputuskan Berdasarkan Emisi – Saat ini, pajak kendaraan bermotor yang berlaku di Indonesia kemungkinan besar akan menerapkan sistem pajak sesuai dengan emisi yang dikeluarkan. Hingga saat ini, kebijakan yang akan segera diberlakukan itu diketahui masih dalam proses penggodogan oleh badan yang terkait.

Jika kebijakan ini resmi diputuskan maka semakin banyak emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan, pajak yang dibebankan pun akan semakin besar. Begitu juga dengan sebaliknya, semakin kandungan emisi yang dikeluarkan maka pajak pun akan semakin ringan.

Nah, berkaitan dengan kebijkan tersebut, rencana kebijakan pajak ini pun disambut baik oleh salah satu produsen mobil di Indonesia, yaitu Datsun. Produsen yang merupakan anak perusahaan dari Nissan Motor Indonesia ini diketahui telah siap untuk mematuhi dan mengikuti aturan resmi tersebut jika nantinya sudah diterapkan.

“Kami Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di ranah hukum Indonesia. Jadi regulasi apapun harus kami ikuti,” ujar Head of Datsun Indonesia Indri Hadiwidjaja di sela konferensi pers Datsun Xplore Your Style 2016 di Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Jika berkaitan dengan soal teknis, Datsun sendiri mengakui jika Divisi Riset dan Pengembangan yang saat ini tenag mereka jalankan pun akn bergerak secara cepat jika nantinya aturan ini resmi diterbitkan atau dirilis.

“Sekarang kan Euro2. Pastinya akan ada penyesuaian kalau aturan baru diberlakukan. Divisi riset kami juga akan berusaha mengikuti aturan yang ada,” tutupnya.

Status pajak berdasarkan jumlah emisi sejauh ini masih terus digodok. Pihak-pihak terkait dengan aturan ini adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, dan Kementerian Perhubungan.

Top