Akuisisi Daihatsu? Ini Jawaban Bos Toyota Indonesia

Kerjasama Toyota-Daihatsu Bakal Bikin Persaingan Lebih Kompetitif – Akuisisi Toyota terhadap Daihatsu dipercaya menjadi langkah yang cukup efektif untuk kedua perusahaan asal Jepang itu untuk mengembangkan jaringan bisninya. Hal ini terutama akan ditujukan untuk negara-negara berkembang.

Kabar yang baru-baru ini beredar, kerjasama antara Toyota dan Daihatsu rupanya adalah mempersiapkan sebuah perusahaan baru yang disebut-sebut akan mengembangkan kelas mobil ringkas atau yang lebih populer dengan sebutan Emerging-market Compact Car Company.

Henry Tanoto selaku Vice President Director dari Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya buka mulut untuk memberikan tanggapan terkait hal tersebut. Ia berpendapat bahwa kerjasama yang dilakukan oleh Toyota dan Daihatsu itu diperkirakan akan membuat persaingan di industri otomotif semakin kompetitif ke depannya.

Tak hanya berharap bahwa kerjasama tersebut mampu memberikan kontribusi positif di pasar otomotif, Henry juga mengharapkan agar bahwa untuk ke depannya kedua pihak mampu mendapatkan keuntungan dari kerjasama tersebut agar masing-masing perusahaan bisa terus meningkat menjadi lebih baik.

Henry juga memberikan jawaban bahwa meskipun kabar tersebut semakin berhembus kencang namun TAM sendiri hingga kini belum melakukan persiapan secara khusus. Bahkan, perubahan secara struktural pun belum dilakukan guna menyambut kehadiran dari perusahaan baru tersebut. Sehingga meskipun masyarakat cukup antusias namun sebaiknya tak terlalu tenggelam dalam euforia itu dan terus menunggu perkembangan dari kedua belah pihak.

Lebih lanjut lagi, Henry memaparkan bahwa perusahaan hasil kerjasama antara dua pabrikan motor terkemuka asal Jepang tersebut tergolong baru sehingga tahapan-tahapan yang akan dijalankan untuk ke depannya masih dalam proses persiapan. Perusahaan itu memang ditujukan untuk negara-negara berkembang sehingga Indonesia pun akan masuk pada sasaran dari perusahaan itu.

Untuk diketahui, apabila perusahaan hasil kolaborasi dari Toyota dan Daihatsu ini nantinya akan benar-benar hadir, maka bagian dari pengembangan produk tak terkecuali dengan hal-hal yang berkaitan dengan jaminan kulitas produk, maka hal tersebut sepenuhnya akan menjadi kewenangan dari Daihatsu berdasar pada kesepakatan yang telah dibuat oleh kedua belah pihak.

Top