Gandeng McLaren, Honda Comeback ke Ajang F1

Honda Kembali ke Ajang F1 – Sejak lama, sudah santer terdengar kabar kalau Honda akan kembali meramaikan ajang balap jet darat—F1. Pabrikan otomotif asal jepang ini, memang sudah lama absen dari ajang tersebut. Kawan begawai pasti masih ingat, dulu Honda sempat sukses mendominasi ranah roda dua dan empat. Mesin Honda nyaris susah dikalahkan. Namun seiring berjayanya Ferrari, Honda keok. Ditambah lagi dengan kondisi keuangan yang kurang mendukung, Honda mundur dari balap F1. Tapi keinginan untuk kembali ke ajang balap jet darat tersebut kelihatannya sangat kuat.

honda mclaren comeback f1

Senior Manager Honda Research and Developmen, Yasuhisa Arai menjelaskan, dengan menggandeng McLaren, Honda akhirnya comeback!!

“Honda akan kembali berpartisipasi dibalap FI mulai musim 2015. Pengembangan kekuatan dipusatkan di R & D Sakura”. Ujar Yasuhisa.

Apa yang ditunggu – tunggu penggemar Formula One (F1) akhirnya muncul ke publik. Senin, 17 November 2014 untuk pertama kalinya Honda merilis penampakan mobil jet darat yang merupakan hasil dari kerjasama dengan McLaren. Debutnya setelah memutuskan comeback juga diungkapkan Honda melalui akun Twitternya.

“First ever shot of the McLaren Honda. Start of a new era!” #F1_Honda” begitu kicauan di akun Twitter resmi Honda Jepang, seperti dikutip detikOto, Senin (17/11/2014).

Dari foto yang dirilis, Honda dan McLaren juga memperlihatkan mobil terbaru itu saat melakukan pengetesan sejauh 100 km di sirkuit Silverstone, Inggris. McLaren dalam kurun waktu 20 tahun terakhir menggunakan mesin Mercedes dan pada musim depan kerja sama itu berakhir. Tim balap asal Inggris itu akan menggunakan mesin V6 Turbo Hybrid yang disuplai Honda.

Adalah pebalap Oliver Turvey yang dipercayai melakukan uji coba tersebut. Dalam akun twitter resminya @OliverTurvey, si ganteng itu pun mengaku merasa terhormat karena dipercayai untuk uji coba itu.

“Feel honoured to be trusted by @McLarenF1 with this historic moment of being the first to drive the new Honda power #McLaren #F1 #Honda” ucap Turvey, seperti dikutip Semisena.com.

McLaren kemudian akan melakukan uji coba secara penuh dengan mesin Honda untuk pertama kalinya, setelah balapan terakhir musim ini di Abu Dhabi nanti. Kira – kira apakah Honda akan menemukan kejayaan masa lalunya lagi? Kita lihat saja performanya di ajang F1 musim depan. Baca juga Wujud Ford Everest terbaru dan Mercy : Mobil Premium Dilarang Minum Premium.

Top