Harga Yamaha TMAX DX 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha TMAX DX dan Spesifikasi – Produsen otomotif asal Jepang Yamaha diketahui akan kembali merilis skutik varian Max terbarunya yang bertajuk Yamaha TMAX DX. Setelah sebelumnya vendor tersebut merilis matic varian MAX lain yakni NMAX da juga XMAX. Skutik premium terbaru garapan Yamaha ini sebenarnya merupakan generasi penerus dari Yamaha TMAX yang diluncurkan tahun 2013 silam. Tak banyak perbedaan yang terjadi pada Yamaha TMAX DX dengan generasi sebelumnya, hanya saja pada sektor dimensi motor matik ini memiliki lebar yang lebih ramping dari pendahulunya. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, hal ini tentu akan membuat tampilan dari Yamaha TMAX DX ini menjadi tampak bongsor dan gahar pastinya, selain itu desain besar untuk kategori matik premium memang sedang tren. NAh, kira-kira apa saja ya keunggulan dan keistimewaan yang dimiliki Yamaha TMAX DX ini?

Yamaha TMAX DX

Yamaha TMAX DX

Sebagai salah satu skutik premium besutan Yamaha yang menyasar pada segmen kelas menengah atas, tentunya Yamaha TMAX DX ini akan hadir dengan tampilan desain yang lebih menarik dan berbekal spesifikasi mesin yang handal serta dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang canggih. Jika melihat desain yang dibawa matic ini, tampak sekali beberapa lekukan tegas dan berotot pada setiap sisi dengan windscreen pada bodi depan dari Yamaha TMAX DX ini sehingga menampilkan kesan motor matik premium yang gagah dan berwibawa. Selain itu, untuk membuktikan kesan kegagahannya maka Yamaha pun membenamkan mesin tipe DOHC 4 katup dengan kapasitas mesin 530cc di mana dengan mesin tersebut sudah dipastikan bahwa skutik ini akan mampu menghasilkan tenaga gahar yang membuatnya mampu melaju dengan akselerasi dan kecepatan laju tinggi. Di sisi lain, beberapa fitur modern dan canggih pun turut disematkan untuk menyempurnakan spesifikasi Yamaha TMAX DX ini. Nah, untuk mengetahui lebih jelas dan lebih terperinci, yuk kita simak bersama ulasan Mas Sena terkait pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha TMAX DX yang diuraikan pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Yamaha TMAX DX

Review Yamaha TMAX DX

Desain

Skutik Premium dengan Desain Sporty Tampilkan Kesan Berotot

Pertama-tama, marilah kita mulai pembahasan kali ini dengan mengulas eksterior dari spesifikasi Yamaha TMAX DX. Dihadirkan dengan mengusung tampilan desain motor yang terlihat lebih fresh dan sporty, tampaknya bakal menjadikan skutik mewah garapan Yamaha ini kian menarik para calon konsumen kelas menengah atas. Pasalnya, pada sektor bodi depan Yamaha membekali Yamaha TMAX DX ini dengan Dual LED Headlamps yang dibentuk dengan gaya desain “Eyelids” lengkap dengan lampu sein yang terpasang manis pada bagian bawah dari headlamp tersebut sehingga selain tampil gagah, dengan disematkannya dual headlamps pada Yamaha TMAX DX tersebut maka pencahayaan pun akan semakin terang. Selain itu, menariknya pada bagian depan sisi atas juga terpasang sebuah wind screen yang dibentuk dengan desain dinamis dan bisa diatur posisinya sesuai dengan kebutuhan pengemudinya. Menginjak pada sektor tampilan bodi sampingnya, Yamaha TMAX DX ini memperlihatkan desain yang begitu gagah dan kokoh dengan beberapa lekukan dan garis tajam dan tegas. Bahkan, pada sektor samping dari sisi depan pun terdapat pijakan kaki yang nantinya akan memberikan kenyamanan kepada pengemudinya dalam berkendara. Tak hanya itu, tampak juga jika Yamaha membekali Yamaha TMAX DX ini dengan jok dual set untuk memanjakan para penggunanya, yang dapat diatur posisinya maju dan mundur sesuai dengan kebutuhan dari si pengguna itu sendiri. Selain itu, dengan jok nya yang lebar pada sektor dalamnya spesifikasi Yamaha TMAX DX ini juga dibekali dengan bagasi yang lega.

Spesifikasi Yamaha TMAX DX

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Multifungsi dengan Tampilan TFT Display

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan membahas pada bagian panel indiaktror dari spesifikasi Yamaha TMAX DX. Menyasar sebagai motor modern tentu panel instrument yang diusung oleh motor matic ini juga didesain dengan tampilan modern dan futuristik yaitu dengan mengusung layar TFT yang membut skutik ini makin keren. Selain mengusung tampilan panel indikator yang mewah dan modern tersebut, sektor panel instrument dari Yamaha TMAX DX ini pun juga akan menampilkan informasi terkait kondisi motor yang nantinya mudah dipahami oleh pengemudinya. Pada panel indiaktor ini, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kiri, tengah dan kanan di mana kesemua bagian tersebut menampilkan informasi berbeda-beda. Pada panel kiri, akan ditampilkan kecepatan atau speedometer analog yang dihitung Km/jam. Sementara itu, pada sektor tengah panel Yamaha TMAX DX ini akan ditampilkan dalam bentuk tampilan digital yang memberikan informasi mengenai odo meter, 2 trip meter, indikator bahan bakar, dan suhu atau temperature mesin. Sedangkan pada bagian kanan, akan menampilkan informasi mengenai tachometer. Melihat hal tersebut maka bisa diketahui bahwa panel indiaktor dari spesifikasi Yamaha TMAX DX ini memang didesain modern dengan fitur canggih dan informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha TMAX DX

Dimensi

Skutik Modern dengan Dimensi Besar Disokong Rangka Berbahan Aluminium Kokoh

Selain tampilan eksterior, perlu diketahui juga bahwa spesifikasi Yamaha TMAX DX ini juga dibentuk dari dimensi yang mengusung rangka tulang punggung (Underbone) di mana rangka tersebut berbahan material alumunium. Sehingga, dengan mengusung rangka tersebut maka skutik besutan Yamaha ini akan mampu menopang beban dengan kuat namun tetap ringan. Selain itu, bentuknya yang cukup besar dan gagah, juga tak lepas dari ukuran dimensi pembentuknya. Pasalnya, Yamaha TMAX DX ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.200 mm, lebar 765 mm, tinggi 1.420 mm (1.555mm dengan wind screen), dan memiliki jarak sumbu roda 1.575 mm. Selain itu, skutik garapan Yamaha ini pun juga memiliki bobot beban hingga 216 Kg. Sehingga, dengan dimensi dan bobot tersebut maka akan memberikan posisi handling yang ideal dan nyaman dikendarai. Selain itu, Yamaha TMAX DX ini juga bakal memiliki ground clearance setinggi 125 mm. Ukuran tersebut memang dirasa cukup standard dan cocok untuk dikendarai di perkotaan namun kurang pas jika dikendarai melewati jalanan yang tak rata atau banyak batu besar. Dari beberapa hal tersebut, spesifikasi Yamaha TMAX DX pada sektor ini nampaknya akan memudahkan para penggunanya.

Review Yamaha TMAX DX

Suspensi

Bobot Disokong dengan Suspensi Kuat dan Kokoh

Beralih pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha TMAX DX. Sebagai skutik yang mengusung bodi besar tentu membutuhkan kaki-kaki yang kokoh dan kuat untuk menopang bobot tersebut. Nah, oleh sebab itu, pada kaki-kaki dari motor matic ini dilengkapi dengan suspensi kuat untuk menjaga kestabilan dari skutik besutan Yamaha ini. Suspensi tersebut akan disematkan pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan, Yamaha TMAX DX ini akan mengandalkan tipe suspensi Teleskopik fork dengan front travel 120 mm yang akan membuat sektor depan motor ini menjadi lebih nyaman ketika melintasi jalanan yang cukup terjal. Sementara itu, untuk bagian belakang Yamaha lebih mengandalkan suspensi tipe Swingarm dengan real travel 117 mm. Kedua suspensi ini memang sudah teruji kemampuan dan ketangguhannya dalam meredam setiap goncangan atau getaran sehingga pengendara pun akan merasa nyaman. Selain itu, untuk Melengkapi penampilan motor matic Yamaha Tmax DX ini, Yamaha juga membekali motor ini dengan roda yang berukuran 120/70-15 (depan) dan 160/60-15 (belakang). Lalu, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara maka Yamaha pun akan membekali skutik premium garapannya ini dengan pengereman Hydraulic Dual Disc berdiameter 267 mm pada bagian depan dan pengereman Hydraulic Single Disc yang berukuran 282 mm pada sektor belakang. Kedua rem yang tersemat pada Yamaha TMAX DX ini akan memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan dari motor matik ini. Apalagi, kedua pengereman tersebut sudah dilengkapi teknologi ABS yang akan mampu bekerja dengan baik untuk menjaga kestabilan pengereman dalam setiap kondisi apapun. Karena, cakram tidak langsung terkunci saat melakukan pengereman meskipun terjadi secara tiba-tiba. Dengan spesifikasi Yamaha TMAX DX yang cukup menjanjikan tersebut maka tidak heran jika nantinya harga motor ini tergolong cukup mahal.

Harga Motor Yamaha TMAX DX

Mesin

Sektor Dapur Pacu Dibekali Mesin Gahar Tipe Forward-Inclined Parallel DOHC dengan Kapasitas 530cc

Menginjak pada sesi berikutnya, pada segmen ini saatnya Mas Sena untuk membedah sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha TMAX DX. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa skutik premium besutan Yamaha ini memang bakal menghadirkan performa yang sangat unggul di kelasnya. Hal itu bisa diketahui dari beberapa komponen mesin yang disematkan pada sektor dapur pacu dari Yamaha TMAX DX ini di mana Yamaha membenamkan tipe mesin Forward-inclined Parallel 2 Silinder berteknologi DOHC yang memiliki kapasitas 530cc 4 katup. Selain itu, mesin pacu tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem Liquid Cooled sebagai sistem pengatur temperatur suhu agar suhu pada mesin motor ini tetap stabil. Mesin dari Yamaha TMAX DX tersebut diketahui juga mampu menyemburkan tenaga gahar sebesar 33.8 kW per putaran 6.750 rpm dan mampu mencapai torsi dengan titik puncak hingga 53 Nm pada putaran ke 5.250 rpm. Tenaga dari mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi V-BELT Automatic. Di sisi lain, tak hanya mampu menghasilkan tenaga yang handal dan mumpuni saja, mesin pacu dari Yamaha TMAX DX ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection yang diklaim bakal mampu memberikan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar sehingga akan membuatnya menjadi lebih irit. Bahkan, Yamaha pun juga membekali spesifikasi Yamaha TMAX DX ini dengan teknologi Dual Over Head Camshaf ini membuat proses pembakaran dalam mesin motor ini menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dihasilkan pun menjadi lebih besar serta emisi yang dihasilkan juga lebih bersih.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Karena motor matik besutan Yamaha ini memiliki perfoma yang cukup tangguh maka dari itu spesifikasi Yamaha TMAX DX ini juga menanamkan beberapa fitur keselamatan guna melengkapi perfoma dari motor ini. Hal ini dapat kita lihat pada sektor pengereman yang diandalkan oleh skutik premium keluaran Yamaha ini. Pada sektor depan motor Yamaha TMAX DX ini mengenakan sistem pengereman dengan jenis rem cakram hydraulic dual disc, dengan diameter 267 mm. Lalu pada sektor belakang motor ini menanamkan rem cakram hydraulic tunggal yang memiliki diameter 282 mm. Kedua pengereman ini diketahui akan mampu menghentikan laju motor dengan sempurna. Tak sampai di situ saja, Yamaha TMAX DX ini juga akan dilengkapi dengan fitur lain, seperti panel spedometer yang canggih dan mdoern serta mampu memberikan informasi secara akurat kepada pengendaranya mengenai kondisi dari motor Yamaha TMAX DX ini. Selain itu pada bagian bawah jok motor matic ini juga terdapat bagasi yang luas yang bisa digunakan untuk mnyimpan barang-barang bawaan. Terdapat juga Double Projector Headlamp yang ada dibagian depan motor ini, sehingga pencayaan pada bagian depan menjadi lebih terang dan merata. Dengan adanya beberapa fitur yang canggih dan modern pada spesifikasi Yamaha TMAX DX ini membuatnya tampak semakin kece.

Spesifikasi Yamaha TMAX DX

Mesin
Tipe Mesin Forward-inclined parallel 2-cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves
Displacement 530.0cc
Broke x Stroke 68.0 mm x 73.0 mm
Rasio Kompresi 10:9:1
Daya Maksimum 33.8 kW @ 6,750 rpm
Torsi Maksimum 53.0 Nm @ 5,250 rpm
Sistem Lubrikasi Dry sump
Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian TCI
Sistem starter Electric
Sistem Transmisi V-Belt Automatic
Suspensi
Suspensi Depan Telescopic forks
Suspensi Belakang Swingarm
Rem Depan Hydraulic dual disc, Ø 267 mm
Rem Belakang Hydraulic single disc, Ø 282 mm
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 160/60-15
Dimensi
Panjang keseluruhan 2,200 mm
Lebar Keseluruhan 765 mm
Tinggi Keseluruhan 1,420-1,555 mm (adjustable windscreen)
Tinggi Jok 800 mm
Jarak Sumbu Roda 1,575 mm
Jarak terendah ke Tanah 125 mm
Berat 216 kg
Kapasitas Tangki 15 litres

Harga Yamaha TMAX DX

Setelah kita membahas satu per satu mengenai spesifikasinya pada beberapa segmen di atas, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Yamaha TMAX DX. Sebelumnya, perlu ditegaskan kembali bahwa skuter matik besutan Yamaha yang satu ini memang dihadirkan dengan mengusung tampilan desain sporty dan elegan di mana terdapat lekukan tegas pada setiap sisi bodinya sehingga kesan motor garang berotot pun kian menguat. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Yamaha TMAX DX. Namun, karena perawakannya cukup besar mungkin motor matik ini akan kesulitan jika diparkir di ruang yang tak terlalu luas. Selain itu, skutik ini juga akan dibekali dengan mesin pacu handal berkat tipe mesin berteknologi DOHC 2 silinder yang berkapasitas 530cc. Tak sampai di situ saja, dengan harga Yamaha TMAX DX ini yang di sasar untuk konsumen kelas atas, matic ini juga akan dibekali dengan beberapa fitur canggih dan modern yang siap memberikan keselamatan dan kenyamanan kepada pengemudinya dalam berkendara. Nah, dengan mengetahui spesifikasi tersebut lantas berapa ya harga Yamaha TMAX DX ini?

Harga Yamaha TMAX DX Terbaru

Terkait masalah harga Yamaha TMAX DX, sebenarnya sampai saat ini masih belum diketahui kepastian berapa banderol untuk memboyong skutik mewah besutan Yamaha ini mengingat TMAX DX ini masih dipasarkan di wilayah Eropa dan belum resmi dipasarkan di Indonesia. Namun, jika mendasarkan banderolnya di pasar Eropa, harga Yamaha TMAX DX ini mencapai Rp 200 jutaan. Nah melihat kisaran harga tersebut, maka bisa dikatakan angka yang disematkan pada banderol matic tersebut nantinya tak beda jauh dengan pendahulunya yakni TMAX yang sudah dipasarkan di Indonesia dengan banderol 220 juta untuk OTR Jakarta. Di sisi lain, nantinya Yamaha TMAX DX ini akan hadir dengan menawarkan 2 varian warna berbeda, yaitu Phantom Blue dan Liquid Darkness. Yang pastinya kedua warna itu akan semakin menambah kecantikan motor matik premium ini. Dan tentunya kedua warna tersebut diperkirakan tidak akan memperngaruhi fluktuasi harga Yamaha TMAX DX ini.

Harga Yamaha TMAX DX
Sekitar Rp. 220.000.000,-
Daftar Harga Motor Yamaha

Catatan : 

  • Harga Motor Yamaha TMAX DX diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha TMAX DX

Jika kita membandingkan antara harga Yamaha TMAX DX dan spesifikasi yang diusungnya, tampaknya dengan banderol yang mencapai angka ratusan juta tersebut dinilai sangat mahal bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, bahkan banderol harga tersebut setara dengan harga sebuah mobil LCGC. Sehingga, bisa dipastikan dengan harga Yamaha TMAX DX tersebut nantinya hanya konsumen kelas menengah atas atau berkantong tebal saja yang akan mampu memboyong skutik premium besutan Yamaha ini. Namun, jika membandingkan dengan spesifikasinya, tampaknya harga tersebut sudah sepadan mengingat Yamaha TMAX DX ini mengusung spesifikasi yang sangat handal dan mumpuni. Bagaimana kawan? Sudah siapkah untuk memboyong matic premium ini? Nah, itulah ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha TMAX DX. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Suzuki Burgman 400 ABS dan Yamaha X-Max 300.

Top