Lakukan Uji Tabrak, Akhirnya Proton Ertiga Raih 4 Bintang

Proton Ertiga Selesai Lakukan Uji Tabrak – Lembaga pengujian mobil baru di ASEAN atau disebut sebagai New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), beberapa waktu lalu dikabarkan telah melakukan uji tabrak pada Proton Ertiga. Dalam pengujian tersebut, akhirnya mobil yang dipasarkan khusus untuk pasar otomotif di Malaysia itu hanya meraih empat bintang untuk tingkat keselamatan dari maksimal lima bintang.

Dilansir dari Palutan, saudara kandung dari Suzuki Ertiga ini telah berhasil menorehkan nilai 12.39 poin dari maksimal 16 poin dalam tes tabrak kategori perlindungan penumpang dewasa. Sementara itu, pada uji tabrak perlindungan anak-anak, Proton Ertiga mencetak nilai yang cukup rendah, yaitu 16.37 poin dari total nilai maksimal 49 poin.

Jika membandingkan antara tingkat keselamatan Proton Ertiga dan Suzuki Ertiga, secara keseluruhan memang bisa dikatakan hampir sama. Mobil MPV modern besutan Suzuki dan Proton ini mampu mendapatkan empat bintang mengingat mobil ini sudah disematkan dengan beragam fitur keselamatan yang standar. Beberapa di antaranya yaitu airbag depan ganda, ABS dengan EBD, dan kursi anak Isofix.

Perlu diketahui bahwa Proton Ertiga ini diluncurkan pada bulan November dan mobil MPV ini disebut-sebut sebagai model awal dari hasil kerjasama antara Suzuki Motor Corporation dan Proton yang telah dijalin sejak tahun 2015 silam. Dengan begitu, Ertiga menjadi hasil produknya yang ke 4 sekaligus bakal menjadi produk yang terakhir di tahun 2016 ini yang telah diluncurkan oleh Proton.

Untuk spesifikasi yang diusung, Ertiga datang dengan  dibekali mesin berteknologi DOHC K14B 1,4 liter yang mampu menghasilkan tenaga 90 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut akan disalurkan ke transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Sementara itu, di Malaysia sendiri, Proton Ertiga ini akan hadir dan bersaing dengan MPV yang sudah lebih dulu meluncur di pasaran. Beberapa di antaranya yaitu Perodua Alza, Honda Mobilio, Toyota Avanza, Proton Exora, dan lain-lain.

Top