Innova dan Fortuner Tidak Perlu Recall, Ini Alasan Toyota

Toyota Innova dan Fortuner tidak membutuhkan recall – PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan pernyataan mengenai masalah pada sistem transmisi All New Innova dan All New Fortuner, yang mulanya keluhan keluhan tersebut berawal dari media sosial saat ini sudah menyebar luas di masyarakat. Toyota sudah mengambil sikap, tidak akan ada recall atau penarikan kembali untuk All New Innova dan All New Fortuner. Semua keluhan terkait masalah transmisi otomatis sudah di analisa dan sudah mendapatkan solusinya.

Konsumen pengguna Innova dan Fortuner bermesin diesel lainnya telah meminta Toyota untuk segera melakukan tindakan, bahkan sampai penarikan unit untuk berbaikan atau recall. Untuk para konsumen yang mengalami diharapkan untuk mengunjungi bengkel resmi Toyota agar diperiksa dan diperbaki.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM  Marketing and Sales TAM menjelaskan masalah pada transmisi Innova dan Fortuner tidak membutuhkan recall karena tidak berkaitan dengan aspek keselamatan penumpang. Sebelumnya TAM sudah melakukan recall terhadap lebih dari 40.000 unit yang terdiri dari empat model yaitu Camry, Corolla, Vios  dan Yaris. kampanya itu dilakukan karena masalah pada kantong udara merek Takata dan sudah diumumkan pada bulan Juli lalu.

Selama ini Toyota Indonesia berupaya untuk bersikap dan bertanggung jawab. Bila dari Jepang ada keputusan untuk recall maka TAM akan melakukan penarikan tersebut, tapi selama ini tidak ada perintah untuk dilakukannya penarikan maka tidak bisa dilakukan. Toyota pasti bertanggung jawab untuk mobil yang sudah puluhan tahun bermasalaj saja masih diperhatikan seperti recall airbag Takata beberapa waktu lalu.

Kejadian yang dikeluhkan oleh konsumen dinamakan shift shock, penjelannya kopling yang ada di dalam transmisi menyambung lebih cepat dari pada yang lain. Kejadian tersebut terjadi kerena kurang sinkronisasi pelepas dan penyambung beberapa kopling di dalam transmisi otomatis. Sekarang semua bengkel Toyota sudah bisa menangani masalah tersebut dengan memprogram ulang hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam. Konsumen yang komplen sudah bisa ditangani, jika ada konsumen merasakan keluhan yang sama untuk segera mendatangi bengkel resmi Toyota.

Top