Pemandu Parkir Pintar Ala Toyota

Pemandu Parkir Pintar dari Toyota – Toyota adalah salah satu pabrikan otomotif yang aktif berproduksi. Tidak hanya memproduksi unit – unit kendaraan, produsen mobil asal Jepang ini pun terus menciptakan inovasi di bidang otomotif. Saat ini, Toyota memang sedang “asyik” bekerja untuk mengatasi berbagai masalah pada otomotif, seperti keamanan berkendara. Toyota Motor Corporation terus melakukan inovasi dalam meningkatkan keamanan berkendara, termasuk di saat pengemudi mobil ingin memarkir kendarannya dan keluar dari area parkir. Mungkin anda adalah salah satu yang pernah mengalami kesusahan saat harus memarkir kendaraan, bahkan sampai menabrak.

toyota luncurkan pemandu parkir pintar

Kamis (20/11/2014) pabrikan itu resmi memperkenalkan teknologi terbaru sebagai pada alat pemandu parkir yang smart. Teknologi tersebut diberi nama Intelligence Clearance Sonar (ICS).

Teknologi ini dimaksudkan untuk mengurangi tabrakan pada saat parkir. Terbayang kan ketika anda harus parkir di area yang sempit dan terdapat banyak barang. Dalam situs resmi perusahaannya, Toyota Global memaparkan bahwa Intelligence Clearance Sonar (ICS) akan bekerja dengan mendeteksi benda dari pandangan pengemudi .

“Selain itu, dilengkapi Toyota Panoramic Monitor yang membantu pengemudi memeriksa lingkungan sekitar mobil, sebelum membawa mobil untuk parkir atau meninggalkan tempat parkir,” demikian bunyi pernyataan tersebut, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (20/11/2014).

Toyota mengklaim, dengan teknologi ICS, tabrakan atau gesekan dengan kendaraan lain atau benda – benda di sekitarnya tidak akan terjadi lagi. Meski saat pengemudi telah salah menginjak pedal gas sekali pun. Autoblog.com menulis, jika tabrakan segera terdeteksi oleh ICS , sistem ICS otomatis akan menginjak rem , mengurangi tenaga mesin dan membunyikan alarm .

Sistem kerja Intelligence Clearance Sonar (ICS) ini mengandalkan sistem sensor. Sensor akan mengirimkan sinyal kepada sistem komputer mobil untuk menhentikannya secara mendadak jika mobil akan menabrak. Sistem ini juga memandu pengendalian setir oleh pengemudi untuk mendapatkan arah parkir yang pas. Jadi anda akan serasa punya “tukang parkir” pribadi yang siap menyelematkan mobil anda dari situasi parkir yang kadang tidak nyaman.

Alat canggih ini rencananya akan diluncurkan pada 2015 mendatang. Tapi apakah akan terbuka kemungkinan pada beberapa model terbaru, Toyota akan memasangkan peranti tersebut sebagai fitur standar? Kita tunggu saja kejutannya. Baca juga Carmudi, Jual Beli Mobil Online Baru di Indonesia dan Kenaikan BBM Tak Begitu Pengaruhi Pasaran Mobil.

Top