Motor Sport “Entry Level” Honda CB125F Segera Debut di Eropa

Honda CB125F Debut di Eropa – Setelah pernah meluncurkan CBF125, Honda mengaku akan meluncurkan CB125F. Tipe ini merupakan facelift dari generasi CBF125. Debut tipe sport “entry level” ini akan dilakukan di Eropa, Sabtu (22/11/14). CB125F tentu punya perubahan dari generasi sebelumnya. Bahkan disebut akan mengalami banyak revisi, baik dari tampilan luar sampai dengan isinya. Lalu seperti apa perubahannya?

debut honda cb125f di eropa

Revisi terjadi diantaranya dengan penggunaan balancer shaft. Perubahan ini dilakukan untuk mengurangi getaran. Suara mesin juga akan lebih halus dengan balancer shaft . Mesin 124,7 cc di dalamnya juga akan mengalami perubahan. Pada versi lama, mesin tersebut tenaganya mencapai 11, 1 tk dan torsi 11,2 Nm. Sedangan pada versi barunya, tenaga pada mesin CB125F dikurangi menjadi 10,5 tk dan torsi 11,2 Nm. Waah… lalu kenapa harus dikurangi ya tenaga dan torsi pada mesinnya? Bukankah akan berdampak pada performa yang akan menurun?

Menurut Honda, pihaknya punya tujuan tertentu terkait pengurangan tenaga dan torsi pada mesin CB125F. Mereka berdalih ingin fokus untuk memberikan kenyamanan. Motor sport memang dikenal dengan tarikannya yang lebih nyaman jika lajunya cepat. Jika tenaga dan torsinya dikurangi dari versi lamanya, diharapkan pengendara akan melaju dengan lebih nyaman walaupun berada pada kecepatan sedang. Hal itu tentunya akan menguntungkan jika pengendara CB125F melewati jalan yang mengharuskan kecepatan hanya dipacu sedang. Jalanan kampung misalnya.
Selain pengurangan tenaga dan torsi, sasis yang digunakan pada tipe CB125F ini juga lebih ringan. Ban yang menopang laju motor juga dibuat lebih lebar, yakni dengan ukuran 18 inci. Dengan ditopang ban yang lebih lebar maka pengendara akan lebih nyaman karena ban akan menopang beban secara lebih stabil.

Terdapat beberapa pembaruan juga pada penampilannya. Honda melakukan ini agar CB125F punya karakter yang kuat sebagai motor perkotaan.
Walaupun beberapa revisi pada versi CB125F sudah terungkap, namun Honda memang belum memberikan detailnya secara lengkap sebelum hari peluncurannya di Eropa. Namun yang jelas, untuk pasaran Eropa sendiri, motor – motor dengan kapasitas mesin 125 cc adalah motor yang paling laku. Nantinya, CB125F akan ditawarkan dalam beberapa pilihan warna, yaitu kuning, biru, dan merah. Penjualannya sendiri akan dimulai tahun depan. Jadi masih ada cukup waktu untuk mendapatkan detailnya secara lebih spesifik sebelum nanti memutuskan untuk membelinya juga. Baca juga Moge Karya Keanu Reeves dan Pemandu Parkir Pintar dari Toyota.

Top