Toyota Punya Corolla Rasa Jerman?

Berhadapan dengan Honda Civic Turbo, Corolla Generasi Terbaru Gunakan Mesin Buatan BMW – Beberapa waktu yang lalu memang sempat tersiar kabar bahwa Toyota dan BMW telah menjalin kerjasama secara teknis untuk pengembangan mobil yang diketahui bernama Supra dan Z5. Isu terkini menyebutkan justru BMW akan menjadi pemasok mesin untuk mobil Toyota Corolla generasi terbaru.

Isu tersebut bahkan sudah mulai diberitakan oleh media-media lokal di Jepang pada akhir-akhir ini. Meski belum diketahui jelas apakah alasan dan tujuan Toyota untuk menggunakan mesin milik BMW pada mobil Corollanya itu, tetapi tampaknya pabrikan mobil asal Jepang tersebut tak mau Honda Civic Turbo yang kini tengah populer di seluruh dunia itu menggeser Corolla dalam kepemilikan pasar.

BMW kemungkinan besar akan menawarkan paket mesin untuk mobil Corolla genarasi terbaru setidaknya pada tahun 2018 nanti. Seperti diketahui, bahwa mobil Corolla yang ada saat ini masih dalam edisi facelift. Selain itu, laporan lain juga menyebutkan bahwa platform yang akan dipakai adalah TNGA yang juga bisa ditemukan pada Toyota CH-R dan Prius.

Diprediksikan bahwa mesin garapan BMW akan menghiasi dapur pacu Corolla versi teratas. Meski spesifikasinya hingga kini belum diketahui, namun ada kemungkinan jika Toyota masih mempertahankan kapasitas mesin 2.000 cc dengan pembaruan yaitu mengganti jenisnya dengan yang lebih gahar seperti mesin turbo.

Toyota Corolla generasi terbaru memang tidak akan terlihat sampai tahun 2018 kelak. Akan tetapi, rentang waktu hingga peluncurannya tersebut tentu akan menyediakan waktu yang leluasa bagi pabrikan mobil Jepang itu untuk mencari tahu mesin apakah yang cocok untuk diadopsi ke dalam mobil Corolla teranyar miliknya nanti.

Mendengar Corolla dengan mesin BMW memang aneh. Namun, hal itu bukan berarti tidak dapat dilakukan. Hal ini karena sebelumnya pabrikan otomotif yang berlokasi di Munich itu juga pernah menyuplai mesin untuk Kontinental Lincoln dan Mark VII coupe pada sekitar pertengahan 1980 yang lalu. Langkah itu rupanya ditempuh sebagai salah satu upaya untuk menghadapi persaingan dengan Mercedes-Benz.

Top