Harga Honda Rebel 500, Review & Spesifikasi April 2017

Harga Honda Rebel 500 dan Spesifikasi – Honda meluncurkan kembali motor lawas? 18 November 2016 lalu Honda baru saja meluncurkan produk teranyar namun lawas bertajuk Honda Rebel 500. Setelah beberapa waktu belakangan Honda sibuk dengan berbagai varian tipe motor, nampaknya pabrikan asal Jepang tersebut ingin kembali meluncurkan motor yang pernah jaya sebelum era millennium itu. Meskipun akan tetap mengusung desain luar motor lawas, Namun Honda Rebel 500 ini akan dibekali spesifikasi canggih khas motor kekinian. Apalagi dengan bodinya yang terlihat kokoh dan gahar khas motor lawas nampaknya akan membuat Honda Rebel 500 ini semakin macho dan gagah ketika dikendarai. Motor yang diluncurkan di Amerika serikat ini memang akan menargetkan para bikers di negeri tersebut yang memang dikenal menyukai model-model motor yang seperti itu. Semakin penasaran bukan dengan detail yang dibawa Honda Rebel 500 ini?

Honda Rebel 500

Honda Rebel 500

Sebelum jauh mengulas mengenai detail spesifikasi yang dibawa oleh Honda Rebel 500 ini, perlu diketahui bahwa dengan mengusung nama Honda Rebel sendiri, pabrik otomotif asal Negeri Sakura tersebut akan menghadirkan 2 tipe, yaitu varian Rebel 500 dan Rebel 300 di mana kedua varian tersebut sudah dilengkapi dengan pilihan fitur pengereman ABS yang tentu saja akan terlihat sangat modern untuk dikatakan sebagai motor tua. Namun, pada pembahasan ini Mas Sena akan lebih fokus mengulas pada varian Honda Rebel 500. Sebagai tipe motor sport lawas, tentu aura sporty dan gagahnya pun tampak terlihat dari gaya desain yang diusung motor ini. Bahkan, bisa dikatakan juga bahwa untuk modelnya pun hampir mirip dengan Harley atau Triumph pada setiap sisinya. Sehingga, tak heran jika akan banyak konsumen yang kepincut pada motor sport lawas besutan Honda ini. Di sisi lain, Honda Rebel 500 ini akan dibekali dengan mesin gahar dan tangguh berkapasitas 471cc dengan tipe mesin Parallel-Twin DOHC 4 katup yang siap memberikan dorongan power yang begitu kuat. Selain itu, motor klasik ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan atau kenyamanan yang akan membuat penggunanya semakin yakin akan motor sport lawas besutan Honda ini. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda Rebel 500 yang diuraikan pada beberapa segmen di bawah.

Motor Honda Rebel 500

Review Honda Rebel 500

Desain

Mengusung Gaya Desain Sporty Khas Motor Sport Klasik

Hadir dengan menyasar pada segmen motor sport lawas, tentu tampilan desain dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini akan memperlihatkan gaya desain yang tak kalah dengan motor sport yang diluncurkan di era saat ini. Pasalnya, desain sporty dan gagah bisa dilihat dari setiap sisi dari motor lawas besutan Honda ini. Jika dilihat secara lebih seksama, gaya desain yang diusung oleh motor ini mengacu pada motor cruiser ala Amerika Serikat di mana dari bagian depan, tampak terpasang sebuah headlamp dengan bentuk membulat. Begitu juga dengan lampu sein yang dirancang dengan bentuk klasik yang terpoles warna orange sehingga semakin memperlihatkan kesan motor klasik pada Honda Rebel 500 ini. Kemudian, pada bagian samping tampak susunan mesin dengan rangka kokoh yang semakin memperlihatkan kesan motor sporty. Selain itu, pada bodi samping juga tampak terpasang tangki besar dengan desain khas motor gede gaya Amerika di mana memiliki kapasitas bahan bakar 2.96 gallons atau 11 liter. Di sisi lain, pada sektor jok motor ini hanya menggunakan Single Seater atau dengan kata lain jok tunggal yang hanya bisa ditunggangi satu orang untuk pengemudi saja. Namun, ditawarkan juga varian Honda Rebel 500 yang dilengkapi jok untuk penumpang. Lalu, menginjak pada bagian belakang, tampak juga sebuah stoplamp klasik yang juga dilengkapi dua buah lampu sein dengan desain yang tak jauh berbeda pada lampu sein di bagian depan di mana dirancang dengan bentuk yang unik dan khas motor klasik. Jika melihat secara keseluruhan, tampaknya sektor eksterior dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini memang menampilkan gaya desian sporty khas motor sport klasik pada setiap sisinya.

Spesifikasi Honda Rebel 500

Speedometer

Panel Indikator Mengkombinasikan Gaya Klasik-Modern

Selanjutnya, pada sesi kali ini Mas Sena akan membagikan info mengenai sektor panel indikator dari spesifikasi Honda Rebel 500. Pada sektor ini, untuk mempertahankan gaya motor sport klasik namun tetap mengedepankan unsur modern maka Honda pun membekali motor sport klasik besutannya ini dengan isntrumen indikator yang memadukan antara gaya klasik dengan modern di mana panel indikator yang tersemat pada Honda Rebel 500 ini dirancang dengan bentuk bulat namun mengandalkan panel digital, yaitu berupa layar LCD terbaru. Maka, tak heran jika pada sektor panel indikator ini tampak begitu simple namun tetap terkesan futuristik. Di sisi lain, pada tampilan indikator digital ini akan ditampilkan beberapa info, seperti kecepatan yang dihitung Km/jam, indikator bahan bakar, jarak tempuh, dan jam. Lalu, pada bagian bawah panel dari Honda Rebel 500 ini juga terdapat lampu indiaktor netral, pengingat ganti oli, dan pengatur fitur ABS. Namun, sayangnya untuk indiaktor posisi gigi tak ditampilkan pada panel instrument ini. Akan tetapi, yang jelas bahwa secara keseluruhan bisa diketahui bahwa panel indikator dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini memang didesain klasik-modern yang mudah dibaca serta dipahami oleh pengemudinya.

Spesifikasi Motor Honda Rebel 500

Dimensi

Dimensi Gagah dengan Rangka Kokoh dan Kuat

Menginjak pada segmen berikutnya, kita akan mengulas mengenai dimensi dari spesifikasi Honda Rebel 500. Memang, jika dilihat sekilas pada sektor tampilan bodinya, motor sport klasik garapan Honda ini memperlihatkan perawakan dimensi yang cukup besar. Oleh sebab itu, untuk menopang dimensi dari bodinya yang besar tersebut maka Honda pun mengandalkan tipe rangka Underbone (tulang punggung) pada rangka Honda Rebel 500 ini yang dikenal kuat untuk menahan beban dari bobot motor klasik sporty ini. Namun, untuk berapa ukuran dimensi dari motor klasik ini sampai sekarang pun masih belum diketahui kepastiannya. Akan tetapi, yang jelas bahwa motor ini memiliki tinggi jok 690 mm dengan bobot yang mencapai 185 Kg. Melihat ukuran tinggi jok dan berat tersebut maka dipastikan motor sport klasik ini akan membuat posisi berkendara yang lebih nyaman. Di sisi lain, Honda Rebel 500 juga memiliki jarak sumbu roda 1.490 mm dan ground clearance yang berukuran 110 mm di mana dengan ukuan jarak sumbu roda dan ground clearance tersebut, tentu dipastikan akan membuat motor ini lancar ketika melewati jalan yang penuh tanjakan atau berkelok sehingga akan membuat pengemudinya pun merasa lebih nyaman. Nah, dengan demikian bisa diketahui bahwa sektor dimensi dari spesifikasi Honda Rebel 500  ini memang mengusung rangka kokoh yang siap memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Review Honda Rebel 500

Suspensi

Berkendara Terasa Nyaman Berkat Suspensi Kokoh dan Empuk

Pada segmen ini, Mas Sena akan mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Honda Rebel 500 yaitu pada bagian suspensi, velg, dan pada sektor pengeremannya. Untuk suspensi, Honda akan menyematkan tipe Showa Teleskopik Fork berdiameter 41 mm untuk bagian depan dan tipe Dual Shock Absorber pada suspensi bagian belakangnya. Kedua suspense yang terpasang pada Honda Rebel 500 tersebut diklaim memiliki kemampuan untuk meredam setiap goncangan atau getaran ketika melewati jalan yang berlubang atau bergeronjal sehingga pengemudinya pun akan merasa nyaman. Di sisi lain, untuk ban yang akan digunakan, Honda membekali Honda Rebel 500 ini dengan ban yang berukuran 130/80 – 16 pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, akan disematkan ban dengan ukuan 150/80 – 16. Selain itu, motor sport klasik ini pun akan dibekali dengan rem Hydraulic Disc, Kaliper 2 Piston pada bagian depan dan Hydraulic Disc Kaliper 1 Piston pada bagian belakang. Menariknya, spesifikasi Honda Rebel 500 pada sektor pengereman ini akan menawarkan dengan 2 optional, yaitu varian ABS dan non ABS.

Harga Motor Honda Rebel 500

Mesin

Performa Gahar Berkat Mesin DOHC 4 Katup Berkapasitas 471cc

Nah, memasuki segmen berikutnya ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk menilik dan membedah sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Rebel 500. Seperti dengan apa yang sudah dikatakan di atas bahwa motor klasik sporty ini diketahui dan diyakini bakal mampu melaju dengan cepat dan bertenaga. Hal tersbeut bukan tanpa alasan mengingat Honda Rebel 500 ini akan dibekali dengan mesin tangguh dan handal. Salah satunya yaitu dengan mengusung mesin tipe DOHC 4 katup Parallel Twin 4 langkah dengan kapasitas mesin hingga 471cc. Namun, untuk detail berapa tenaga maksimum dan torsi yang bisa dicapai dari mesin tersebut belum diketahui kepastiannya. Yang jelas, jika melihat tipe mesin dan kapsitas yang digunakan Honda Rebel 500 yang mencapai 500cc tersebut maka dipastikan akan mampu menghasilkan tenaga yang super gahar. Selain itu, tenaga yang dihasilkan dari mesin tadi nantinya akan disalurkan memlaui sistem tranmsisi 6 percepatan Chain Drive. Menariknya, sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini juga sudah mengandalkan sistem pembakaran Fuel Injection dengan perbandingan kompresi 10.7 : 1 yang akan membuat motor ini tetap irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Handal

Menginjak pada pembahasan mengenai spesifikasi Honda Rebel 500 selanjutnya Mas Sena akan membahas mengenai beberapa fitur yang disematkan pada motor klasik besutan Honda ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Honda menyematkan sistem pengereman Hydraulic Disc yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Brake System). Dengan adanya fitur ini maka dipastikan akan membuat pengereman pada Honda Rebel 500 ini lebih sempurna bahkan ketika rem mendadak sekalipun. Selain itu, motor ini dilengkapi juga dengan suspensi tangguh yang siap memberikan kenyamanan dalam berkendara ketika melewati jalanan berlubang. Tak hanya itu saja, beberapa fitur yang membuat Honda Rebel 500 semakin menarik adalah dengan digunakannya speedometer bergaya modern di tambah lagi dengan beberapa instrumen yang membuat tampilan speedometernya semakin jelas terlihat dengan beberapa panel yang cukup informatif sehingga mempermudah penggunanya dalam membaca kondisi motor. Nah, dari bebrapa hal tersebut maka dapat diketahui bahwa fitur-fitur tambahan yang ada pada spesifikasi Honda Rebel 500 ini tentu akan membuat penggunanya merasa lebih nyaman dan aman.

Video Honda Rebel 500

Berikut ini adalah official video Honda Rebel 500 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda Rebel 500

Mesin
Tipe 471cc liquid-cooled parallel-twin four-stroke
Rasio Kompresi 10.7:1
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Pengapian Full transistorized ignition
Lubrikasi Dry sump
Sistem Transmisi 6-Speed, Chain Drive
Diameter x Langkah 67mm x 66.8mm
Dimensi
Jarak Sumbu Roda 1490 mm
Tinggi Jok 691 mm
Kapasitas Tangki 13,04 Liter
Berat Kotor 186 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan 41mm fork; 4.8 inches travel
Suspensi Belakang Dual shocks with 3.8 inches travel
Rem Depan Hydraulic disc
Rem Belakang Hydraulic disc
Ban Depan 130/90-16
Ban Belakang 150/80-16
Fitur
Kenyamanan Dan Keamanan Low seat height
Single seat with optional passenger seat
Light weight
Narrow
Rider Triangle
Superior Handling
Wide rear tire
Die-cast Aluminum rear subframe

Harga Honda Rebel 500

Setelah membahas spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Honda Rebel 500. Sebelum lebih jauh membicarakan mengenai angka yang akan tersemat pada banderol harga motor bergaya klasik ini, alangkah baiknya kita menyimpulkan spesifikasi yang sudah dijabarkan diatas terlebih dahulu. Pertama, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Honda Rebel 500 ini merupakan motor sport klasik yang mengkombinasikan antara gaya klasik modern sehingga menampilkan kesan motor sport yang unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu, motor besutan Honda ini juga dibekali dengan mesin berkapasitas 471cc bertipe DOHC Parallel Twin sehingga akan mampu memberikan performa mesin gahar dan maksimal. Di sisi lain, dengan harga Honda Rebel 500 yang baru dirilis hanya di Amerika saja ini, beberapa fitur pun turut melengkapi motor Honda ini untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkedanra. Nah, dengan spesifikasi yang dibawanya tersebut, kira-kira berapa angka yang akan tersemat pada harga Honda Rebel 500  ini?

Harga Honda Rebel 500

Harga Honda Rebel 500 Terbaru

Untuk harga Honda Rebel 500 di Indonesia, sebenarnya belum diketahui kepastiannya mengingat pihak Astra Honda Motor selaku distributor motor Honda di Indonesia masih belum memberikan konfirmasi akan kepastian kehadiran dari Honda Rebel 500 di Tanah air. Namun, jika menilik banderol harga motor ini di Amerika, harganya mencapai USD 5.999 atau setara dengan Rp 80.6 juta maka bisa diperkirakan jika nantinya motor ini benar masuk ke Indonesia tentu harga Honda Rebel 500 ini tak akan berbeda jauh dengan kisaran harga motor tersebut di negeri Paman Sam tersebut. Disisi lain Rebel 500 ini akan hadir dengan 4 varian warna, yaitu Bright Yellow, Matte Silver Metallic, Black, dan Red yang bisa dipilih sesuai selera dari para calon konsumen. Namun belum diketahui apakan varian warna tersebut akan mempengaruhi fluktuasi harga Honda Rebel 500 tersebut.

Harga Honda Rebel 500
Rp. 80.600.000,- (Amerika Serikat)

Catatan : 

  • Harga motor Honda Rebel 500 diatas merupakan harga jual di Amerika
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda Rebel 500

Nah, jika kita membandingkan antara spesifikasi dan harga Honda Rebel 500, tampaknya dengan angka yang berkisar sekitar 80 jutaan tersebut harga motor ini dinilai sudah cukup sesuai. Hal tersebut tentu tidak lepas dari spesifikasi dan desain yang dibawanya yang memang tergolong cukup baik. Meskipun demikian, harga Honda Rebel 500 yang menginjak angka 80 jutaan tersebut, tentu dapat dipastikan bahwa motor sport klasik garapan Honda ini hanya akan mampu diboyong oleh kalangan yang berkantong tebal saja. Di sisi lain, meskipun motor tersebut mengusung desain lawas yang memang jarang di usung oleh vendor lain, namun ternyata Honda Rebel 500 ini pun memiliki pesaing yang cukup kuat yakni Kawasaki Vulcan S dan Harley Davidson Street 500. Namun meskipun demikian dengan harga dan spesifikasi yang di bawanya motor garapan Honda tersebut akan tetap mempu untuk bersaing dengan para pesaingnya tersebut. Nah, itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda Rebel 500. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik mengenai Triumph Bonneville T100 dan NM4 Vultus.

Top