Ini Dia Suzuki Swift Tak Beratap!

Suzuki Swift Generasi Terbaru Hadir dengan Atap Terbuka – Euforia menyambut kehadiran genrasi terbaru dari Suzuki Swift rupanya tak hanya menjangkiti fans dari mobil tersebut saja. Pasalnya, kegembiraan ini juga tampaknya turut menular ke orang-orang kreatif. Sebut saja salah seorang desainer dunia dari Hongaria, X-Tomi yang memodifikasi mobil ini dengan desain atap terbuka.

Desain Swift tanpa atap ini tercipta sebab terinspirasi dari kendaraan-kenadaran kabriolet yang telah mencapai kesuksesan sebelumnya, seperti Honda S2000, Volkswagen Golf GTI, serta R Cabriolet yang cukup populer di pasaran. Mini Cooper yang saat ini begitu diminati oleh kalangan muda juga menjadi salah satu inspirasi dibuatnya Suzuki Swift dengan tampilan yang berbeda ini.

X-Tomi, pembuat desain ini berpendapat bahwa merenovasi Swift tanpa memakai atap tidaklah rumit layaknya mobil yang hadir dengan atap keras sehingga harus membuat dudukan baru untuk menambahkan kekuatannya. Ini bisa dilakukannya dengan membuang atap mobil dan menggantinya dengan atap kanvas yang memiliki bobot lebih ringan.

Pilar B dan C pada mobil dipangkas, lalu ditransformasi menjadi ruang terbuka untuk atap tambahan. Meski tak serumit pada mobil beratap keras, namun langkah ini harus dikerjakan dengan hati-hati, terlebih saat menghitung ukuran yang sesuai unuk melakukan pemasangan atap kanvas sehingga bisa pas serta kedap.

Di Jepang, Swift akan hadir dengan tujuh opsi varian yang disemati dengan tiga mesin baru, yaitu 1.200 cc 4-silinder untuk tipe dasar, hybrid, dan 1.000 cc turbo untuk tipe RSt varian sporty. Meski begitu, hingga kini Suzuki belum merilis total keluaran tenaga dari mesin-mesin tersebut.

Tipe hybrid akan dilengkapi dengan CVT, sedangkan tipe dasar hadir dengan transmisi manual 5-percepatan. Keduanya bisa dipilih dengan penggerak roda depan maupun all-wheel drive. Sementara itu, mobil bermesin turbo hanya menawarkan opsi penggerak roda depan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Selain membekalinya dengan mesin baru, Suzuki juga menyematkan teknologi terkini untuk memunjang keselamatan. Misalnya saja, collision-mitigation system yang secara perdana digunakan Suzuki, high beam assist, serta adaptive cruise control.

Mobil ini dikabarkan akan menyapa publik secara global pada gelaran Geneva Motor Show 2017 pada bulan Maret mendatang.

Top