Yamaha Janjikan Skutiknya Makin Irit dengan Blue Core

Yamaha Makin Irit dengan Blue Core – Apa kabar kantong anda pasca kenaikan harga BBM bersubsidi? Setelah Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan BBM bersubsidi, kantong terasa semakin cepat kempes ya? Apalagi untuk kita yang aktif berkendara. Tapi jangan terlalu khawatir. Yamaha, salah satu brand handal dalam dunia otomotif, akan segera memberi solusi berkendara yang semakin irit.

yamaha blue core untuk skutik lebih irit

Jika sebelumnya Yamaha menggebrak dengan sekuter matik (skutik) injeksi yang terbukti irit seperti MioJ, akhir tahun ini pabrikan Jepang tersebut hadir dengan teknologi Blue Core. Akan seberapa irit?

Dengan Blue Core, Yamaha mengembangkan mesin menjadi lebih efisien. Hebatnya, tidak akan mengurangi tenaga yang dihasilkan. Menurut Assistant General Manager (GM) Yamaha Indonesia, Mohammad Masykur, teknologi ini bahkan  mewujudkan skutik yang lebih irit hingga 20 persen.

“Dibandingkan dengan varian matik sebelumnya yang sudah menggunakan injeksi, motor matik Blue Core lebih irit 20 persen” tutur Masykur, seperti dikutip Vivanews, Kamis (22/11/14).

Yamaha juga mengklaim, efisiensi platform mesin generasi terbaru ini dijamin hingga 50 ribu kilometer atau 5 tahun. Wah…apa nih rahasia keiritan Blue Core?

Pada spesies skutik injeksi seperti Yamaha MioJ, terdapat teknologi Low Friction Technology untuk mengurangi segala jenis gesekan. Efek panas pada mesin pun akan lebih rendah, sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit. Nah, pada teknologi Blue Core, pengoptimalan pembakaran dan mengurangi panas mesin juga menjadi kunci keiritannya. Namun diterapkan teknologi – teknologi baru disitu. Dengan mesin 4-tak berkapasitas 125cc, Yamaha menerapkan sistem pendingin udara baru. Pabrikan ini mengganti karburator menjadi fuel injected dengan transmisi CVT yang juga diperbaharui.

Masyarakat di Vietnam dan Thailand ternyata sudah lebih dahulu bisa menikmati teknologi super irit ini. Mesin Blue Core telah diterapkan pada model Nozza Grande di Vietnam dan Grand Filano di Thailand. ‎Untuk tipe Filano, hanya memerlukan 1 liter bensin untuk berkendara sejauh 54 kilometer. Lalu pada tipe motor apa saja Blue Core akan diaplikasikan?

 

Assistant General Manager (GM) Yamaha Indonesia  menjelaskan bahwa ke depannya semua teknologi untuk motor matik Yamaha akan menggunakan istilah yang sama, yakni mesinnya menggunakan konsep Blue Core.

Semoga teknologi baru Yamaha ini benar – benar bisa membantu mengatasi tongpes pasca naiknya harga BBM ya. Baca juga Moge Karya Keanu Reeves dan Honda CB125F Debut di Eropa.

Top