Toyota Buka Jubah Concept-i

Toyota Pamerkan Concept-i di CES 2017 – Toyota akhirnya membuka jubah kendaraan masa depannya yang bertajuk Concept-i pada Consumer Electronic Show (CES) 2017 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil ini menjadi gambaran perusahaan untuk produknya di masa depan.

Concept-i sendiri merupakan hasil desain dari Toyota CALTY Design Research di California yang bekerja sama dengan Toyota Innovation Hub di San Fransisco untuk mengembangkan teknologi terbaru.

Ide paling mendasar dalam konsep kendaraan ini adalah untuk menyuguhkan pengalaman berkendara yang imajinatif. Mobil ini dilengkapi dengan sistem artificial intelligence yang bisa mengindentifikasi kebutuhan orang sehingga akan sangat membantunya dalam kehidupan sehari-hari.

Bob Carter selaku Senior Vice President of Automotive Operations Toyota menyampaikan bahwa pihaknya menyadari jika yang paling penting bukanlah sebuah kendaraan masa depan yang dibekali dengan teknologi dan otomatisasi. Namun, pengalaman penumpang saat berkendara juga harus diperhitungkan. Oleh sebab itu, Toyota berpikir jika masa depan berarti kendaraan yang bisa berinteraksi dengan seseorang.

Artificial Intelligence memang diketahui sebagai salah satu bagian vital yang akan ditemui pada mobil-mobil masa depan. Sistem ini bisa diumpamakan sebagai nyawa yang sebenarnya sebab mobil nantinya akan mengindentifikasi perilaku sehingga dapat menciptakan hubungan dengan pengguna mobil. Sistem ini seperti suatu imajinasi yang membuat kendaraan jadi lebih bermakna dan ‘manusiawi’.

Mobil nantinya bisa menghadirkan metode pengendaraan dan jadwal, mempelajari emosi pengendara, serta menyarankan tujuan yang bisa dikunjungi sesuai dengan emosi penggunanya. Mobil juga akan memberikan pilihan berkendara secara manual atau full otonom serta banyak pilihan lain utuk menunjang keamanan selama berkendara.

Mobil ini juga menghadirkan ‘agen’ Artifivial Intelligence bernama Yui yang akan memakai lampu, suara dan bahkan sentuhan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang bersifat kritikal pada penumpang.

Toyota mengganti layar di bagian tengah konsol yang umumnya digunakan dengan memakai cahaya di bagian kaki untuk menampilkan mode pengendaraan otonomos atau manual. Selain itu, pada bagian dek belakangnya bisa ditemukan sebuah proyektor yang akan menampilkan blind spot.

Top