Tarif Biaya Plat Nomor Polisi Cantik Mobil dan Motor

Tarif Biaya Plat Nomor Cantik Mobil dan Motor –   Anda yang membuka halaman ini pasti ingin mengetahui biaya pasang plat nomor cantik untuk mobil ataupun motor anda. Nomor polisi kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun motor tentunya memiliki fungsi sebagai tanda registrasi. Namun seiring dengan berjalannya waktu nomor polisi tak hanya berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan tetapi juga sebagai gaya hidup yang menunjukkan identitas dari sang pemilik kendaraan tersebut. Tak seperti nomor polisi pada umumnya yang terdiri dari tiga bagian yang meliputi kode wilayah, nomor polisi, dan kode akhir wilayah, nomor polisi pilihan seperti ini biasanya bisa dipesan sesuai dengan keinginan pemiliknya yang biaya plat nomor polisi cantik itu juga akan berbeda dari harga biasanya. Plat nomor cantik itu bisa berupa kombinasi huruf dan angka yang membentuk namanya, nomor yang merujuk pada tangga lahir pemiliknya, bahkan nomor yang menunjukkan kode-kode unik dengan dua atau tiga karakter saja. Karena tampilannya yang berbeda tersebut banyak yang kemudian menyebut bahwa mobil atau motor dengan nomor plat seperti ini dikatakan memiliki nomor yang cantik.  Tak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk bisa memperoleh nomor plat kendaraan yang sesuai dengan keinginan mereka. Karena semakin hari justru malah semakin diminati maka jasa penggantian plat nomor cantik menjadi bisnis yang cukup menjanjikan sehingga kesempatan ini pun dimanfaatkan benar oleh pelaku bisnis di dunia otomotif. Nah lalu berapa sih sebenarnya tarif biaya plat nomor cantik mobil dan motor itu?

Tarif Biaya Pasang Plat Nomor Polisi Cantik

Tarif Biaya Pasang Plat Nomor Polisi Cantik

Untuk tarif biaya plat nomor cantik mobil dan motor sendiri sebenarnya menjadi keuntungan tersendiri bagi Pemerintah. Para pembeli mobil atau motor yang baru pun kadang-kadang sering ditawari untuk mempunyai plat nomor cantik yang merupakan opsi dari dealer dimana konsumen membelinya. Biasanya pihak marketing dari dealer akan langsung memberikan penawaran kepada konsumen apakah akan memakai plat nomor polisi biasa ataukah yang khusus. Dengan adanya tawaran tersebut, banyak yang akhirnya membayar lebih karena memilih menggunakan plat nomor polisi cantik dengan alasan yang berbeda-beda tentunya walaupun sebenarnya tarif pasang plat nomor cantik mobil dan motor itu tidak murah. Praktik jual beli nomor polisi cantik dahulu hanya bisa dilakukan melalui jasa di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), namun sekarang mendapatkannya sangat mudah karena bisnis yang menawarkan jasa ini sudah tersebar di berbagai tempat. Bahkan, yang menawarkan jasa nomor polisi cantik inipun sudah ada yang memanfaatkan media online seperti situs belanja populer. Dengan semakin mudahnya menemukan jasa pembuatan nomor polisi cantik atau khusus ini, maka yang kemudian menjadi pertanyaan adalah berapakah biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang harus dikeluarkan oleh masyarakat? Karena nomor ini bukan nomor seperti yang dipakai kebanyakan mobil dan motor, maka mengeluarkan lebih banyak uang memang sudah pasti harus dilakukan. Namun, jika menggunakan jasa pembuatan nomor polisi cantik di luar jalur Samsat maka akan sangat bervariasi sebab memang tak ada standar bakunya.

Tarif Biaya Pasang Plat Nomor Cantik Mobil dan Motor

Sebelum anda mengetahui tarif pasang plat nomor cantik mobil dan motor, ternyata pemakaian plat nomor polisi mobil maupun motor yang terdiri dari susunan angka cantik atau khusus ternyata memiliki aturan tersendiri dan tak bisa diganti secara sembarangan. Bahkan untuk bisa memakai susunan nomor cantik pada plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB, pengguna harus mengeluarkan biaya pasang plat nomor cantik mobil motor tambahan yang akan diperuntukkan bagi pemasukan negara. Pemerintah sendiri telah melakukan revisi pada aturan tentang pemakaian nomor cantik atau nomor khusus untuk kendaraan bermotor ini. Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan aturan baru, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang tarif biaya pasang plat nomor cantik mobil dan motor juga akan berbeda dari tarif sebelum PP tersebut berlaku.

Tarif Pasang Plat Nomor Polisi Cantik

Terbitnya PP baru ini diharapkan akan bisa menjembatani masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh plat nomor cantik sesuai dengan yang mereka inginkan. PP Nomor 60 tahun 2016 ini merupakan pengganti dari PP Nomor 50 tahun 2015 yang memasukkan biaya plat nomor cantik mobil dan motor. Hal ini memang tidak dicantumkan pada PP yang sebelumnya sehingga kini aturannya lebih jelas. PP Nomor 60 tahun 2016 ini sudah diundangkan pada tanggal 6 Desember 2016 dan akan diberlakukan secara efektif mulai tanggal 6 Januari 2017 dan tarif pasang plat nomor cantik mobil dan motor yang baru otomatis akan berlaku.

Pada PP yang baru itu telah dicantumkan besarnya tarif biaya pasang plat nomor cantik mobil harga yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Tarif biayanya pun dibedakan ke dalam beberapa kategori, mulai dari hanya yang terdiri dari satu angka, dua angka, tiga angka, empat angka, dan pilihan lain yang memakai huruf pada bagian belakang plat nomor cantik tersebut. Kebebasan dalam penggantian nomor polisi ini tentu akan menjadi kabar baik bagi para pecinta otomotif terutama yang sering melakukan modifikasi pada kendaraannya. Namun, persiapan budget juga mesti dilakukan sebab jasa pembuatan nomor plat cantik ini biayanya berkisar dari 5 juta hingga 20 juta rupiah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang baru tersebut. Nah berikut ini Mas Sena beritahukan secara lengkap tarif biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang harus anda tebus untuk mendapatkan nomor polisi kendaraan yang sesuai dengan keinginan anda.

Tarif Plat Nomor Polisi Satu Angka

Tarif Pasang Plat Nomor Polisi Cantik Satu Angka

Untuk mengawali informasi tarif biaya pasang plat nomor cantik mobil dan motor, kita awali dengan plat nomor polisi satu angka. Plat nomor polisi dengan satu angka ini memang cukup spesial karena biasanya hanya digunakan oleh kendaraan dinas atau kendaraan milik orang-orang penting seperti presiden, wakil presiden, gubernur, kepala DPRD, dan kepala kejaksaan. Namun, kini masyarakat pun bisa menggunakan nomor yang serupa pada kendaraan pribadi mereka. Karena plat nomor polisi yang hanya terdiri dari satu angka sangat istimewa maka tarif pasang plat nomor polisi cantik bisa dikatakan paling mahal. Untuk bisa mendapatkan plat nomor polisi yang hanya satu angka saja tanpa menggunakan huruf, maka tarif yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan plat ini adalah sebesar Rp 20.000.000.

Banyak Angka Tanpa Huruf Ada Huruf
1 Angka Rp. 20.000.000 Rp. 15.000.000

Nah itulah biaya plat nomor cantik satu angka, namun selain plat nomor polisi satu angka tanpa huruf, banyak orang yang juga suka mengkombinasikan plat yang terdiri dengan satu angka itu dengan huruf sehingga membentuk ke kode-kode tertentu. Sebagai, contohnya, ada yang sengaja membuat plat dengan nomor polisi ‘F1’ untuk menunjukan bahwa dia merupakan salah satu penggemar dari ajang tersebut atau menginginkan kendaraan yang dipakai agar memiliki sensasi seperti mobil-mobil yang berlaga di F1. Hal seperti ini pun bisa saja di lakukan dan tentu untuk bisa mendapatkannya pemilik kendaraan pribadi harus merogoh kocek lebih dalam. Ini karena berdasarkan PP Nomor 60 tahun 2016, tarif pasang plat nomor cantik satu angka dengan tambahan huruf akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.000.

Tarif Plat Nomor Polisi Dua Angka

Biaya Plat Nomor Polisi Cantik Dua Angka

Nah sekarang Mas Sena beranjak ke tarif biaya plat nomor cantik dua angka. Plat Nomor Polisi yang terdiri dari dua angka sendiri juga lumayan diminati sebab mobil yang menggunakan plat seperti ini juga biasanya masih berkisar di jajaran orang-orang penting. Sebagai contohnya, kendaraan dinas yang dipakai oleh menteri yang biasanya hanya terdiri dari dua angka saja tanpa akhiran. Masyarakat pun bisa menggunakan plat dengan susunan dua angka ini yang pada umumnya sering diambil dari angka tanggal kelahiran maupun angka favorit si pemilik mobil itu sendiri. Tentunya harga untuk menebus tarif pasang plat nomor cantik dua angka berbeda dengan plat nomor polisi biasa. Jika masyarakat menghendaki plat mobil atau motornya hanya terdiri dari dua angka tanpa ada tambahan huruf di belakangnya, maka besarnya tarif yang harus dikeluarkan berdasarkan PP yang baru adalah sebanyak Rp 15.000.000.

Banyak Angka Tanpa Huruf Ada Huruf
2 Angka Rp. 15.000.000 Rp. 10.000.000

Setelah kita mengetahui biaya pasang plat nomor cantik dua angka, sebenarnya tak hanya plat nomor polisi dengan dua angka saja yang cukup diminati, namun plat nomor polisi cantik yang dipadukan dengan beberapa huruf di belakangnya pun cukup mencuri perhatian banyak pemilik kendaraan bermotor. Kombinasi dua angka dengan tambahan huruf di belakangnya ini biasanya digunakan untuk menunjukkan nama dari sang pemilik kendaraan maupun mengisyaratkan kode-kode lainnya. Misalnya, saja ada yang memakai plat dengan tulisan ‘B 44 YOE’ yang bisa dibaca dengan Bayu dan kemungkinan besar adalah si pemilik mobil. Untuk bisa memiliki plat seperti ini, maka tarif plat nomor cantik yang harus dikeluarkan oleh para pemilik kendaraan adalah Rp 10.000.000.

Tarif Plat Nomor Polisi Tiga Angka

Tarif Plat Nomor Polisi Cantik Tiga Angka

Selanjutnya kita akan mengetahui biaya plat nomor cantik tiga angka. Plat nomor polisi yang terdiri dari tiga angka ini cukup banyak digunakan terutama pada kendaraan sipil yang ingin memakai nomor khusus. Pemilihan nomor polisi yang terdiri dari tiga angka ini biasanya dihubungkan dengan urutan nomor cantik atau kombinasi yang mudah dibaca. Sebagai contohnya ada yang menggunakan ‘B 123’ agar lebih mudah diingat atau ada juga yang memakai susunan angka-angka yang sama agar terlihat menarik seperti ‘B 444’. Sebagai pemilik kendaraan bermotor pun, Anda juga bisa mengubah plat nomor kendaaraan dengan susunan serupa. Untuk tarif pasang plat nomor dua angka sendiri, pemilik kendaran harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000.000.

Banyak Angka Tanpa Huruf Ada Huruf
3 Angka Rp. 10.000.000 Rp. 7.500.000

Plat nomor yang terdiri dari tiga angka memang sangat menarik sehingga pemilik kendaraan pun banyak yang memaikanya walaupun biaya pasang plat nomor cantik mobil dan motor itu cukup mahal. Nah jika anda ingin menambahkan huruf dibekalang angka, maka ada biaya tersendiri yang harus anda bayar untuk memilikinya yang tentunya lebih murah dari tarif plat nomor cantik tiga angka diatas. Perpaduan antara tiga angka yang menunjukkan nomor polisi dan beberapa huruf dibelakangnya juga bisa diartikan sebagai nama dari sang pemilik kendaraan bermotor atau kata-kata unik lainnya. Misalnya saja, ada pemilik motor yang menggunakan plat dengan susunan ‘B 445 UKI’ yang pada saat dibaca membentuk kata Basuki dan kemungkinan merupakan pemilik kendaraan. Ada juga yang memakai plat dengan nomor ‘B 444 AIK’ yang dibaca baik. Untuk mendapatkan plat seperti ini maka biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang dibutuhkan sebesar Rp 7.500.000.

Tarif Plat Nomor Polisi Empat Angka

Biaya Pasang Plat Nomor Polisi Cantik Dua Angka

Dari keempat kategori yang ada, plat dengan nomor polisi yang terdiri dari empat angka memiliki tarif biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang paling terjangkau. Nomor dengan empat angka ini banyak ditemukan pada kendaraan bermotor roda dua meskipun ada juga roda empat yang memakainya. Empat digit angka ini biasanya ada yang dipakai untuk menunjukkan tanggal dan bulan lahir seperti ‘B 0707’ yang berarti si pemilik lahir pada tanggal 7 Juli. Untuk bisa mendapatkan nomor dengan susunan empat angka tanpa kombinasi huruf dibelakangnya itu, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun maka tarif pasang plat nomor cantik yang harus anda tebus adalah sebesar Rp 7.500.000.

Banyak Angka Tanpa Huruf Ada Huruf
4 Angka Rp. 7.500.000 Rp. 5.000.000

Nomor polisi yang tersusun dari empat angka juga cukup menarik untuk dikombinasikan dengan beberapa huruf dibelakangnya agar membentuk kata tertentu yang unik untuk dibaca. Misalnya, ada yang menciptakan kombinasi seperti ‘B 1980 SS’ yang saat dibaca akan merujuk pada kata Big Bos. Kemudian, ada juga yang menggunakannya untuk menunjukkan instansi dimana dia bekerja seperti ‘B 1946 BNI’. Untuk kombinasi empat angka dengan huruf dibelakangnya seperti itu, maka biaya pasang plat nomor cantik mobil dan motor yang harus dibayar adalah sebesar Rp 5.000.000.

Bagaimana sudah mengetahui semua tarif biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang harus anda keluarkan untuk memiliki nomor kendaraan Polisi yang sesuai dengan keinginan anda? Cukup mahal bukan tarif pasang plat nomor polisi cantik mobil dan motor yang harus anda bayar ke Pemerintah. Namun bagi yang memang menginginkannya dan berduit tentunya itu tak masalah walaupun biayanya sangat mahal karena jika kendaraannya sudah menggunakan plat nomor cantik maka menjadi kebanggaan sendiri bagi pemiliknya. Berikut ini Mas Sena tampilkan tabel biaya plat nomor cantik mobil dan motor terbaru di Indonesia:

Banyak Angka Tanpa Huruf Ada Huruf
1 Angka Rp. 20.000.000 Rp. 15.000.000
2 Angka Rp. 15.000.000 Rp. 10.000.000
3 Angka Rp. 10.000.000 Rp. 7.500.000
4 Angka Rp. 7.500.000 Rp. 5.000.000

Nah, dengan adanya tarif pasang plat nomor cantik mobil dan motor yang di atur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 tersebut, maka saat ini tarifnya menjadi jelas mengenai berapa uang yang harus anda bayarkan jika anda ingin menggunakan plat nomor cantik 1 sampai dengan 4 angka. Adanya tarif baru itu tentu diharapkan untuk membuat pengguna kendaraan bermotor agar semakin tertib sehingga memang lebih baik jika pemilik kendaraan tidak menggunakan calo dan memakai jalur resmi yaitu loket di Samsat untuk mendapatkan nomor cantik ini. Hal ini karena jasa di luar jalur resmi biasanya akan mematok biaya plat nomor cantik mobil dan motor yang lebih tinggi sehingga malah merugikan sang pemilik mobil atau motor. Baca juga review menarik Mas Sena lainnya yaitu Cara Membuat SIM dan Biaya Pengurusannya dan Tarif Biaya Pembuatan SIM, STNK, dan BPKB.

Top