Akuisisi Toyota atas Daihatsu Ciptakan Mobil Mungil

Kerjasama Toyota dan Daihatsu Mengusung Spesialis Mobil Kecil – Toyota yang ada di India tengah membuat rencana untuk mengenalkan mobil mungil namun paling efisien dalam konsumsi bahan bakar. Selain itu, mobil berukuran kecil ini disebut-sebut juga bakal mengedepankan keamanan saat berkendara serta menduduki posisi paling atas dalam hal value of money. Meski begitu, mobil ini tak akan dirilis dalam waktu dekat, namun baru akan muncul ke hadapan publik di tahun 2020 mendatang.

Inilah salah satu hasil nyata dari perusahaan baru hasil kerjasama dari Toyota dan Daihatsu yang bernama Emerging-market Compact Car Company. Perusahaan ini bertugas untuk meminta Daihatsu sebagai spesialis mobil kecil untuk membuat mobil yang terjangkau namun memiliki kualitas yang tinggi serta diperuntukkan bagi pasar-pasar yang masih berkembang.

Menurut rencana dari kedua belah pihak bakal ada berbagai jenis mobil kecil yang dihasilkan sebagai hasil kongsi di antara dua pabrikan mobil tersebut. Tak hanya memproduksi mobil-mobil compact, perusahan di bawah kerjasama ini juga kabarnya tengah membuat MPV berukuran kecil serta SUV.

Akito Tachibana selaku Direktur Pemasaran Toyota Kirloskar Motor mengungkapkan bahwa hal yang paling menarik adalah mobil yang akan dibuat oleh Daihatsu tersebut akan ditujukan untuk pasar lokal dengan harga yang terjangkau. Sehingga, riset akan segera dilakukan untuk mengumpulkan ekspektasi konsumen agar bisa menciptakan konsep kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Langkah ini dilakukan sebab Toyota di India ditengarai memang kurang bisa mencuri perhatian konsumen di kelas yang memerlukan kendaraan dengan harga yang terjangkau. Di negara itu memang sudah ada Etios sedan dan Etios Liva yang memang diperuntukkan untuk kelas ini, namun hasilnya masih terbilang kurang efektif.

Sampai akhirnya Toyota menyadari ada Daihatsu yang memang ahli untuk mengembangkan mobil dengan tipe compact yang lumayan kompetitif di pasaran. Toyota di India mengharapkan jika produk hasil pengembangan dari kerjasama antara Toyota dan Daihatsu ini nantinya bakal bisa menjangkau pembeli baru di kelas yang pernah tersentuh sebelumnya.

Top