Harga Yamaha Smax 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha Smax dan Spesifikasi – Pabrikan otomotif berlogo garpu tala dikabarkan telah meluncurkan kembali motor matic besutannya yang bertajuk Yamaha Smax. Skutik yang masih dalam lingkup jajaran keluarga Yamaha MAX Series ini memang dihadirkan dengan mengusung tampilan sporty dengan gaya khas motor Eropa dan dibekali spesifikasi yang cukup tangguh untuk menyasar pada segmen kelas menengah atas. Meskipun Yamaha Smax sudah diluncurkan sejak beberapa tahun yang lalu, namun pada tahun 2017 ini nampaknya Yamaha mengeluarkan versi terbarunya lagi. diluncurkannya versi terbari Smax ini juga menjadi kabar gembira bagi para pecinta matic premium di Tanah Air, pasalnya Yamaha Smax ini pun kabarnya juga akan dipasarkan ke Indonesia meski hingga saat ini masih belum diketahui kapan kepastiannya. Namun yang menjadi pertanyaan banyak orang, kira-kira apa saja sih keunggulan yang dimiliki Yamaha Smax ini?

Yamaha Smax

Yamaha Smax

Di sisi lain, spesifikasi yang dibawa Yamaha Smax ini tampaknya bakal menjadi salah satu daya tarik yang akan membuat motor matic ini kian digemari oleh para calon konsumen. Pasalnya, jika dilihat dari segi desain tampilan luarnya saja sudah terlihat begitu keren dan sporty pada setiap sisinya sehingga mampu menarik perhatian para calon konsumennya. Selain itu, Yamaha Smax pun juga akan dibekali dengan berbagai macam komponen dapur pacu canggih dan handal, seperti dengan dibenamkannya tipe mesin SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas 155cc yang sudah dilengkapi sistem Fuel Injection sehingga akan mampu menghasilkan tenaga mesin gahar dan tangguh namun tetap irit bahan bakar. Tak sampai di situ saja, beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada Yamaha Smax ini untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan si pengemudi dalam berkendara. Di samping itu, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh skutik premium ini. Mau tahu? Yuk, kita ikuti bersama ulasan Mas Sena kali ini yang akan membahas tentang spesifikasi dan harga Yamaha Smax secara lebih detail pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Yamaha Smax

Review Yamaha Smax

Desain

Skutik Premium dengan Tampilan Anggun dan Sporty Bergaya Motor Eropa

Di permulaan review ini, Mas Sena terlebih dulu akan memulainya dengan mengulas spesifikasi Yamaha Smax pada sektor tampilan terluarnya. Apabila melihat desain yang diusung skutik terbaru besutan Yamaha ini, tak memiliki banyak perbedaan dengan beberapa jajaran motor matic MAX Series yang diluncurkan sebelumnya. Hanya saja, pada sektor eksterior dari Yamaha Smax ini, tampilannya cenderung lebih anggun. Namun, kesan sporty pun tetap tampak pada motor matic buatan Yamaha yang satu ini. Hal itu bisa dilihat dari depan yang tampak disematkannya headlamp berbentuk besar yang sudah bertknologi LED sehingga akan memberikan penerangan yang lebih terang ketika melewati medan jalan yang minim lampu perkotaan. Masih pada bagian depan, Yamaha Smax ini juga telah dipasangi sebuah kaca mika (winshield) yang bertujuan untuk menahan terpaan angin saat melaju dengan kecepatan tinggi. Menginjak pada bagian samping, skutik ini dibekali juga dengan sebuah jok yang terbuat dari material kulit berkualitas agar tidak lincin. Bahkan, pada bagian bawah jok juga terdapat bagasi atau deck berkapasitas 32 liter yang dinilai cukup luas dan fungsional. Tak hanya itu saja, Yamaha Smax ini pun juga dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 2.0 gallon atau setara dengan 7.5 liter yang dinilai cukup untuk menyimpan bahan bakar sebagai bekal ketika akan berkendara menempuh jarak yang jauh. Di sisi lain, dalam berkendara pun akan semakin nyaman berkat dek (pijakan kaki) yang cukup luas sehingga pengendara bisa lebih leluasa dalam memposisikan kaki saat mengendarai Yamaha Smax ini. Nah, pada bagian belakang dari motor matic ini pun juga tak kalah hebatnya. Pasalnya, Yamaha sendiri mendesain bodi dan stop lamp seperti pada moge. Namun, cukup disayangkan, lampu sein pada sisi belakangnya ini tampak kurang match sehingga sedikit mengurangi dari sisi tampilannya. Tentunya, dengan beragam fitur eksterior yang menarik serta keren pada spesifikasi Yamaha Smax ini, pastinya akan menambah ketertarikan para konsumen untuk memiliki motor matic mewah ini.

Spesifikasi Yamaha Smax

Speedometer

Instrumen Indikator Usung Panel Analog dan Digital yang Informatif dan Elegan

Menginjak pada segmen ini, kita akan membahas mengenai panel instrumen indikator dari spesifikasi Yamaha Smax. Rupanya, tak hanya desain bodinya saja yang tampak begitu menawan. Bahkan, pada panel indikatornya pun juga tak kalah menarik. Bagaimana tidak? Panel indikator pada skuter matic ini dirancang dengan memadukan antara panel digital dan panel analog dengan bentuk tampilan panel yang begitu modern dan informatif. Selain itu, pada instrument indikator tersebut tampak terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kanan, tengah, dan kiri. Untuk panel indikator bagian kiri, Yamaha Smax akan menampilkan  informasi mengenai indikator bahan bakar, lampu jarak jauh, dan kapasitas oli yang ditampilkan dengan mengusung panel analog. Sementara itu, pada sisi tengahnya, akan ditunjukkan informasi terkait kecepatan melalui panel analog di mana pada sisi dari panel Yamaha Smax ini terdapat indiaktor lampu sein. Sedangkan pada sisi kanan, Yamaha mengandalkan panel digital yang memberikan informasi mengenai kecepatan yang dihitung Km/jam, penunjuk waktu (jam) digital, dan jarak tempuh. Dengan demikian, jika kita melihat secara keseluruhan dari panel indikator dari spesifikasi Yamaha Smax ini, tampaknya memberikan informasi yang sangat informatif dan mudah dipahami oleh pengemudi mengenai keadaan motor yang sedang dikendarainya.

Spesifikasi Motor Yamaha Smax

Dimensi

Ukuran Dimensi Ideal dengan Rangka Underbone

Beralih pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas pada bagian dimensi dari spesifikasi Yamaha Smax. Apabila kita melihat kembali pada sektor tampilan ekstriornya yang tampil begitu anggun dan sporty, tentu hal tersebut tak lepas dari peran dimensi rangka pembentuknya. Pasalnya, Yamaha mengandalkan rangka kokoh jenis Underbone (tulang punggung) yang memang didesain begitu kuat namun ringan sehingga sangat cocok untuk menyokong beban dari Yamaha Smax ini. Selain itu, ukuran dimensinya pun terbilang cukup ideal di mana skuter ini memiliki panjang yang mencapai 2030 mm dengan lebar motor hingga 714 mm dan memiliki tinggi motor yang mencapai 1296 mm serta memiliki ketingian jok 795 mm. Dengan ukuran dimensi motor seperti ini maka tentu saja motor ini akan lebih mudah saat dikendarai terutama bagi para wanita. Untuk berat motor Yamaha Smax hanya memiliki berat maksimal hingga 328 lb atau sekitar 149 kg dan memiliki Rake (Castor Angle) sekitar 26.0°. Selain itu untuk memberikan keseimbangan antara roda depan dan belakang motor ini juga memiliki jarak bentang roda atau jarak sumbu roda hingga 1405 mm. Namun, untuk ukuran ground clearance dari motor matic ini sampai sekarang belum diketahui. Namun, yang pasti bahwa spesifikasi Yamaha Smax ini memang memiliki dimensi ideal yang cocok dikendarai oleh siapa saja, baik pria maupun wanita.

Review Yamaha Smax

Suspensi

Beban Motor Disokong Kaki-Kaki Kokoh dan Pengereman Handal

Meski bodinya tak sebesar MAX Series lainnya, namun spesifikasi Yamaha Smax ini tetap dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh. Hal itu terbukti dengan disematkannya suspensi yang begitu kuat dan sempurna. Di mana, untuk sektor depan akan disertakan suspensi berjenis Telescopic Fork 3.1-in travel. Sedangkan pada suspensi bagian belakangnya, Yamaha akan mengandalkan suspensi berjeni Mid-Ship, Horizontal-positioned rear sock 3.7-in travel. Dengan penggunaan dua tipe suspensi pada Yamaha Smax tersebut tentu akan membuatnya begitu nyaman saat dikendarai. Bahkan, ketika melewati jalanan yang bergelombang karena mampu meredam getaran dengan begitu sempurna sehingga kenyamanan para pengguna pun semakin terjamin. Di sisi lain, kaki-kaki pada Yamaha Smax ini juga akan semakin diperkokoh dengan disematkannya 2 buah velg tapak lebar pada bagian depan dan belakang yang memiliki ukuran hingga 13 inci. Setiap masing-masing velg tersbeut akan dibalut ban diameter 120/70 (Depan) dan 130/70 (Belakang). Dengan semua yang ada di bagian kaki-kaki tersebut, tentunya kian meningkatkan rasa nyaman saat berkendara menggunakan Yamaha Smax ini, apalagi ban berukuran besar terpasang di kedua bagian, yang bakal memberikan nilai keseimbangan tinggi, serta memungkinkan setiap pengguna dapat melakukan manuver lincah di berbagai kondisi. Di samping itu, menunjang keselamatan pengemudi maupun penumpangnya spesifikasi Yamaha Smax ini juga dibekali sistem pengereman berupa Hidraulyc Disc yang berdiameter 267 mm pada bagian depan, serta Hidraulyc Disc berdiameter 245 mm untuk bagian belakangnya.

Harga Motor Yamaha Smax

Mesin

Mesin Gahar dan Tangguh Berkat Mesin SOHC Silinder Tunggal Berkapasitas 155cc

Hadir sebagai motor matic kelas menengah atas maka spesifikasi Yamaha Smax ini pun bakal dibekali dengan mesin yang tidak sembarangan. Hal tersebut bisa dilihat dari mesin yang akan digunakan pada motor skutik ini. Di mana, skutik besutan pabrik Yamaha ini akan dibekali tipe mesin SOHC silinder tunggal 4 langkah dengan kapasitas mesin mencapai 155cc yang berpendingin cair. Akan tetapi, sayangnya pihak Yamaha belum merilis atau memberikan keterangan berapa besaran tenaga yang dihasilkan dari mesin yang tersemat pada Yamaha Smax tersebut. Yang jelas bahwa dengan mengetahui tipe dan kapasitasnya pun bisa dipastikan akan memberikan tenaga mesin yang begitu gahar. Selain itu, tenaga yang dihasilkan dari komponen mesin tadi nantinya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi Automatic CVT dengan Final Drive V-Belt sehingga tak heran jika skutik ini nantinya akan mampu melibas setiap medan dengan kecepatan yang begitu tinggi. Meskipun Yamaha Smax ini memiliki performa yang powerful namun mesin yang digunakan pada motor ini bisa dibilang sebagai mesin yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Sebab, Yamaha akan mengandalkan sistem pembakaran fuel Injection dan sistem pengapian TCI Digital dengan perbandingan kompresi 11.0:1. Maka, wajar jika nantinya spesifikasi Yamaha Smax ini akan mampu menghipnotis para pecinta skutik Yamaha yang bertenaga besar.

Fitur

Lengkap dengan Fitur Canggih dan Modern

Selain memiliki desain elegan dan menarik serta mengusung mesin berperforma gahar, Yamaha juga membenamkan beberapa fitur canggih untuk melengkapi kualitas spesifikasi Yamaha Smax ini. Sebagai motor matic modern yang ramah lingkungan, tentu keselematan atau keamanan serta kenyamanan pengguna menjadi pokok penting yang diperhatikan Yamaha. Hal tersebut jelas terlihat dari beberapa fitur menarik yang dibekalkan Yamaha pada Yamaha Smax ini. Di antaranya seperti sistem suspensi yang kokoh pada bgaian depan dan belakangnya sehingga akan membuat pengendara lebih merasa nyaman. Selain itu, sistem pengereman pun juga akan mengandalkan tipe rem Hydraulic pada sisi depan dan belakang. Dengan rem tersebut maka akan mempermudah pengemudinya dalam mengendalikan laju dari Yamaha Smax ini secara sempurna. Selain itu Yamaha juga membekali motor ini dengan fitur penghidupan mesin berupa electrik starter, sehingga pengendara tidak perlu capek-capek lagi untuk mengengkol motor ini. Jadi selain mamiliki tampilan dan performa yang mumpuni, spesifikasi Yamaha Smax ini juga dilengkapi fitur yang tak kalah istimewa.

Spesifikasi Yamaha Smax

Mesin
Tipe Mesin 155cc liquid-cooled 4-stroke, SOHC single cylinder; 4 valves
Sistem Bahan Bakar Digital TCI: Transistor Controlled Ignition
Tipe Transmisi Automatic CVT
Diemater x Langkah 58.0mm x 58.7mm
Perbandingan Kompresi 11.0:1
Sistem Bahan Bakar Fuel injection
Dimensi
P X L X T 2030 X 714 X 1296 mm
Jarak Sumbu Roda 1405 mm
Tinggi Jok 795 mm
Berat Isi 149 kg
Kapasitas Tangki 7,5 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic fork; 3.1-in travel
Suspensi Belakang Mid-ship, horizontal-positioned rear shock; 3.7-in travel
Ban Depan 120/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Hydraulic disc, 267mm
Rem Belakang Hydraulic disc, 245mm

Harga Yamaha Smax

Puas dengan pembahasan mengenai spesifikasi yang diusung skutik besutan Yamah ini, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Yamaha Smax terbaru. Namun, sebelumnya Mas Sena akan sedikit memberi sedikit kesimpulan terkait spesifikasi yang sudah dibahas sebelumnya. Seperti pada uraian yang sudah dijelaskan di atas, motor ini memang bakal dihadirkan dnegan mengusung tampilan yang menarik di mana mengkombinasikan antara desain sporty dan anggun ala motor Eropa. Sehingga, akan membuat konsumen yang membeli Yamaha Smax  ini pun tampaknya harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Tak sampai di situ saja, para calon konsumen pun juga akan semakin tertarik dengan tenaganya yang begitu powerfull berkat mesin SOHC berkapasitas 155cc dan sistem tranmsisi Automatic CVT serta berteknologi Fuel Injection yang selain menghasilkan tenaga besar, mesin tersebut juga diklaim akan lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Bahkan dengan harga Yamaha Smax yang begitu realistis, pabrik otomotif asal Jepang ini pun berani membenamkan beberapa fitur menarik berteknologi tinggi yang bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen untuk membeli motor matic premium ini. Nah, dengan bekalan spesifikasi dan fitur yang canggih tersebut, kira-kira berapa ya harga Yamaha Smax ini?

Harga Yamaha Smax

Harga Yamaha Smax Terbaru

Berkaitan dengan harga Yamaha Smax di Indonesia, memang belum diketahui kepastiannya mengingat motor matic ini belum resmi diluncurkan di Tanah Air. Namun, jika melihat informasi yang didapat dari situs resmi Yamaha Amerika, harga Yamaha Smax bakal dibanderol $3.699 atau jika dikonversikan ke dalam rupiah dengan nilai tukar dollar saat ini, angka tersebut akan setara dengan Rp 48 jutaan. Sehingga, kemungkinan jika benar nantinya Yamaha Smax ini hadir di Indonesia maka harganya pun tak akan jauh berbeda dengan nominal tersebut. Namun, jika benar harganya berkisar pada angka tersebut maka harga Yamaha Smax menurut Mas Sena juga sepadan dengan desain dan fitur premium yang dibawanya.

Harga Yamaha Smax
Rp. 48.000.000,- (USA)

Catatan : 

  • Harga Motor Yamaha Smax diatas merupakan harga di pasaran USA
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Smax

Di samping itu, apabila disimpulkan dan dibandingkan antara spesifikasi dan harga Yamaha Smax maka dinilai cukup pas dan sesuai. Pasalnya, spesifikasi dan beberapa fitur yang dibenamkan pada motor matic besutan Yamaha ini terbilang sangat handal dan canggih. Sehingga, bagi kawan Mas Sena yang ingin memboyong skutik premium ini maka harus rela merogoh kocek dalam-dalam dengan harga Yamaha Smax yang boleh dibilang tidak murah. Di sisi lain, motor Yamaha ini nantinya juga akan besaing dengan beberapa produk besutan pabrikan lain yang memiliki spesifikasi handal dan harga yang cukup kompetetif di kelasnya. Sehingga, akan menjadi pekerjaan yang berat bagi Yamaha dalam memasarkan Yamaha Smax ini. Namun dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang diusungnya, bukan tidak mungkin jika skutik ini akan mampu sukses menembus pasaran di Tanah Air. Itulah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Smax yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Yamaha Xmax 125 dan Yamaha TMAX SX.

Top