Persaingan antar Produsen Mobil Pedesaan Bakal Makin Sengit

Produsen Mobil Pedesaan Akan Diseleksi Secara Ketat – Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyiapkan sebuah program lanjutan dari Low Cost and Green Car (LCGC), yaitu mobil pedesaan. Program yang tengah digarap pemerintah ini sekarang sedang memasuki tahap untuk menyiapkan prototipenya sehingga kendaraan tersebut akan masuk pada jalur produksi masal dalam waktu dekat.

produsen mobil pedesaan akan diseleksi secara ketat

Pembuatan prototipe atau platform mobil pedesaan yang saat ini tengah dilakukan ternyata melibatkan sejumlah pihak, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Universitas, hingga lembaga penelitian. Meski bekerja sama dengan banyak pihak dalam persiapan prototipe, namun lisensi dari prototipe tersebut nanti tetap akan menjadi wewenang pemerintah.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana jika ada perusahaan lain yang ikut menikmati segmen baru yang prospektif ini? Untuk mengatur masalah ini, pihak Kementrian Perindustrian kabarnya saat ini masih menyiapkan sejumlah ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin ikut ambil bagian dalam industri ini sehingga nantinya akan bisa berjalan dengan tertib dan terorganisasi dengan baik.

Yan Sibarang Tandiele selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemperin mengatakan bahwa setelah lisensinya jadi, maka lisensi tersebut wajib diikuti oleh siapa saja yang berminat dalam industri ini. Selain itu, harus ada persyaratan yang terlebih dahulu yang juga harus dipenuhi.

separator

Sudah seharusnya bahwa perushaan yang ingin ikut harus mengikuti syarat-syarat yang berlaku. Sebagai contohnya, mobil pedesaan harus diproduksi secara lokal dan dimiliki oleh orang lokal, serta syarat-syarat yang lain.

Meski begitu pihaknya juga tidak menutup kemungkinan bakal menerima bantuan dari pihak lain. Hal ini karena sampai sekarang yang belum bisa dipenuhi di dalam negeri adalah berkaitan dengan mesin dan transmisi yang digunakan oleh mobil tersebut.

Walaupun telah diklaim harus dibuat secara lokal dan mempunyai pemilik lokal, namun berbagai bantuan mungkin saja diterima asalkan memberikan kontribusi yang baik pada mobil pedesaan itu. Yang terpenting tentunya, pihak tersebut harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah berkaitan dengan mobil ini.

 

Top