Harga Yamaha Vino Classic, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Yamaha Vino Classic dan Spesifikasi – Yamaha kembali dikabarkan mendobrak pasar otomotif global dengan meluncurkan produk barunya yang bernama Yamaha Vino Classic. Produk terbaru besutan pabrik asal Jepang ini merupakan skutik (skuter matic) yang hadir dengan tampilan bodi klasik layaknya motor vespa dan ramah lingkungan. Selain itu, Yamaha Vino Classic ini disebut-sebut sebagai skutik keluaran Yamaha Eropa yang memang dilahirkan untuk menunjang kebutuhan dari para konsumen yang menginginkan sebuah kendaraan dengan desain klasik khas retro serta ramah terhadap lingkungan. Di samping itu pula pada penampilan Yamaha Vino Classic ini juga terpasang fitur-fitur maupun beberapa aksesoris motor yang terbilang unik dan cukup nyentrik. Tentu, dengan penampilan desain yang nyentrik tersebut maka akan membuat skuter matic ini memiliki tampilan berbeda dari skutik yang lain. Dengan demikian, tak mengherankan jika Yamaha Vino Classic ini akan menjadi salah stu produk garapan Yamaha yang memang diminati oleh para konsumen global.

Yamaha Vino Classic

Jika ditanya apa saja sisi menariknya, tentu segi keunggulan dari spesifikasi dari Yamaha Vino Classic ini akan menjawabnya. Pasalnya, skutik ini memiliki banyak keunggulan dari berbagai sektornya, baik desain, mesin pacunya bahkan sampai pada fitur-fitur yang disematkannya. Dari desain luarnya saja sudah tampak dengan jelas bahwa Yamaha Vino Classic ini memiliki tampilan bodi yang simple dan minimalis di mana mengusung gaya desain klasik yang semakin memperkuat tampilan khas motor retro. Bahkan, ada juga yang menganggap bahwa skuter matic ini memiliki bentuk desain yang sama dengan Vespa. Selain itu, meski kecepatan lari Yamaha Vino Classic ini terbilang cukup rendah karena hanya mengusung mesin berkapasitas 49cc namun untuk teknologi mesinnya tak bisa dianggap remeh mengingat skutik ini sudah dilengkapi dengan teknologi mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) dan teknologi Fuel Injection yang mampu memberikan perfoma tangguh. Di samping itu, Yamaha Vino Classic ini juga memiliki beragam fitur sederhana namun cukup efektif untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan pengguna. Lalu, apa saja ya keunggulan dari motor matic ini? Untuk menjawabnya, yuk kita simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vino Classic.

Motor Yamaha Vino Classic

Review Yamaha Vino Classic

Desain

Skuter Matic Premium dengan Desain Minimalis Khas Motor Klasik

Sebagai perkenalan, pada sesi pertama ini Mas Sena akan mengulas secara mendetail mengenai sektor tampilan fisik dari spesifikasi Yamaha Vino Classic. Hadir dengan embel-embel nama “Classic” tentu sudah dipastikan bahwa skuter matic garapan Yamaha ini akan muncul dengan gaya desain khas motor klasik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai sisi bodi dari motor matic ini. Dari depan misalnya, penampilannya pun tampak begitu nyentrik dengan desain headlamp membulat berkombinasi dengan 2 buah lampu sein yang terpasang manis di sisi kanan dan kiri dari head lamp tersebut. Selain itu Yamaha Vino Classic ini juga dilengkapi dengan spion motor model jadul yang semakin memperlihatkan kesan retronya. Lalu pada bagian tengahnya, motor ini juga memiliki dek atau pijakan kaki yang cukup luas dan nyaman, sehingga memungkinkan kaki pengendara bisa bergerak bebas. Tak cukup sampai di situ saja, Yamaha Vino Classic ini juga terdapat jok/tempat duduk yang empuk, sehingga akan membuat pengedara lebih nyaman ketika mengendarai skuter matic ini. Bahkan, di bawah jok terdapat bagasi luas multifungsi dan tangki bahan bakar yang berkapasitas 1.2 gallon. Kemudian, menginjak pada sisi belakangnya, bisa dilihat desin stop lamp yang persis dengan desain Vespa jaman dulu sehingga semakin membuat spesifikasi Yamaha Vino Classic ini makin menggoda para konsumen.

Spesifikasi Yamaha Vino Classic

Speedometer

Instrumen Indikator Berdesain Simple Namun Tetap Informatif

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan mulai mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Yamaha Vino Classic. Pada panel indikatornya, Yamaha tampaknya akan mengusung desain indikator simple dan klasik dengan bentuk membulat layaknya motor jadul. Selain itu, panel yang akan digunakan pun mengandalkan panel analog sehingga akan semakin memperkuat kesan retro klasiknya. Namun, meski tampak jadul, pada panel indikator Yamaha Vino Classic ini tetap akan ditampilkan info yang cukup informatif. Pasalnya, pada panel analog ini akan memperlihatkan tampilan speedometer with, indikator lampu sein, high-beam and low oil indicator lights. Selain itu, Yamaha Vino Classic juga akan ditampilkan indikator bahan bakar yang cukup jelas. Sehingga, dengan panel indikator yang diusung pada spesifikasi Yamaha Vino Classic ini tentu akan mempermudah pengemudinya dalam mengetahui dan mengenali kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Spesifikasi Motor Yamaha Vino Classic

Dimensi

Dimensi Mungil dan Minimalis Sehingga Mudah Dikendarai Oleh Siapa Saja

Untuk pembahasan berikutnya, pada segmen ini kita akan mengetahui lebih jauh tentang dimensi dari spesifikasi Yamaha Vino Classic. Sebagai skuter matic yang bergaya klasik, tampaknya Yamaha memang mengusung dimensi yang lebih minimalis dan tampak mungil. Namun, meski memiliki bodi yang mungil, produsen otomotif asal Jepang ini tak sembarangan dalam memasang rangka bodinya. Pasalnya, Yamaha diketahui akan mengandalkan rangka step-through steel-tube frame design yang dikenal sangat tangguh dan ringan. Di sisi lain, mungilnya bodi yang dibawa Yamaha Vino Classic ini pun tak lepas dari dimensi pembentuknya yang memiliki panjang 1666 mm, lebar 629 mm, dan tingginya mencapai 1005 mm serta memiliki jarak sumbu roda 45.7 mm. Dengan dimensi tersebut maka skuter matic besutan Yamaha ini akan mudah dikendarai oleh siapa saja. Selain itu motor matic buatan Yamaha ini juga memiliki berat yang mencapai 81 Kg, sehingga berat pada Yamaha Vino Classic ini dirasa cukup ringan. Tak sampai di situ saja, pengguna yang berpostur tak terlalu tinggi pun tetap bisa mengendari skuter matic ini mengingat motor ini tak hanya memiliki ketinggian jok 713 mm yang dinilai tak terlalu tinggi. Di sisi lain, sebagai catatan bahwa untuk ground clearance dari motor ini berukuran 83 mm saja sehingga secara habitat, spesifikasi Yamaha Vino Classic ini lebih cocok digunakan untuk bermanuver di jalanan aspal perkotaan.

Review Yamaha Vino Classic

Suspensi

Suspensi Kokoh Siap Berikan Kenyamanan Saat Perjalanan

Memiliki body ramping, spesifikasi Yamaha Vino Classic tentu mudah dikendalikan. Lantas guna menambah stabilitas berkendara penggunanya, motor ini juga telah disematkan dengan dukungan suspensi berkualitas khas matic Yamaha. Untuk bagian suspensinya, skuter matic besutan Yamaha ini akan membawa supensi jenis Teleskopik fork 2.3 –in Travel untuk bagian depan. Sementara itu, suspensi dengan Single Shock 2.1-in Travel siap menopang beban pada bagian belakang dari Yamaha Vino Classic ini. Alhasil dengan hadirnya dua suspensi tersebut, dipastikan motor ini akan terasa nyaman digunakan untuk berboncengan atau pun single riding. Menginjak pada bagian kaki-kaki, skutik ini masih menggunakan piranti ban dengan ukuran 90/90-10 pada bagian depan dan untuk ban belakangnya akan menggunakan ban berukuran yang sama, yaitu 90/90-10 yang semuanya membalut velg palang atau cast wheel. Untuk sistem pengereman, Yamaha Vino Classic pun juga sudah didukung dengan sistem pengereman jenis drum/tromol yang berukuran 110 mm pada bagian depan dan belakangnya yang siap memberikan kemudahan kepada pengemudinya dalam mengontrol laju motor matic ini. Namun, sayangnya spesifikasi Yamaha Vino Classic pada sektor pengeremannya belum mengandalkan rem ABS.

Harga Motor Yamaha Vino Classic

Mesin

Dibekali Mesin Tangguh Tipe SOHC Berkapasitas 49cc

Apabila kita mengulik secara garis besar, spesifikasi Yamaha Vino Classic pada bagian atau sektor mesin ini memiliki diferensiasi yang paling mencolok dengan beberapa varian skuter matic lainnya. Pasalnya, untuk sektor yang satu ini, generasi Yamaha Vino ini benar-benar membawa perubahan yang cukup signifikan mengingat skuter matic ini hanya akan mengusung mesin yang berkapsitas 50 cc saja. Sehingga, kecepatan lari Yamaha Vino Classic ini pun juga tidak secepat yang kita bayangkan. Namun, meskipun begitu untuk type mesin yang diandalkan skuter matic ini terbilang cukup tangguh dan tak bisa dianggap remeh. Karena, skutik ini mengungung mesin 4 tak dengan satu silinder yang didukung sistem teknologi SOHC 3 katup sehingga tetap akan menghasilkan performa yang maksimal meski lajunya tak secepat motor matic lain. Di sisi lain, Yamaha Vino Classic ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengapian jenis TCI (Transistor Controlled Ignition) yang akan memberikan kelancaran pada proses pembakaran dalam mesin motor ini. Lalu, untuk sistem transmisinya, skuter matic ini juga dilengkapi dengan sistem transmisi berjenis V-Belt Automatic CVT yang mampu bekerja dengan baik dan sempurna ketika motor ini dipacu dengan kecepatan tinggi. Tampaknya, spesifikasi Yamaha Vino Classic pada sektor mesinnya ini bisa dibilang cukup handal meski tak memiliki tenaga secepat motor matic lain.

Fitur

Dilengkapi dengan Beragam Fitur Lengkap dan Canggih

Sebagai produk yang terbilang baru, spesifikasi Yamaha Vino Classic ini bakal dilengkapi juga dengan beberapa fitur canggih. Pasalnya, pada penampilannya motor ini dilengkapi dengan sepasang spion yang memiliki bentuk kaca membulat dan memiliki gagang spion yang cukup panjang. Selain itu panel spedometer yang digunakan Yamaha Vino Classic ini juga cukup sederhana namun cukup informatif dan mampu memberikan informasi yang akurat terhadap para pengendaranya. Di samping itu, dengan harga dari Yamaha Vino Classic yang nantinya bakal dibanderol cukup mahal mestinya skuter matic ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang tangguh di mana pada bagian depan maupun belakang memakai sistem pengereman berjenis rem tromol dengan diamater 110 mm. Selain itu, untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Yamaha Vino Classic juga dilengkapi dengan jok/tempat duduk yang empuk.

Video Yamaha Vino Classic

Berikut ini adalah official video Yamaha Vino Classic yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor yamaha ini:

Spesifikasi Yamaha Vino Classic

Mesin
Tipe Mesin 49cc liquid-cooled 4-stroke SOHC single; 3 valves
Diameter x Langkah 38.0mm x 43.6mm
Perbandingan Kompresi 12.0:1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pembakaran TCI: Transistor Controlled Ignition
Transmisi Automatic CVT
Final Drive V-Belt
Dimensi
P x L x T 1666 x 629 x 1005 mm
Tinggi Jok 713 mm
Jarak Sumbu Roda 45.7 mm
Jarak Terendah 83 mm
Kapasitas Tangki 4.5 L
Berat 81 Kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic fork; 2.3-in travel
Suspensi Belakang Single shock; 2.1-in travel
Rem Depan 110mm drum
Rem Belakang 110mm drum
Ban Depan 90/90-10
Ban Belakang 90/90-10

Harga Yamaha Vino Classic

Detail spesifikasi sudah kita ulas bersama, kini waktunya Mas Sena mengajak kawan-kawan semua untuk membahas soal kisaran harga Yamaha Vino Classic ini. Dihadirkan dengan tampilan desain yang begitu anggun khas motor klasik, tampaknya skuter matic ini bakal menghipnotis para calon konsumennya. Tak hanya itu saja, dengan spesifikasi mesin dari Yamaha Vino Classic  ini yang memiliki perbandingan kompresi sebesar 12.0 : 1 serta memiliki diameter bore dan stroke yang masing-masing berdiameter 38.0mm x 43.6mm, tentu sudah akan mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar. Nah dengan kapasitas mesin yang cukup rendah, dengan harga Yamaha Vino Classic yang mungkin mahal, skutik ini tetap cocok bagi para wanita yang ingin tampil modis dengan kuda besinya. Di samping itu, dengan kapasitas mesin 49cc dan berteknologi Fuel Injection tentu selain akan memiliki kecepatan berlari yang sedang-sedang saja, motor ini pun juga sangat irit bahan bakar. Jadi, berapa ya harga Yamaha Vino Classic ini?

Harga Yamaha Vino Classic

Harga Yamaha Vino Classic Terbaru

Dengan membawa segudang spesifikasi handal dan desain nyentrik, maka sangat wajar jika akhirnya harga Yamaha Vino Classic ini bakal dibanderol dengan nominal yang cukup terbilang mahal. Sayangnya, untuk pasar Indonesia sendiri, belum diketahui berapa banderol untuk memboyong motor matic klasik besutan Yamaha ini. Namun, jika mendasarkan atas info yang diperoleh Mas Sena dari situs resmi Yamaha Amerika, harga Yamaha Vino Classic ini akan dibanderol seharga $2,299 atau jika dikoversikan ke dalam nilai rupiah menjadi setara dengan Rp 30 jutaan. Tentu, banderol tersebut dinilai cukup mahal mengingat nominal tersebut hampir menyamai dengan harga R15 sebagai motor sport yang cukup digandrungi di Tanah Air. Di samping itu, Yamaha Vino Classic ini hanya akan menawarkan 1 varian warna saja, yaitu Deep Sea Blue/Vanilla White sehingga tak banyak pilihan bagi para konsumen untuk memilih warna yang sesuai selera. Nah, dengan harga Yamaha Vino Classic yang menyamai harga motorsport apakah sobat Mas Sena tertarik untuk memboyongnya ke garasi rumah sobat?

Harga Yamaha Vino Classic
Sekitar Rp 30.000.000,- (USA)

Seperti yang sudah disinggung di atas harga Yamaha Vino Classic yang disampaikan di atas merupakan banderol untuk penjualan di luar negeri mengingat motor matic ini masih belum diketahui apakah akan diboyong ke Indonesia atau tidak. Jika memang benar motor mtaik klasik besutan Yamaha ini akan diboyong ke pasar Tanah Air maka dipastikan harganya akan lebih mahal dari banderol yang disebutkan tadi. Di sisi lain, jika Yamaha Vino Classic ini memang benar-benar akan diboyong dan dijual di Indonesia maka kehadirannya akan menjadi pesaing beberapa motor-motor matic besutan pabrik lain. Begitupun soal harga. Di samping itu, jika kita bandingkan dengan beberapa motor matic lain, memang untuk harga Yamaha Vino Classic ini cukup mahal. Namun yang jelas, harga yang mahal tersebut pun terbayarkan dengan spesifikasi dan desain nyentrik yang dibawa motor matic ini. Nah, itu tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vino Classic. Semoga info di atas bisa menjadi referensi bagi kawan-kawan semua. Sekian dan terimakasih. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Yamaha Smax dan Honda Scoopy.

Top