Mau Tahu Kiat Sukses Toyota dalam Membangun SDM?

Kiat sukses Toyota membangun SDM – Bisnis otomotif adalah bisnis yang menggiurkan dengan jutaan penggiat yang tersebar di seluruh tanah air. Hal ini tentu memunculkan persaingan antar pabrikan dalam menghasilkan produk yang terbaik. Untuk dapat membuat sebuah produk bermutu tinggi ini sudah mutlak diperlukan tenaga Sumber Daya Manusia yang berkualitas pula. Pabrikan Toyota punya kiat tersendiri lho dalam menjaga agar tiap SDM yang berada di Toyota tetap memiliki daya saing yang tinggi. Bro mau tahu kiat Toyota dalam menjaga kualitas SDM nya?

kiat toyota meningkatkan sdm

Sebagai salah satu produsen otomotif terbaik di dunia yang juga memiliki partner pabrikan di tanah air, Toyota terus berusaha untuk selalu meningkatkan kompetensi SDM yang ada di negeri ini supaya mampu menghasilkan produk otomotif berkualitas tinggi yang sesuai standar global.

”Kualitas sumber daya manusia lokal sangat penting terutama dalam menghadapi era persaingan yang kompetitif Masyarakat di Ekonomi ASEAN (MEA) 2015,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono.

Nah kiat yang digunakan Toyota adalah Quality Control Circle, sebuah pelatihan SDM internal Toyota untuk mengarahkan karyawan supaya dapat mengembangkan pola pikir engineer di dunia otomotif secara terarah dan professional.

Pelatihan ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1964 di lingkungan Toyota Motor Corporation (TMC). Namun pelatihan pengembangan karakter ini baru ada di tanah air pada tahun 1989 dengan penyelenggara dari TMMIN dan PT Toyota Astra Motor. Pada 1 Novmeber lalu konvensi QCC Toyota Indonesia telah menginjak pelaksanaan ke 31 kalinya karena sejak tahun 2009 hingga 2014 kegiatan ini dipadatkan menjadi dua kali dalam setahun.

Tidak murah Bro dalam menyelenggarakan pelatihan ini, karena tidak kurang dari investasi sebesar 6 Milyar rupiah digelontorkan Toyota untuk pelaksaan QCC. Mantap kan Bro? Dana sebesar itu digunakan untuk memberi apresiasi kepada para karyawan yang memiliki ide terbaik, pelatihan, eksibisi serta konvensi yang dilaksanakan baik tingkat nasional maupun internasional. Sudah tidak heran kan Bro kenapa SDM dari Toyota mampu bersaing dan dapat menciptakan produk dengan kualitas prima?. Baca juga Skutik Baru Honda dan Pilih Transmisi Otomatis atau Manual?.

Top