Kia Stonic Siap Lawan Nissan Juke

Kia Siapkan Stonic untuk Saingi Juke – Produsen mobil asal Korea Selatan, Kia baru-baru ini kepergok sedang mendaftarkan nama “Stonic” untuk mendapatkan paten. Nama ini rencananya bakal dipakai untuk mobil Kia yang berada pada segmen sport utility vehicle atau SUV kompak. Kabar ini rupanya mencuat setelah sebuah situs komunitas Kia melaporkan hal tersebut.

kia siapkan stonic untuk saingi juke

Mobil bernama Stonic ini rupanya sengaja dipersiapkan Kia untuk menghambat laju dari salah satu SUV yang sedang naik daun saat ini, yaitu Nissan Juke. Rival tangguh dari Juke ini dikabarkan akan dirilis tahun ini juga. Mobil ini kemungkinan bakal diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show dan akan diproduksi di negara asalnya.

Sampai saat ini belum ada bocoran foto yang menunjukkan tampilan dari mobil itu. Meski begitu, informasi terkini menyebutkan jika SUV baru Kia tersebut sedang dikaji di pusat penelitian dan pengembangan Kia, di Korea Selatan. Mobil ini kabarnya akan dibuat dengan memakai platform A yang juga digunakan oleh SUV kecil milik Hyundai.

Stonic dan SUV kecil racikan Hyundai yang belum diberi nama tersebut ternyata juga bakal memakai teknologi mesin yang sama. Namun, pihak Kia sendiri telah memastikan bahwa desain serta layout pada interiornya bakal memiliki perbedaan yang cukup jauh. Belum ada informasi tentang akan digunakannya penggerak AWD, namun yang pasti adalah mobil ini akan menggendong mesin turbo.

Stonic untuk varian standar akan dibekali dengan mesin berkapasitas 1.400 cc T-GDI. Sementara itu, untuk varian tertingginya, Stonic akan menggendong mesin dengan kapasitas 1.600 cc T-GDI turbo. Untuk pasar Eropa sendiri, Stonic bakal tersedia dengan bekalan mesin berkapasitas 1.600 cc CRDi atau mesin diesel.

Rumor yang berkembang, setelah nantinya diperkenalkan dalam acara Frankfurt Motor Show, Kia Stonic akan segera diproduksi dan dengan penjualan yang menyebar ke seluruh dunia. Mobil ini kabarnya bakal hadir dengan desain yang keren dan dipadukan dengan karakter fungky sehingga bukan tak mungkin jika mobil ini  nantinya bakal menjadi kendaraan favorit di segmen SUV.

Top