Hadapi Honda Jazz di Indonesia, Nissan Siapkan Rival

Nissan Luncurkan Note untuk Lawan Jazz – Nissan Thailand belum lama ini secara resmi merilis model anyar untuk segmen spacious hatchback yang diketahui bertajuk Note. Di Thailand sendiri, Note didapuk untuk mencuri pangsa pasar dari Honda Jazz. Mobil itu dijual dengan harga 568.000 baht atau sekitar Rp 214,7 juta hingga 640.00 baht atau setara dengan Rp 242 juta.

nissan luncurkan note untuk lawan jazz

Antonio Zara  selaku Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia sepertinya memiliki keinginan untuk memboyong mobil Note ini ke tanah air. Menurutnya, ada sedikit celah yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan mobil baru  racikan Nissan tersebut dari Thailand melalui skema perdangangan bebas yang ada di kawasan Asia Tenggara saat ini.

“Setelah di Thailand dan kami bisa membawanya masuk ke Indonesia, ekspor dengan skema ASEAN Free Trade Area (AFTA). Namun, kami bakal mempelajarinya terlebih dahulu untuk menjadi produk yang akan kami pasarkan di dalam negeri,” papar Antonio, dilansir dari Otomotif Kompas, Kamis (19/1/2017).

Meski begitu Antonio sadar jika saat ini pasar mobil untuk segmen hatchback atau city car tengah menurun, meski begitu dirinya menganggap bahwa hal ini bukanlah masalah untuk Nissan Indonesia. Hal ini karena mereka ingin berperan aktif di segmen otomotif dalam pasar mobil di tanah air.

Dirinya juga menambahkan bahwa Nissan tak hanya ingin bepartisipasi di segmen yang besar saja. Mengingat Nissan merupakan perusahaan global maka akan lebih bagus jika merek tersebut ikut bersaing di semua segmen, baik itu LCGC maupun non-LCGC.

Note yang hadir di Thailand diketahui menggendong mesin 1.2 L dan keluaran tenaga hingga 79 tk serta konsumsi bahan sekitar 20 kilometer per liter. Sedangkan, emisi CO2 berada di angka 120 g/km.

Jika mobil ini benar-benar akan masuk ke Indonesia, Note kemungkinan bakal ada di segmen city car sebab ukuran mesin yang dimilikinya hanya 1.2 L. Akan tetapi jika harus berada di segmen hatchback, mobil ini bisa menggantikan posisi Nissan Livina X-Gear yang hanya memiliki pasokan 9 unit berdasarkan data dari Gaikindo selama Januari-November 2016.

Top