Segmen “Adventure & Crossover” Jadi Lahan Baru Toyota

Toyota Poles Mobilnya dengan Gaya Adventure Crossover – Segmen SUV dan crossover di pasar otomotif memang saat ini mengalami perkembangan yang lumayan pesat. Meski begitu, tren baru justru muncul sehingga menciptakan kendaraan bergaya adventure namun memiliki aura SUV atau crossover. Tren baru ini pun rupanya mempengaruhi Toyota dengan beberapa model mobilnya.

toyota poles mobilnya dengan gaya adventure crossover

Misalnya saja, Toyota mendandani Yaris yang aslinya lahir sebagai hatchback. Mobil tersebut diberi gaya petualang dan kini mendapat julukan Heykers. Groud clearance mobil dibuat lebih tinggi, sedangkan atapnya ditambahi dengan roof rail. Jika dilihat dari keseluruhan tampilannya, mobil tersebut sekarang justru terlihat seperti kendaraan yang berada di segmen crossover.

Yang paling terkini tentu saja Innova. Mobil yang sebenarnya berada di bawah naugan kategori MPV itu diberi sentuhan gaya family adventure dan hadir dengan nama barunya, yaitu Innova Venturer. Mobil tersebut kini terlihat makin gagah dengan peleknya yang berukuran besar dan sejumlah ornamen lain yang menegaskan gayanya. Bodi barunya juga siap mengajak keluarga untuk berpetualang bersama.

Lalu, apa yang membuat Toyota begitu tertarik dengan segmen baru ini? Apakah ini merupakan langkahnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau hanya sekedar mengalihkan perhatian para pecinta SUV?

Sri Agung Handayani selaku Product General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa pihaknya mengambil langkah berdasarkan hasil survei. Konsumen rupanya tetap ingin berkendara dengan nyaman, namun dengan tampilan yang berbeda.

Sebagai contohnya Innova Venturer. Orang ingin tetap memperoleh kenyamanan dari kapasitasnya namun dengan wajah yang berbeda. Konsumen yang menghendaki itu sebenarnya adalah penggemar MPV namun ingin mobil yang lebih advance. Jadi, orangnya sebenarnya merupakan asli pengguna kendaraan SUV.

Sri Agung juga menegaskan jika Innova Venturer sebagai definisi “adventurer” di segmen Kijang Innova. Faktor utama yang dijadikan pertimbangan tetaplah kenyamanan serta kapasitasnya. Sementara faktor lain yang dipertimbangkan adalah tampilan berbeda serta sentuhan petualangan.

Senada dengan Yaris Heykers, masih ada konsumen yang menyukai desain simpel seperti hatchback namun menginginkan kendaraan yang sedikit lebih menantang untuk diajak berpetualang.

 

Top