Inilah Perbedaan Yamaha YZF-R15 Terbaru Dengan Versi Lawasnya

Perbedaan Yamaha YZF-R15 Terbaru Dengan Versi Lawas – beberapa waktu yang lalu PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan all new Yamaha YZR-R15 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Peluncuran tersebut di hadiri oleh pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales yang didaulat untuk membuka selubung motor sport terbaru Yamaha tersebut.

Perbedaan Yamaha YZF R15 Terbaru Dengan Versi Lawas

Dengan nama all new yang disematkan padanya, motor sport ini mengalami beberapa perubahan disbanding versi sebelumnya. Perubahan tersebut terjadi pada berbagai sektor tak terkecuali desain dan mesin. Ari kristianto, selaku Product Planning PT YIMM, menjelaskan lebih jauh mengenai hal tersebut.

Dilansir dari otomotif.liputan6.com Product Planning PT YIMM tersebut menjelaskan motor yang dijuluk ‘baby R6’ tersebut memiliki lekukan yang lebih tajam di banding versi lawasnya. Ketajaman sudut-sudut tersebut menurutnya lebih aerodinamis dibanding versi R15 lawas.

Selain desain bodinya yang berubah menjadi lebih aerodinamis, speeodmeternya pun sudah full digital yang dapat menginformasikan berbagai hal, termasuk fitur personalisasi dari motor sport ini. Ari menambahkan “Yang paling baru ada shifting light timing. Ganti transmisi sudah ada indikatornya, seperti R25”.

Selain pada kedua sektor di atas upgrade nampaknya juga dilakukan pada sektor kaki-kaki dari R15 terbaru ini. Dalam hal ini, R15 sudah dilengkapi dengan suspensi upside down. Selain itu, lampu depan dan belakangnya pun sudah menggunakan LED. Sementara pada bannya motor ini disebut0sebut memiliki ban terlebar dikelasnya. “Sementara yang masih dipertahankan dari yang lama itu swingarm aluminium,” tambah Product Planning PT YIMM tersebut.

Pada dapur pacunya motor ini dibekali dengan mesin berkubikasi lebih besar dari versi lawasnya yakni 155 cc. MMesin tersebut akan disokong oleh teknologi baru VVA yang dapat menghasilkan tenaga 19 Tk @10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500. tenaga tersebut dinilai lebih besar 20 persen di banding versi R15 terakhir.

Sementara itu, untuk menambah daya tarik konsumennya, All new Yamaha R15 ini ditawarkan dengan tiga varian warna  yakni racing blue, matt black, dan matt red yang dapat dipilih sesuai kemauan konsumen. Namun sayangnya, pihak PT YIMM belum membocorkan harga yang akan di banderolkan pada motor sport terbarunya ini.

Top