Akhirnya, Mercedes Benz New E Class pun Dirakit di Indonesia

MBI Dapat Jatah Merakit New E Class – Mercedes Benz Indonesia (MBI) secara resmi telah meluncurkan sedan garapannya tipe new E Class pada 2016 tahun lalu. Pada saat itu, sedan mewah ini masih didatangkan dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) dari Jerman. Namun, beberapa waktu lalu, tepatnya pada Selasa, 24 Januari 2017, MBI dikabarkan telah memulai perakitan lokal new E Class di pabrik Wanaherang, Cicadas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada acara perakitan perdana E Class ini pun turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, serta para petinggi MBI. Perlu diketahui bahwa Mercedes Benz E Class yang dirakit di indonesia ini terdiri dari dua tipe, yaitu E 250 dengan Avantgarde Line dan E 300 dengan AMG Line.

“New E Class merupakan suksesor dari model sebelumnya yakni W 212, salah satu E Class yang paling sukses di Indonesia dengan lebih dari 6.000 unit yang telah dirakit di Wanaherang. Dimulainya perakitan lokal model E Class terbaru di Indonesia ini melanjutkan kisah sukses pabrik kami,” ujar Roelof Lamberts, president and CEO Mercedes Benz Distribution Indonesia, di Bogor.

Sementara itu di sisi lain, dalam sambutannya dikatakan bahwa dengan dimulainya perakitan new E Class secara lokal ini maka diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian di Indonesia, terutama pada sektor industri otomotif.

separator

“Kami berharap hal tersebut memberikan dampak positif bagi bisnis Mercedes Benz di Indonesia ke depan, sekaligus akan mendukung perekonomian nasional secara keseluruhan,” ucap dia.

Terkait dengan tampilannya, jika dibandingkan pendahulunya New E Class ini tampak lebih elegan dan sporty. Dimensinya juga pas dengan panjang sumbu roda bertambah  65 milimeter dari 2.874 mm menjadi 2.939 mm dan panjang bodi keseluruhan juga bertambah 43 mm dari yang sebelumnya sekira 4.880 mm.

Untuk spesifikasi pada mesin pacunya, kedua tipe terbaru Mercedes Benz ini akan dipersenjatai dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.991 cc, yang dikombinasikan dengan system transmisi otomatis 9G-Tronic sembilan percepatan. Model E 300 mampu menghasilkan tenaga 245 hp dan torsi maksimal 370 nm, sedangkan E 250 bertenaga 211 hp dan torsi 350 nm. Menyasar pada pasar sedan premium, Mercedes Benz E Class ini nantinya akan bersaing dengan BMW Seri 5 dan Audi A5.

Top