Mercedes Segera Boyong Mobil Hybrid atau Listrik Ke Indonesia, Benarkah?

Mercedes Masih Pertimbangkan Hybrid atau Listrik Untuk Indonesia – Beberapa tahun terakhir ini, diketahui bahwa para agen pemegang merek (APM) mobil untuk penjualannya di Indonesia mulai silih berganti mendatangkan produk ramah lingkungan. Begitu juga dengan Mercedes Benz Indonesia (MBI) yang turut terpacu untuk membawa satu produknya ke Indonesia.

Bahkan, menurut kabar yang beredar, rencananya MBI akan memperkenal produk terbarunya ini pada Agustus 2017 mendatang atau bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun, sampai saat ini pun masih belum disebutkan apakah yang dibawa mobil hybrid atau murni bertenaga listrik.

“Untuk hybrid atau listrik tunggu kejutannya di GIIAS. Sedan atau SUV? belum tahu, tapi kami akan coba hadirkan,” ujar Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes Benz Cars, Kariyanto Hardjosoemarto, di Bogor, Selasa 24 Januari 2017.

Mobil tersebut, tambah Kariyanto, nantinya baru sebatas diperkenalkan saja sehingga belum bisa dipesan. Apalagi dibeli oleh konsumen.

“Kami kenalkan saja belum meluncurkan. Karena dari masyarakat umum yang menginginkan dan yang memberi masukan minta Mercedes Benz bawa mobil hybrid atau listrik,” tambah dia.

Kariyanto sendiri pun juga tidak menampik ada pelanggan yang meminta mobil hybrid. Namun, menurut pihaknya untuk membawa produk hybrid ke Indonesia butuh persiapan dan perencanaan yang benar-benar matang, tak hanya sekadar memasarkannya saja.

“Permintaan ada, mereka minta seperti di S-Class, sudah ada yang hybrid. Kenapa enggak bawa masuk, kami tidak mau asal memasarkan saja. Begitu masuk kami juga harus bertanggung jawab soal after sales. Untuk after sales hybrid itu kan perlu persiapan khusus seperti teknisinya. Karena alat dan penanganannya beda dengan mobil mesin konvensional,” terangnya.

Meski demikian pihaknya sampai saat ini belum uji survei pasar untuk melihat seberapa besar animo para konsumen terhadap mobil ramah lingkungan Mercedes Benz.

“Survei dari kami belum. Kami juga masih menunggu, misalnya insentif perpajakan dan sebagainya. Tapi secara produk kami siap,” pungkas dia.

Di sisi lain, sedikit berbeda dengan brand premium lain, BMW Indonesia pun telah lebih dulu meluncurkan sekaligus menjual salah satu produk ramah lingkungannya yaitu mobil Sport i8. Mobil dengan desain futuristis dan sporty itu diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Dengan diluncurkannya BMW i8 tersebut maka ini merupakan wujud nyata dari mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan sebagai BMW Concept Vision Efficient Dynamics pada 2009 di Frankfurt Motor Show.

Top