Gaikindo Gigih Usahakan Penurunan PPnBM Sedan

Gaikindo Tindak Lanjuti Lobi Penurunan PPnBM – Penjualan mobil tahun lalu bisa dibilang  menunjukkan tren yang positif, namun tetap masih ada yang terlihat aneh sebab segmen sedan justru mengalami kemerosotan. Sedangkan untuk kategori low cost green car (LCGC), sport utility vehicle (SUV), serta multi purpose vehivcle (MPV) justru mengalami peningkatan lumayan signifikan.

gaikindo tindak lanjuti lobi penurunan ppnbm

Biang keladi dari penurunan penjualan mobil sedan ini, salah satuya ternyata berhubungan dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang selangit, khususnya untuk sedan berukuran mini. Peraturan Pemerintahan Nomor 41 tahun 2013 pasal 2 ayat 4 menyebutkan bahwa sedan yang memiliki kapasitas silinder hingga 1.500 cc akan dikenakan PPnBM sebesar 30 persen.

Sedangkan, jika mempertimbangkan kembali segmen MPV seperti yang disebut pada pasal 2 ayat 2 sebagai kendaraan yang bukan sedan seharusnya mobil dengan segmen ini hanya dikenai pajak sebesar 10 persen saja. Padahal jika dilihat lagi mobil ini memiliki kapasitas silinder yang sama dengan yang ada pada sedan mini, yakni 1.500 cc.

Untuk menanggapi hal tersebut, pihak Gaikindo melalui Sekretaris Umumnya, Kukuh Kumara menyampaikan jika pihaknya terus melakukan follow-up terkait dengan usulan itu. Tak hanya itu, pihak Gaikindo juga menaikkan level usulan untuk penurunan PPnBM dangan ikut bergabung dalam simulasi serta memberikan berbagai data pendukung kepada pemerintah. Hal ini ditujukan agar usulan tersebut bisa ditindak lanjuti dengan benar serta memberikan kabar yang menggembirakan.

Kukuh menyampaikan bahwa butuh keberanian dari pihaknya untuk menyampaikan usulan tersebut serta tidak boleh sembarangan dalam mengusulkan sesuatu kepada pemerintah. Semuanya perlu disimulasikan terlebih dahulu. Pihak Gaikindo sendiri pun sudah memberikan rekomendasi secara berkelanjutan dan dan berharap formulasinya bisa jadi dalam waktu satu atau dua bulan sehingga bisa lebih cepat untuk diajukan.

Kukuh juga menambahkan bahwa saat dilakukan pengajuan nanti, bukan hanya perubahan PPnBM yang sekarang saja yang akan diusulkan, terutama yang terkait dengan segmen sedan. Akan tetapi pihak Gaikindo tampaknya juga akan memasukkan masalah terkait dengan pajak berdasarkan karbon (carbon tax) pada usulan tersebut.

Top