Cara Memasang Lampu Halogen di Motor dengan Benar!

Cara Memasang Lampu Halogen pada Motor – Lampu standar dari pabrikan ketika anda coba membawanya ke jalan raya akan tampak kurang jelas ketika dilihat. Belum lagi pada saat melintasi jalanan pedesaan yang buruk pencahayaannya sehingga akan berbahaya ketika melewatinya. Anda jadi kurang dapat mengantisipasi adanya halangan pada jalan yang dilewati seperti lubang kecil yang dapat menyebabkan anda terjengkang apabila posisi motor menjadi tidak stabil akibat goncangan pada lubang. Sedangkan pada jalanan perkotaan yang padat lalu lintas kendaraan anda juga harus menjaga jarak dengan motor dan mobil lain yang melintas dengan cara menghidupkan lampu seterang mungkin. Hal ini penting karena apabila motor lampu motor tidak terang maka dapat membahayakan pengguna jalan yang lain. Ada alternatif cara yang dapat Bro lakukan agar cahaya lampu motor dapat lebih terang yaitu menggunakan lampu Halogen. Nah Mas Sena akan membagikan tips dan cara memasang lampu halogen di motor dari step ke step untuk Bro semua dengan lengkap dan mudah. Pastinya Bro semua penasaran kan gimana cara memasang lampu halogen di motor? Yuk kita simak pembahasan Mas Sena kali ini.

cara memasang lampu halogen di motor

Cara Memasang Lampu Halogen pada Motor

Sebelum masuk ke cara memasang lampu halogen pada motor tentunya anda tahu bahwa lampu halogen memiliki beberapa kelebihan yang lebih efektif dari lampu motor standar keluaran pabrik. Beberapa diantaranya adalah jenis lampu halogen ini memiliki usia pakai yang sangat lama. Lampu tipe ini mampu mencapai masa pakai 1000 jam dalam kondisi penggunaan normal dengan biaya penggantian lampu yang tidak mahal. Hasil pencahayaan yang dihasilkan lampu halogen termasuk terang sehingga anda tidak perlu takut melewati jalanan pedesaan yang gelap sekalipun. Tetapi Bro dan Sis yang ingin menggunakan lampu jenis ini baiknya mengetahui cara memasang lampu halogen pada motor dengan benar supaya dapat berjalan maksimal. Simak ya tips dan cara memasang lampu halogen di motor secara lengkap dari Mas Sena dibawah ini untuk mengetahui lengkapnya!

cara memasang lampu halogen pada motor

  1. Sesuakan Kebutuhan Watt

Cara memasang lampu halogen di motor yang perlu diperhatikan pertama kali adalah memperhatikan kebutuhan. Sebelum anda memutuskan untuk membeli lampu halogen maka pergunakanlah halogen yang ukuran standar watt nya sudah sama sesuai dengan standar pabrik. Jangan coba-coba untuk memasang lampu halogen yang lebih tinggi watt nya karena tidak sesuai dengan kemampuan daya yang dibagikan. Selain itu lampu halogen yang watt nya lebih tinggi tidak selalu lebih terang dari yang watt nya rendah karena dari dari standar pabrik sendiri sudah disetting untuk mensuplai dengan standar lampu awal yang terpasang.

  1. Belilah Lampu Halogen Branded

Nah step ke 2 dalam cara memasang lampu halogen pada motor ini juga penting. Mas Sena menyarankan ini karena didasarkan dari pengalaman dalam memasang lampu halogen memilih yang merek pabrikan yang kurang terpercaya maka akan menghasilkan kualitas yang kurang memuaskan pula. Apalagi lampu-lampu halogen yang tanpa merek sehingga kita ketika memasang baru dalam waktu tidak lama saja maka lampu cepat rusak. Usahakan untuk memilih lampu halogen yang bermerk seperti Philips, Osram dan lain-lainnya.

  1. Jangan Coba-Coba untuk Menyentuh Lampu Halogen

Kemudian jangan sentuh lampu halogen dengan tangan telanjang terutama pada bagian bohlam halogen. Akibat dari sentuhan itu akan menyebabkan tangan akan meninggalkan keringat pada bohlam. Pada lampu halogen berisi gas argon yang dicampur dengan macam-macam gas lainnya yang berakibat lampu halogen lebih panas jika dibandingkan dengan lampu biasa. Jika lampu terkena bercak keringat yang menempel maka akan berdampak pemanasan bohlam pada satu titik saja yang dapat menyebabkan lampu cepat mati. Tetapi jika sudah terlanjur tersentuh maka anda dapat menggunakan alkohol yang dibasahi dengan tisu untuk membersihkannya. Maka dari itu step dalam cara memasang lampu halogen di motor ini cukup penting untuk anda ketahui dan praktekkan.

  1. Lepas Sekrup dan Soket Terlebih Dahulu

Nah akhirnya kita masuk poin terakhir dalam cara memasang lampu halogen pada motor. Setelah anda membeli lampu halogen yang tepat maka anda tinggal memasangnya dengan cara yang benar. Agar anda dapat lebih mudah dalam memasangnya maka anda perlu untuk melepaskan semua sekrup yang mengikat pada batok lampu. Jangan lupa untuk melepaskan spion motor terlebih dahulu menggunakan kunci pas ukuran 14. Setelah itu lanjutkan dengan melepas soket lampunya baru lepaskan dudukan lampu utama dengan cara menekannya sambil diputar ke kiri. Lalu keluarkan lampu bohlam standar yang sudah terpasang dengan hati-hati baru kemudian pasang bohlam lampu halogennya Setelah itu anda coba untuk memasang kontak pada motor untuk uji coba seberapa terangnya lampu halogen tersebut.

cara memasang lampu halogen di motor dengan benar

Bagaimana Bro semua tips dan cara memasang lampu halogen di motor yang Mas Sena sebutkan diatas? Mudah bukan untuk dipraktekkan. Anda tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang Mas Sena paparkan diatas untuk memasang lampu halogen tanpa ribet. Perlengkapan yang diperlukan dalam memasang lampu halogen standar saja seperti kunci pas, obeng, drey dan lain-lain yang pastinya selalu ada dalam genggaman Bro dan Sis penggiat otomotif. Oh ya untuk informasi harga lampu halogen juga bersahabat dengan harga Rp 10-25 ribu saja kok. Tetapi perlu Bro dan Sis ketahui juga apabila lampu halogen selain memiliki beberapa kelebihan yang telah disebutkan diatas juga memiliki beberapa kekurangan seperti boros energi serta memerlukan perawatan ekstra dari lampu motor standar. Oleh karena itu Mas Sena menyarankan agar Bro dan Sis berkonsultasi terlebih dahulu pada kawan-kawan yang memiliki pengetahuan otomotif supaya tidak salah langkah baik dalam membeli lampu halogen dan cara memasangnya pada motor. Bagi anda yang menginginkan cara memasang lampu halogen pada motor secaara simpel dapat menghubungi teknisi bengkel untuk memasang lampu halogen pada motor anda. Itulah informasi tips dan cara memasang lampu halogen di motor sekaligus mengakhiri perjumpaan dengan Mas Sena pada kesempatan kali ini. Perawatan Motor Matic dan Cara Merawat Motor Baru.

Top