Apa Kabar Mobil China di Indonesia?

Mobil China di Indonesia – Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak didunia, China tentu mempunyai peranan penting dalam dunia otomotif global. Selain menjadi pasar otomotif terbesar didunia, para produsen otomotif dari negeri Tirai bambu tersebut nampaknya mulai di perhitungkan di kancah otomotif global.

Mobil China Di Indonesia

Yang paling terdengar adalah produsen bernama Geely. Geely sempat menggegerkan dunia otomotif global setelah mengambil alih produsen asal Swedia volvo dari tangan ford pada tahun 2009-2010 yang lalu.

Geely Group sebelumnya hanyalah perusahaan pemasok komponen pendingin udara, namun hanya dalam waktu sekitar dua pulu tahun, Geely menjelma menjadi salah satu pabrikan mobil terbesar di China. Bahkan pada tahun 2009 Geely mulai masuk ke Indonesia dengan membawa varian sedan hatchbacknya seperti MK dan MK2. Dengan membanderol produknya pada kisaran angka Rp 120 Juta – Rp 140 Juta untuk on the road Jakarta Geely dapat dikatakan sukses memulai debutnya di Tanah Air.

Setelah sukses dengan debutnya pada tahun 2009, Geely kembali menghadirkan mobil mungil yang bernama Geely Panda yang saat itu dijual sangat murah, bahkan lebih murah dari mobil LCGC yakni Rp 95 Juta saja.

Selain Geely, ada juga produsen China lainnya yang juga merambah pasar otomotif Tanah Air. Yakni Chery dengan produknya Chery QQ dan Tiggo. Namun sayangnya, pada tahun 2011 Chery mengalami pelemahan dan hanya sanggup mengirim 185 unit saja ke Tanah Air. Meskipun sempat bangkit pada tahun 2012 dengan menjual 215 unit, namun setelah itu sudah tidak ada lagi data mengenai mobil ini yang terjual.

Sementara itu, Geely mulai masuk daftar Gaikindo pada tahun 2011 dengan angka penjualan 1022 unit, kemudian pada 2012 meningkat 1232 unit. namun akhirnya Geely harus terpuruk pada tahun 2014 dengan hanya menjual 4 unit mobil saja dalam satu tahun. Meskipun sempat mengalami titik terang pada 2015 dengan meningkatnya penjualan menjadi 135 unit, namun di tahun 2016 data penjualan Geely di Indonesia sudah tidak diketahui lagi.

Selain segmen mobil penumpang, china juga menjajah menggunakan segmen mobil komersial dengan merek FAW dan FOTON. Namun menurut dati Gaikindo penjualan mobil ini maksimal berada dikisaran angka 600 unit.

Di tahun 2017 ini, nampaknya produsen China belum berputus asa untuk menguasai pasar otomotif Tanah Air, hal tersebut terlihat dari datangnya satu merek china bernama Wuling. Wuling merupakan sebuah perusahaan raksasa China yang masuk dalam top 10 raksasa otomotif China. Nah, kira-kira akankah Wuling ini dapat bersaing dengan kuatnya serbuan merek-merek Jepang di Tanah Air?

Top