Gelar “Terlaris” di Dunia 2016 Bukan Lagi Milik Toyota

Toyota Tak Jadi yang Paling Laris di 2016 – Toyota sepertinya dengan berat hati harus melepaskan gelar merek mobil terlaris di dunia pada tahun 2016 yang lalu. Tentu ini menunjukkan penurunan prestasi yang cukup signifikan sebab produsen mobil asal Jepang tersebut sudah menggenggam gelar ini sejak tahun 2012. Lepasnya gelar tersebut dari tangan Toyota kemudian digantikan oleh Volkswagen.

toyota tak jadi yang paling laris di 2016

Toyota sendiri baru-baru ini memberikan informasi bahwa pihaknya mampu menjual sebanyak 10,2 juta unit kendaraan untuk pasar seluruh dunia pada tahun 2016. Meski begitu, catatan penjualan ini malah naik sekitar 0,2 persen dari hasil yang diraih pada tahun sebelumnya. Di sisi lain, sang pesaing berhasil mengunggulinya dengan perbedaan yang sedikit karena sanggup menjual sebanyak 10,3 juta unit pada tahun tersebut.

Peningkatan pencapaian yang kian menanjak dari produsen mobil yang berasal dari Jerman itu tentu tak bisa dilepaskan dari penjualannya yang tumbuh cukup signifikan terutama untuk pasar China, yang notabene menjadi pangsa pasar terbesar kedua setelah Eropa sendiri.

Sementara itu, General Motors yang pada tahun 2015 lalu berhasil menduduki posisi kedua justru malah belum melaporkan angka penjualan global yang didapatnya untuk sepanjang tahun 2016. Oleh sebab itu, hingga saat ini General Motors belum diketahui apakah masih menduduki peringkat ketiga atau malah sudah digeser oleh produsen otomotif lain dengan hasil penjualan yang lebih tinggi.

Berbeda dari Volkswagen, Toyota malah sangat bergantung dengan pasar yang ada di Jepang dan Amerika. Padahal kedua pasar tersebut kini pertumbuhannya sedang melambat. Pada tahun lalu saja, Toyota berhasil menjual sebanyak 2,2 juta kendaraan di pasar tersebut yang berarti bahwa perusahaan itu hanya mengalami kenaikan sebesar 2,8 persen yang kontribusi paling dominannya ada di segmen truk dan SUV.

Untuk sekarang, Toyota tengah gencar menarik minat para konsumen muda. Hal ini bisa dilihat dari Camry yang di make over dengan tampilan lebih segar berkat style baru yang lebih agresif. Camry dengan desain baru ini kabarnya akan menyapa publik pada gelaran Detroit Auto Show mendatang. Pabrikan Jepang ini pun sudah meluncurkan crossover anyar C-HR untuk pasar Amerika.

Top