Harga Honda PCX eSP, Review & Spesifikasi

Harga Honda PCX eSP dan Spesifikasi – Honda kembali berkontribusi dengan meluncurkan produk terbarunya yang bernama Honda PCX eSP. Motor matik garapan pabrik berlogo kepakan sayap tersebut merupakan varian terbaru dari jajaran keluarga Honda PCX. Meskipun masih mengusung kapasitas mesin 150cc namun motor matik terbaru garapan Honda ini bakal dihadirkan dengan tampilan yang lebih maskulin serta elegan. Tentu, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Honda PCX eSP dalam bersaing di pasar otomotif nasional. Selain itu, motor ini pun juga akan dibekali dengan teknologi mesin pacu yang lebih canggih untuk mendukung mesinnya yang berkapasitas 150cc tersebut. Sehingga, Honda PCX eSP garapan pabrik asal Jepang ini diklaim bakal mampu melaju dengan tenaga mesin handal namun tetap ramah lingkungan. Sayangnya, untuk dapat memboyong motor ini harus dibayar dengan banderol yang tak sedikit. Lantas, apa sih yang membuat Honda PCX eSP ini dibanderol dengan harga yang tinggi?

Honda PCX ESP

Honda PCX eSP

Memang spesifikasi yang dibawa Honda PCX eSP ini terbilang cukup handal di kelasnya. Pasalnya, seperti yang sudah dikatakan di atas, selain menampilkan desain yang lebih elegan dan menarik, motor matik terbaru ini bakal dihadirkan dengan teknologi mesin pacu handal. Salah satunya yaitu dengan disematkannya teknologi Enhanced Smart Power pada Honda PCX eSP yang memiliki cara kerja untuk menambah tingkat efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Sehingga berkat kedua teknologi ini maka selain membuat pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih irit, performa dapur pacu Honda PCX eSP ini pun akan lebih powerfull. Bahkan, dapat mengantarkan setiap pengguna untuk bisa dapatkan sensasi berkendara jauh lebih seru. Tentu saja dengan dihadirkannya teknologi tersebut maka akan banyak calon konsumen yang kepincut dengan motor matik yang satu ini. Untuk mengetahui detail spesifikasinya, kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas spesifikasi dan harga Honda PCX eSP yang tersaji pada beberapa segmen berikut. Yuk, kita simak bersama!

Motor Honda PCX ESP

Review Honda PCX Esp

Desain

Desain Elegan dan Dinamis dengan Tampilan yang Lebih Mempesona

Mengikuti tren di era modern seperti saat ini, spesifikasi Honda PCX Esp ini pun akan hadir dengan tampilan eksterior yang memukau dan cukup mempesona. Bukan hanya sekedar kata-kata saja, sobat Mas Sena pun bisa membuktikannya sendiri. Pasalnya, pada bodi bagian depan sudah dilengkapi dengan headlamp yang dibentuk dengan konsep meruncing ke atas layaknya huruf “V” sehingga membuat Honda PCX eSP ini tampak begitu gagah dan berwibawa. Bahkan, headlamp yang diusung motor matik besutan Honda ini pun sudah berteknologi LED yang siap memberikan penerangan maksimal ketika dikendarai di jalanan yang minim pencahayaan. Di sisi lain, pada bagian sampingnya pun tampak lekukan bodi yang terlihat begitu atletis. Tak hanya itu saja, pada bagian samping Honda PCX eSP ini terdapat pula deck bawah yang dibuat lebih luas yang bisa dijadikan sebagai pijakan kaki sehingga pengemudi pun bisa menata posisi kaki secara bebas dan sesuai keinginan ketika berkendara dan posisi riding pun menjadi nyaman. Kemudian, terdapat juga tangki bahan bakar lega dengan kapasitas daya tampung mencapai 8 liter yang diletakkan di dekat pijakan kaki sehingga pengemudi Honda PCX eSP ini tak perlu turun ketika akan mengisi bahan bakar. Lalu, sedikit bergeser ke belakang, terlihat bagian jok berbahan busa tebal yang dikombinasikan dengan kulit pilihan pun didesain menyatu antara jok pengemudi dan penumpangnya di mana dibentuk dengan konsep aerodinamis yang tampak meninggi dan meruncing ke belakang. Tak hanya itu saja, untuk menambahkan kesan sporty pada Honda PCX eSP ini, lini paling belakang motor ini diberikan tambahan behel yang dibentuk dengan mengikuti alur bodi. Tak ketinggalan juga Honda pun telah melengkapinya dengan stop lamp yang berukuran besar. Dengan demikian, spesifikasi Honda PCX eSP ini pun akan nampak gagah layaknya seperti moge.

Spesifikasi Honda PCX ESP

Speedometer

Instrument Indikator User Friendly dengan Kombinasi Panel Digital dan Analog yang Informatif

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kali ini Mas Sena akan mencoba menilik pada bagian panel indikator dari spesifikasi Honda PCX Esp. Sebagai generasi baru dari jajaran keluarga Honda PCX Series, motor matik terbaru garapan Honda ini akan dilengkapi dengan instrumen indikator yang didesain lebih modern. Bahkan, bisa dikatakan cukup menarik dan informatif. Pasalnya, jika melihat dari konsep desainnya saja sudah terlihat begitu modern dan elegan di mana panel indikator yang diusung Honda PCX eSP ini akan dihadirkan dengan kombinasi panel analog dan digital. Pada panel indikator tersebut, tampak sebuah panel analog di tengah dengan bentuk bulat yang akan memberikan info terkait kecepatan yang dihitung dalam Km/jam. Selain itu, pada sisi-sisinya pun dilengkapi juga beberapa lampu indikator. Pada sisi sebelah kanan tampak indikator lampu sein (kanan), indikator bahan bakar beserta jarak tempuh, dan kondisi oli dari Honda PCX eSP ini. Sementara itu, pada sisi sebelah kiri akan ditampilkan indikator lampu sein (kiri), dan lampu tembak. Memang, sistem digital hanya tampak pada indikator bahan bakarnya saja. Namun, yang jelas bahwa jika dilihat secara keseluruhan, tampaknya instrumen panel indikator dari spesifikasi Honda PCX eSP ini memang tampak lebih modern dan informatif sehingga mudah dipahami oleh pengemudi terkait kondisi motor yang sedang ditungganginya tersebut.

Spesifikasi Motor Honda PCX ESP

Dimensi

Motor Matik dengan Dimensi Kokoh dan Pas

separator

Selain memiliki tampilan eksterior yang elegan dan menarik, tak lupa juga bahwa spesifikasi Honda PCX eSP ini juga memiliki dimensi yang cukup besar dan kokoh yang tak berbeda jauh dengan dimensi dari seri sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan rangka jenis Underbone (tulang punggung) yang memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1.931 mm, lebar 737 mm, dan memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 1.315 mm serta tinggi keseluruhannya mencapai angka 1.103 mm. Maka, dengan ukuran dimensi Honda PCX eSP tersebut, dipastikan sudah sesuai dengan rata-rata postur tubuh orang Indonesia sehingga konsumen pun dapat mengendarainya secara mudah. Apalagi bobot tubuhnya yang hanya mencapai angka 131 kg yang tentunya akan menjadikannya semakin nyaman saat Honda PCX eSP ini di kendarai, baik itu di awal ataupun ketika sudah berada di jalanan. Tak hanya itu saja, untuk jarak tinggi motor dari tanah (ground clearance) juga masih memiliki ukuran yang sama dengan versi pendahulunya yakni sekitar 138 mm. Jadi bisa dipastikan untuk desain dan juga dimensi dari spesifikasi Honda PCX eSP ini memang tampak besar dan pas dengan postur tubuh orang Indonesia sehingga akan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Review Honda PCX ESP

Suspensi

Kaki-Kaki Kian Kuat dan Kokoh Berikan Kenyamanan dalam Berkendara

Tak hanya pada sektor dimensinya saja, spesifikasi Honda PCX eSP ini juga akan dibekali dengan sektor kaki-kaki handal dan mantap. Hal ini tentu tak lepas dari bobot dan dimensinya yang besar sehingga untuk mengimbanginya maka Honda pun akan membekali motor matik garapannya ini dengan kaki-kaki yang kokoh dan juga kuat. Salah satunya yaitu dengan disematkannya suspensi Teleskopik untuk bagian depan dari Honda PCX eSP dan suspensi jenis lengan ayun dan peredam kejut ganda pada bagian belakang. Kedua suspensi kokoh ini akan memberikan keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara mengingat kemampuannya dalam menahan setiap getaran atau goncangan ketika melewati medan jalan yang bergeronjal. Kemudian, untuk semakin memperkokoh sektor kaki-kakinya, Honda pun akan membekali Honda PCX eSP ini dengan velg berukuran 14 inci. Velg tersebut akan dibalut dengan ban berukuran 90/90 – 14 M/C 46P untuk bagian depan. Sedangkan untuk roda belakang akan terbalut ban yang berukuran 100/90 – 14 M/C 57P. Tentu, dengan kedua roda tersebut maka pengemudi pun akan semakin mudah dalam bermanuver di medan jalan. Kemudian, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan dari Honda PCX eSP ini maka Honda pun akan melengkapinya dengan rem cakram untuk bagian depan dan rem tromol untuk bagian belakangnya. Kedua rem yang di sematkan pada matik tersebut siap memberikan tingkat kualitas pengereman yang lumayan mumpuni. Menariknya, sistem pengereman yang disematkan pada spesifikasi Honda PCX eSP ini akan dilengkapi dengan teknologi Combi Brake System Hidrolis dengan 3 Piston Caliper.

Harga Motor Honda PCX ESP

Mesin

Performa Mesin Powerfull dengan Mengusung Buil in Cooled Engine eSP Berkapasitas 153cc

Hadir dengan teknologi yang lebih modern, kini spesifikasi Honda PCX eSP pada sektor dapur pacunya pun akan dilengkapi dengan teknologi yang mumpuni dan berkelas. Pasalnya, kali ini untuk menunjang performa motor ini, di dalam sektor mesin matik ini akan ditanamkan sebuah teknologi terbaru, yaitu Built in Cooled Engine eSP (Enhanced Smart Power ) yang didukung dengan teknologi PGM-FI dari Honda sehingga dipastikan akan menjadikan konsumsi bahan bakar Honda PCX eSP ini menjadi jauh lebih efisien, serta dapat mendongkrak power dari dalam dapur pacu menjadi jauh lebih powerfull. Dengan demikian maka akan mampu menghasilkan perbandingan kompresi sebesar 10.6 : 1 dengan diameter piston dan stroke 58,0 x 57,9 mm. Pastinya, keunggulan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari motor matic ini. Selain itu, sektor dapur pacu dari Honda PCX eSP ini pun juga akan dilengkapi dengan mesin tipe 4 langkah jenis SOHC dan memiliki kapasitas 153cc. Mesin ini pun akan mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 9,9 kW (13,5 PS) dengan putaran 8.500 rpm. Selain itu untuk torsi maksimum yang dihasilkan Honda PCX eSP pun juga dirasa cukup besar yakni sekitar 13,7 Nm (1,4 kg.fm) dengan putaran 5.500 rpm. Nah, tenaga handal yang dihasilkan dari mesin pacu tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi Otomatis berteknologi V-matic yang dipatikan akan membuat performa motor pada spesifikasi Honda PCX eSP ini makin gahar.

Fitur

Motor Matic Modern dengan Berbekal Fitur Canggih

Nah, kali ini saatnya Mas Sena untuk mengulas beberapa fitur yang disematkan untuk melengkapi ketangguhan spesifikasi Honda PCX eSP ini. Salah satunya yaitu pada sektor kelistrikan. Di mana pada fitur ini terdapat headlamp dengan lampu berteknologi LED dengan kapasitas tegangan 12V – 5,4W x 1 (Low) 9,6W x 1 (High). Selain itu terdapat juga fitur lampu senja yang dilengkapi dengan bola lampu yang berkapasitas 12V 5W x 2. Tak cukup sampai di situ saja, sebagai sumber api maka Honda PCX eSP ini pun akan menggunakan tipe busi NGX CPR7EA-9. Lalu untuk akinya sendiri mengenakan aki kering dengan kapasitas 12V-5Ah dengan jenis aki MF. Tak hanya itu saja, pada teknologi mesin dari motor Honda PCX eSP ini pun akan dilengkapi dengan perpaduan antara teknologi eSP dan PGM-FI yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit tanpa mengurangi produksi tenaganya sehingga akan menjadi salah satu motor matik yang ramah lingkungan. Nah, dengan bekalan spesifikasi Honda PCX eSP yang begitu istimewa tersebut, kira-kira apakah sobat siap untuk memboyongnya ke garasi?

Spesifikasi Honda PCX ESP

Mesin
Tipe 4-Langkah, SOHC, eSP
Diameter x Langkah 58,0 x 57,9 mm
Kapasitas 153 cc
Rasio Kompresi 10,6:1
Tenaga Maksimum 9,9 kW (13,5 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,7 NLm (1,4 kgfm) / 5.500 rpm
Transmisi Otomatis, V-matic
Busi NGX CPR7EA-9
Sistem Starter Elektrik dengan sistem AGC Starter
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.931 x 737 x 1.103 mm
Jarak Sumbu 1.315 mm
Berat 131 kg
Jarak Terendah  138 mm
Kaki-kaki
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Rangka Tulang punggung
Ukuran Ban Depan 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 14 M/C 57P (tanpa ban dalam)
Sistem Pengereman Combi Brake System Hidrolis dengan 3 Piston Caliper

Harga Honda PCX eSP

Setelah puas mengulas mengenai spesifikasinya di beberapa segmen diatas, pada sesi ini Mas Sena akan mengulas harga Honda PCX eSP terbaru. Tetapi sebelum Mas Sena membeberkan angka yang akan di sematkan pada motor matik ini kepada kawan-kawan semua, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan terkait spesifkikasi motor matik premium garapan Honda ini. Jka kita melihat secara keseluruhan Honda PCX eSP ini memang sangat tangguh dan handal untuk dikendarai, bahkan untuk perjalanan jarak jauh atau touring sekalipun. Pasalnya, motor skutik ini memiliki dimensi yang besar dengan handling yang nyaman sehingga tidak cepat membuat lelah pengendara. Untuk mesinnya sendiri, dengan harga Honda PCX eSP yang di pastikan lumayan tinggi, matik ini akan dibekali komponen mesin yang sangat tangguh karena menggunakan mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi eSP dan PGM-FI sehingga membuat motor matik besutan Honda ini terasa sangat responsif, irit bahan bakar dan pastinya ramah lingkungan. Lalu, dengan segala kelebihan, keunggulan, dan keistemewaan yang dibawanya tersebut, berapakah harga Honda PCX eSP terbaru di Indonesia saat ini?

Harga Honda PCX ESP

Harga Honda PCX ESP Terbaru

Seperti dengan apa yang sudah Mas Sena katakan di awal tadi, harga Honda PCX eSP ini memang diketahui akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Pasalnya, motor matik ini memang dihadirkan untuk menyasar pada segmen pasar kelas menengah atas dengan beragam fitur canggih dan berteknologi tinggi. Nah, terkait dengan banderol, harga Honda PCX eSP ini di ketahui di patok AHM senilai Rp 40.050.000,-. Tentu, harga tersebut cukup terbilang mahal untuk motor matik sekelas 150 cc. Tetapi kembali lagi untuk tujuannya yang memang dihadirkan eksklusif bagi para penggemar Touring, maka sangat wajar harga tersebut. Selain itu, Honda PCX eSP ini juga akan dihadirkan dengan 3 varian warna yang bisa dipilih, antara lain Exclusive Poseidon Blue, Masterpiece Matte Black, dan Glamour White. Diketahui beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Honda tersebut tidak akan mempengaruhi fluktuasi harga Honda PCX eSP ini.

Harga Honda PCX eSP
Rp 40.050.000,- (OTR Jakarta)


Catatan : 

  • Harga Honda PCX eSPR diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga motor Honda PCX eSP

Jika melihat harga Honda PCX eSP di atas, memang dirasa cukup mahal. Namun, tampaknya harganya yang mahal tersebut akan terbayarkan dengan spesifikasi mumpuni dan canggih yang dibawanya. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa harga Honda PCX eSP di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja. Sehingga, harga sewaktu-waktu bisa berubah dan cenderung sedikit lebih mahal jika sobat membeli Honda PCX eSP ini di luar daerah OTR tersebut. Nah, bagaimana kawan? Tertarik dengan motor matik premium garapan Honda ini? Semoga ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda PCX eSP ini bisa menjadi tambahan info yang bermanfaat bagi sobat Mas Sena semua. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Yamaha NMAX dan Honda PCX 150.

Top