Wuling Ciptakan Rekor Penjualan di 2016

Penjualan Meningkat, Wuling Capai Rekor Penjualan Mobil – Rekor penjualan baru untuk tahun 2016 ternyata baru saja dibuat oleh SAIC-General Motors Wuling (SGMW) di negera asalnya, China. Penjualan kendaraan yang di diperoleh SGMW pada tahun lalu diketahui mampu menembus angka 2,13 juta unit. Perolehan ini tentu meningkat jika dibandingkan dengan hasil penjualan pada tahun 2015 yang hanya sebesar 2,04 juta unit.

penjualan meningkat, wuling capai rekor penjualan mobil

Dua cabang usaha dari perusahaan SGMW, yakni Wuling dan Baojun adalah pihak-pihak yang memiliki peran vital dalam pencapaian luar biasa pada tahun lalu. Wuling sendiri memberikan sumbangan penjualan sebesar 1.369.618 unit, sedangkan rekannya Baojun berhasil menjual sebanyak 760.559 dengan peningkatan 51,2 persen dibandingkan dengan catatan penjualannya pada tahun 2015.

Sumbangan penjualan terbesar bagi SGMW ternyata diperoleh dari Wuling Hongguang. Pasalnya, mobil yang didesain untuk menjadi salah satu pengisi di segmen mobil multiguna ini mampu memperoleh hasil penjualan sebanyak 650.018 unit pada tahun 2016 yang lalu. MPV asal China ini juga menurut rencana bakal segera diboyong untuk ikut meramaikan pasar mobil di tanah air.

Produsen otomotif asal China ini juga diketahui telah mengekspansi pasarnya hingga ke Indonesia dengan jumlah investasi hingga mencapai 700 juta dolar Amerika atau dalam rupiah setara dengan Rp 9,3 triliun. Pabrik mobil asal China ini memilih lokasi di GIIC Cikarang dengan luas lahan 60 hektar dan kabarnya akan memulai operasi pada tahun ini.

SGMW sendiri diketahui sudah didirikan sejak 15 tahun yang lalu, tepatnya  pada tahun 2002 oleh tiga pemilik saham SAIC Motors Corporation Limited, General Motors, dan Guangxi Automobile Group. Pabrikan otomotif ini juga disebut-sebut menjadi perusahaan otomotif pertama yang meraih hasil produksi hingga lebih dari 2 juta unit untuk setiap tahunnya di negara asalnya.

Jika SGMW atau Wuling mampu menciptakan kesuksesan penjualan yang luar biasa di rumahnya sendiri, sebaiknya kita nantikan saja bagaimana eksistensi dari perusahaan ini di pasar otomotif tanah air. Mampukah Wuling bertahan di tengah persaingan pasar yang makin hari justru makin sengit, terutama dengan gempuran merek Jepang yang saat ini mendominasi pasar mobil Indonesia.

Top