Harga Volvo S90, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Volvo S90 dan Spesifikasi – Melalui Garasindo sebagai distributor resminya, Volvo kembali berkiprah di pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan sedan terbarunya, yaitu Volvo S90. Sedan mewah yang resmi diperkenalkan di North American International Auto Show (NAIAS) yang bertempat di Detroit, USA ini bakal hadir dan menjadi pesaing berat bagi beberapa sedan premium di segmen yang sama, seperti Mercedes Bens E Class, BMW Seri 5, dan Audi A6. Selain itu, kehadiran Volvo S90 yang diklaim merupakan generasi penerus dari pendahulunya, sedan ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan konsumen kelas atas. Sehingga, tak mengherankan jika nantinya jika di rilis Volvo S90 ini bakal menjadi sedan yang banyak dicari oleh para konsumen di Indonesia meskipun harganya mahal sekalipun. Pasalnya, sedan premium asal Swedia ini akan membawa spesifikasi mumpuni dan sejumlah fitur yang canggih dan modern. Bahkan, tampilan desain fisiknya pun akan memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan lain yang dimiliki Volvo S90 ini. Semakin penasaran kan?

Volvo S90

Volvo S90

Berbicara mengenai spesifikasi Volvo S90, sedan besutan pabrik asal Swedia ini dibangun di atas rancangan konsep terbaru yang lebih menarik dan mewah. Sehingga mobil sedan ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari beberapa generasi pendahulunya. Di sisi lain, konsep terbaru yang memang dicanangkan oleh pihak Volvo tersebut pun bisa dilihat dari desain fisiknya di mana Volvo S90 ini tampak begitu elegan dan mewah jika dilihat dari berbagai sisi. Selain itu, interiornya pun juga dirasa cukup elegan dengan beragam fitur yang turut disematkan di dalamnya. Nah, untuk sektor dapur pacunya sendiri, sedan ini akan dibekali dengan mesin yang gahar dan bertenaga. Pastinya, Volvo S90 ini akan mampu melaju dengan tenaga gahar dan kecepatan yang begitu tinggi. Di sisi lain, Volvo pun juga akan membekali sedan garapannya ini dengan berbagai macam fitur pendukung untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Lalu, apa saja ya keunggulan dari sedan ini? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Volvo S90 pada beberapa segmen di bawah ini!

Mobil Volvo S90

Review Volvo S90

Eksterior

Sedan Premium dengan Desain Mewah dan Elegan

Advertisement

Memulai pembahasan, terlebih dahulu Mas Sena akan mengulas pada sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Volvo S90. Seperti pada penjelasan yang sudah Mas Sena utarakan di atas, sedan ini memang akan dihadirkan dengan desain yang menarik dan mewah. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk dan desain bodi yang dibawanya. Dimulai dari bagian depan, Volvo telah membekali headlamp berteknologi LED DRL dengan konsep desain yang tampak sipit dan tajam. Sehingga, kegagahan dan kewibawaan Volvo S90 ini pun semakin terlihat jelas. Lalu, grille pada bagian juga didesain dengan rancangan khas Volvo premium yang semakin memperkuat identitasnya sebagai sedan kelas atas. Kemudian menginjak pada sektor sampingnya, terdapat guratan halus dan side skirts yang begitu tampak smooth namun tegas membuat tampilannya semakin kian memukau dan menarik. Bahkan, tampak juga handle door terbaru yang membuat Volvo S90 ini menjadi lebih berkesan modern. Tak hanya itu saja, pada bagian belakangnya pun juga tak kalah mewah. Namun, sedikit berbeda pada beberapa bagian bodi yang lain, di mana pada bagian belakangnya ini, tampak dirancang sedikit lebih kaku dengan desain stop lamp berbentuk layaknya huruf “B” yang membuat Volvo S90 semakin tampak begitu mewah dan futuristik. Bahkan, tampak juga bumper baru dan knalpot yang berbentuk trapezium pun tampak begitu senada yang semakin memberi kesan menarik. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan, spesifikasi Volvo S90 ini memiliki desain yang begitu mewah dan elegan sehingga akan mampu membuat setiap konsumennya pun kepincut pada sedan premium yang satu ini.

Spesifikasi Volvo S90

Interior

Sektor Interior Tampilkan Ruang Kabin Luas dengan Usung Konsep Scandinavian Design

Setelah kita meraba pada bagian tampilan fisiknya, kini saatnya kita akan memasuki ruang interior dari spesifikasi Volvo S90. Tampaknya, tak hanya pada sektor fisiknya saja, melainkan pada ruang interiornya pun tersaji ruang kabin yang luas dengan tampilan interior yang begitu mewah dan elegan. Hal ini tercermin pada penggunaan bahan lapis kulit dan kombinasi panel kayu pada dashboard, konsol tengah, serta door trim. Bahkan, beberapa panel entertainment yang begitu lengkap dan saling terintegrasi juga terpasang pada dashboard Volvo S90 tersebut. Seperti dengan disematkannya layar sentuh Sensus Connect Touchscreen System yang begitu mendominasi pada bagian tengah dashboardnya. Luasnya layar tersebut tentu mengurangi panel atau tombol navigasi yang digantikan pada mode touchscreen. Sehingga, tampilan dashboard pun tampak begitu bersih dan terkesan sangat futuristik. Di samping itu, untuk mendukung sistem audio Volvo S90 dan memberikan kenyamanan ketika berkendara maka Volvo pun juga membekali sedan ini dengan 10 speaker Crystal Sound Bower & Wikins dan Satelitte Radio yang akan memberikan suara yang lebih mantap ketika sedang memutar musik kesukaan. Tak sampai di situ saja, pada setir kemudi pun juga sudah dilengkapi dengan berbagai tombol navigasi yang sudah terintegrasi dengan sistem navigasi pada fitur di dashboard Volvo S90 tersebut. Sehingga, pengemudi pun bisa mengontrol sistem navigasi tanpa mengganggu pandangan di depan pada saat mengendarai sedan ini. Lalu, jok empuk berbahan kulit dari Nappa Leather juga turut melengkapi kemewahan dari spesifikasi Volvo S90 ini, yang akan membuat penggunanya pun merasa semakin betah berlama-lama di dalam mobil.

Spesifikasi Mobil Volvo S90

Dimensi

Mobil Sedan dengan Dimensi Pas dan Kaki-Kaki yang Kokoh Sanggup Tampung 5 Penumpang

Beralih pada segmen berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas dimensi yang diusung spesifikasi Volvo S90. Jika kita melihat sisi interiornya yang memiliki ruang kabin luas, tentu hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensi dari sedan ini. Sebab, sedan mewah garapan Volvo ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4963 mm, lebarnya 2019 mm dan tingginya mencapai 1442 mm serta memiliki jarak sumbu roda sepanjang 2941 mm Tentu, dengan ukuran dimensi tersebut maka sangat wajar jika ruang kabin Volvo S90 ini terasa luas. Bahkan, dengan dimensinya yang cukup longgar tersebut maka penumpang maupun pengemudinya pun akan memiliki ruang gerak yang lebih lega. Sementara itu, untuk menunjang bobotnya yang mencapai 1915 Kg pada seri tertingginya, maka Volvo pun juga membekali sedan besutannya ini dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Di mana, akan dibenamkan suspensi tipe Double Wishbone pada sisi depan Volvo S90, dan suspensi belakang akan mengandalkan tipe Multi Link. Keduanya sama-sama akan mampu meredam atau mengurangi goncangan ketika melewati jalan berlubang sehingga penumpang yang berada di dalamnya pun tetap merasa nyaman. Sementara itu untuk bagian rodanya akan di bekali ukuran yang berbeda pad setiap variannya. Seperti pada varian Volvo S90 T5 momentum dan T6 momentum, akan dibekali dengan ban berukuran P245/45VR18 pada sisi depan dan belakangnya. Sementara untuk varian T5 inscription dan T6 inscription akan menggunakan ban P255/40VR19 pada sisi depan dan belakang. Dengan demikian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Volvo S90 pada bagian dimensi ini memang terbilang sudah cukup pas disertai dengan kaki-kaki yang kokoh.

Review Volvo S90

Mesin

Dibekali Mesin Turbocharged 4 Silinder Hasilkan Performa Tangguh

Menginjak pada pembahasan kali ini, kita akan mengulik pada bagian mesin dari spesifikasi Volvo S90. Pada sektor dapur pacu ini, akan terbagi menjadi 2 varian mesin yang didasarkan atas tipenya. Untuk tipe T5 akan mengusung mesin In-Line 4 silinder berteknologi Turbocharged yang akan mampu menghasilkan tenaga maksimal 250 Hp setiap putaran 5.500 rpm dan mampu mencapai puncak torsi mencapai 258 lb-ft per 1.500 rpm – 4.800 rpm. Nah, sementara untuk Volvo S90 T6 akan mengandalkan mesin 4 silinder In-Line Berteknologi Turbocharged dan Supercharged. Dengan mesin tersebut, tipe T6 ini akan mampu menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar yaitu 316 Hp per 5.700 rpm  dan torsi 295 lb-ft setiap putaran 2.200 rpm – 5.400 rpm. Tenaga dari kedua varian mesin dari Volvo S90 tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi 8 percepatan otomatis tipe Gear Tonic. Selain itu, untuk kapasitas tangki bahan bakarnya, sedan ini juga memiliki 2 varian, yaitu untuk tipe T5 memiliki kapasitas 54 liter dan untuk T6 memiliki kapasitas 60 liter. Tentu, dengan kapasitas yang besar tersebut mampu menampung bahan bakar lebih banyak yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk menempuh perjalanan jauh. Dengan demikian, sektor dapur pacu dari spesifikasi Volvo S90 ini memang terbilang sangat gahar dan bertenaga di kelas sedan premium.

Harga Mobil Volvo S90

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Menginjak pada segmen selanjutnya, Mas Sena akan mengulas beberapa fitur canggih yang disematkan pada spesifikasi Volvo S90 ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Volvo telah melengkapi sistem pengereman dengan teknologi ABS System. Dengan disematkannya teknologi tersebut maka pengemudi pun akan lebih mudah dalam mengontrol laju kecepatan dari mobil sedan mewah ini. Bahkan, ketika dilakukan pengereman mendadak sekalipun. Kemudian, untuk memberikan keamanan penumpangnya maka Volvo pun juga telah membekali Volvo S90 ini dengan SRS Airbag yang akan mampu melindungi penumpang atau pengemudi ketika terjadi kecelakaan. Selain itu, pada dashboard pun akan dilengkapi dengan layar sentuh canggih yang kaya akan fitur navigasi. Bahkan, untuk menunjang hiburan pun, Volvo S90 ini akan dilengkapi dengan Audio System lengkap dengan speaker yang siap memberikan getaran suara mantap. Maka, tak heran jika penumpangnya pun akan betah berlama-lama di dalam kabin mobil. Lantas, dengan fitur-fitur canggih yang disematkan pada spesifikasi Volvo S90 tersebut, berapa ya banderol yang cocok untuk memboyongnya?

Video Volvo S90

Berikut ini adalah official video Volvo S90 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Volvo  ini:

Spesifikasi Volvo S90

Model T5 T6
Momentum Inscription Momentum Inscription
Mesin
Tipe In-line 4-Cylinder Turbocharged Engine In-line 4-Cylinder Turbocharged & Supercharged Engine
Drivetrain Front Wheel Drive All-Wheel-Drive
Tenaga Maksimal 250 hp / 5500 rpm 316 hp / 5700 rpm
Torsi Maksimal 258 lb-ft / 1500 – 4800 rpm 295 lb-ft / 2200 – 5400 rpm
Transmisi 8-speed Geartronic™ Automatic Transmission
Kapasitas Tangki 54 L 60 L
Dimensi
Panjang 4963 mm
Lebar 2019 mm
Tinggi 1442 mm
Berat 1819 Kg 1915 Kg
Kapasitas Penumpang 5 Penumpang
Jarak Sumbu Roda 2941 mm
Kaki-kaki
Suspensi Depan Double Wishbone
Suspensi Belakang Multi-Link
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Ban Depan P245/45VR18 P255/40VR19 P245/45VR18 P255/40VR19
Ban Belakang P245/45VR18 P255/40VR19 P245/45VR18 P255/40VR19
Fitur
Keamanan • Dstc/RSC Electronic Stability Control (ESC) And Roll Stability.
• ABS And Driveline Traction Control
• Side Impact Beams
• Dual Stage Driver And Passenger Seat-Mounted Side Airbags
• Emergency S.O.S
• Rear Parking Sensors
• City Safety Forward Collision
• Lane Keeping Assist
• Lane Departure Warning
• Low Tire Pressure Warning
• Dual Stage Driver And Passenger Front Airbags
• Curtain 1st And 2nd Row Airbags
• Airbag Occupancy Sensor
• Driver Knee Airbag
• Power Rear Child Safety Locks
• Outboard Front Lap And Shoulder Safety Belts -inc: Rear Center 3…
• Back-Up Camera
Kenyamanan • Comfort front seats
• Power operated driver seat with memory function for seat and side mirrors
• Power operated passenger seat
• Front seat ventilation
• Power side bolsters
• Power-operated multi-directional lumbar support
• Front seat ventilation and massage
• Power seat cushion extensions
• Rear centre armrest with cupholders

Harga Volvo S90

Setelah puas mengulas spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk berbagi informasi mengenai harga Volvo S90. Akan tetapi, sebelum kita jauh mengulas banderolnya, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan atau gambaran umum secara ringkas mengenai spesifikasi dari sedan garapan Volvo ini, mengingat harganya tentu akan di tentukan dengan spesifikasi yang dibawanya. Volvo S90 memang dihadirkan untuk meramaikan pasar otomotif di segmen sedan mewah. Berbekal desain elegan dan mewah, tak heran jika Volvo ini nantinya bakal dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Ditambah pula pada sisi interiornya yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang siap memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Belum lagi pada sektor mesin di mana dengan harga Volvo S90 yang mahal, sedan ini akan mengandalkan tipe mesin Turbocharged yang siap memberikan letupan tenaga gahar. Tak sampai di situ saja, sedan mewah ini pun juga akan semakin lengkap dengan beberapa fitur modern yang siap menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Dengan spesifikasi yang begitu tangguh tersebut, lantas kira-kira berapa ya harga Volvo S90 ini?

Harga Volvo S90

Harga Volvo S90 Terbaru

Dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, tentu untuk harga Volvo S90 ini bisa dikatakan tak akan dibanderol dengan angka yang murah meriah. Harga tersebut didasarkan atas informasi yang telah Mas Sena kutip dari situs resmi Volvo USA di mana harga Volvo S90 ini di Negeri Paman Sam tersebut dibagi menjadi 4 varian. Untuk T5 Momentum dibanderol $46.950 (Rp 627 jutaan), T5 Inscription dibanderol $49.650 (Rp 663 juta). Sedangkan untuk tipe T6 Momentum dipatok $52.950 (Rp 707 juta) dan untuk Volvo S90 tipe T6 Inscription $55.450 (Rp 740 juta). Tentu, dengan banderol yang hampir mendekati 1 Milyar tersebut membuat sedan ini menjadi mobil premium. Di sisi lain, perbedaan harga Volvo S90 di atas didasarkan atas bakalan dapur pacu yang berbeda di mana bisa dipilih sesuai kebutuhan atau pun selera konsumen.

Harga Volvo S90
Tipe Harga
Volvo S90 T5 momentum Rp 627.000.000,-
Volvo S90 T5 Inscription Rp 663.000.000,-
Volvo S90T6 momentum Rp 707.000.000,-
Volvo S90 T6 Inscription Rp 740.000.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Volvo S90 diatas merupakan harga jual di USA
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Volvo S90
Advertisement

Masih terkait harga Volvo S90, banderol di atas merupakan harga jualnya di USA. Pasalnya, sedan ini masih belum resmi masuk ke Indonesia, dan baru kabar saja. sehingga kemungkinan harga untuk memboyong sedan mewah garapan Volvo ini di Tanah Air nantinya tak akan jauh berbeda dengan banderol harga Volvo S90 yang diinformasikan di atas. Di sisi lain, dengan harga yang terbilang tinggi tersebut maka hanya akan ada beberapa kalangan berduit saja yang memboyong sedan mewah garapan Volvo ini. Meskipun memang harga yang mahal tersebut tak akan membuat konsumennya kecewa dengan spesifikasi yang di bawa oleh Volvo S90 tersebut. Namun, dengan kehadirannya di Indonesia nantinya sedan mewah ini pun harus bersaing dengan sedan-sedan mewah garapan vendor lainnya khususnya vedor asal Negeri Matahari terbut yang merajai pasar Tanah Air. Nah, demikian lah ulasan dari Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Volvo S90. Baca juga Jaguar XF 2 Black Jack dan Honda Accord .

Top