Harga Yamaha FZ25, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Yamaha FZ25 dan Spesifikasi – Untuk melengkapi jajaran produknya, Yamaha kembali meluncurkan produk terbarunya yang bernama Yamaha FZ25. Motor besutan pabrik asal Jepang yang mengusung konsep streetfighter ini resmi diperkenalkan dan diluncurkan perdana di India pada 24 Januari 2017 lalu dengan berbekal mesin 250cc. Menariknya, Yamaha FZ25 ini pun disebut-sebut juga sebagai pengganti atau penerus dari Yamaha Scorpio Z mengingat produsen berlogo garpu tala ini mengusung kedua motor terbarunya ini dengan desain yang tak jauh berbeda. Di sisi lain, meskipun motor street fighter garapan produsen asal Negeri Sakura ini baru dikeluarkan dan dipasarkan di India, tapi berita yang beredar mengatakan bahwa Yamaha FZ25 ini juga akan dipasarkan di beberapa negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Bahkan, disebutkan juga bahwa harga yang akan di banderolkan pada motor ini akan di patok pada angka yang tak terlalu tinggi. Tentu saja, tak mengherankan jika Yamaha FZ25 ini nantinya resmi meluncur di Indonesia maka akan menjadi salah satu naked bike yang diburu oleh para konsumen di Tanah Air. Semakin menarik bukan?

Yamaha FZ25

Yamaha FZ25

Lantas, selain harganya yang kompetitif, spesifikasi yang dibawa Yamaha FZ25 ini pun juga bisa dibilang cukup mumpuni di kelasnya. Pasalnya, selain dibekali dengan mesin yang berkapasitas 250cc, motor naked bike ini pun juga akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan yang tak kalah canggih dengan naked bike kelas premium. Tak hanya itu saja, dari sisi desain eksteriornya, Yamaha FZ25 ini juga tampak begitu sporty dan gagah karena pada setiap sisi bodinya terdapat beberapa lekukan tajam dan tegas yang terlihat begitu modern dan futuristik. Maka, dengan spesifikasi yang cukup handal namun dibanderol dengan harga yang terjangkau tersebut, Yamaha FZ25 pun bakal menjadi produk naked bike yang siap meramaikan pasar otomotif di segmen kelas pemula. Di samping itu, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki naked bike besutan Yamaha ini. Mau tahu apa saja sih kelebihan dari motor terbaru asal Jepang ini? Yuk, kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha FZ25 yang akan disampaikan Mas Sena pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha FZ25

Review Yamaha FZ25

Desain

Naked Bike dengan Desain Sporty dan Modern Tampilkan Kesan Gagah

Di awal pembahasan ini, pertama kita akan berkenalan dulu dengan mengawali ulasan pada sektor eksterior dari spesifikasi Yamaha FZ25. Perlu diketahui bahwa motor ini memang dihadirkan dengan mengusung konsep motor naked bike atau street fighter yang tampak kekar dan bongsor. Dimulai dari depan, Yamaha telah memasang head lamp LED yang dibentuk dengan desain sporty menyerupai huruf “V”. Sehingga, selain bakal memberikan penerangan yang maksimal, tampilan dari Yamaha FZ25 ini pun juga akan semakin terlihat begitu berwibawa. Lalu, pada bagian samping terlihat tangki bahan bakar yang tampak besar yang mampu menampung bahan bakar hingga 14 Liter dengan garis atau lekukan tegas menjadikan tampilannya semakin berotot dan sangar. Kemudian, di bawahnya juga bisa kita lihat susunan mesin dari Yamaha FZ25 yang tertata begitu rapi sehingga semakin memperkuat kesan sporty-nya. Kemudian, sedikit bergeser ke tengah, motor ini tampak menggunakan jok berbusa tebal dan empuk yang dikonsep dengan bentuk bertingkat dan meninggi ke belakang sehingga selain memberikan kesan sporty, dengan desain jok tersebut maka akan membuat si penumpang atau pun pengemudi dari Yamaha FZ25 merasa lebih nyaman. Tak sampai di situ saja, menginjak pada sektor bodi belakang motor ini pun tampak terpasang stop lamp LED dan knalpot bertipe midship yang akan mengeluarkan suara menggelegar ketika digeber pada rpm rendah ataupun rpm tinggi. Jadi dapat dipastikan dengan spesifikasi Yamaha FZ25 pada sektor desain yang cukup mumpuni ini, akan membuat penggunanya semakin percaya diri.

Spesifikasi Yamaha FZ25

Speedometer

Instrumen Indikator Modern dengan Mengusung Panel Full Digital yang Informatif

Beralih pada pembahasan berikutnya, kita akan mencoba untuk mengulas pada salah satu fitur yang diusungnya, yaitu pada sektor panel indikator dari spesifikasi Yamaha FZ25. Tampaknya, selain memiliki tampilan yang tampak sporty dan elegan, Yamaha pun juga membekali motor naked garapannya ini dengan panel indikator full digital yang begitu menarik. Pasalnya, pabrik berlogo garpu tala ini mengandalkan instrumen full digital dengan tampilan layar LCD di bagian dashboard depan dari Yamaha FZ25 dengan menampilkan beberapa informasi yang begitu akurat dan cukup lengkap. Beberapa informasi tersebut terkait dengan speedometer, tachometer, odometer, tripmeter, jam digital, dan indikator bahan bahan bakar serta lampu tembak, dan indikator lampu sein. Seluruh panel yang ditampilkan pada instrumen indikator Yamaha FZ250 tersebut memang tampak begitu jelas. Sehingga, pengemudinya pun akan semakin lebih mudah dalam memahami kondisi motor yang sedang dikendarainya. Nah berdasarkan beberapa hal diatas, bisa dikatakan bahwa panel indikator pada spesifikasi Yamaha FZ25 ini memang dihadirkan dengan desain modern dan futuristik serta mampu menampilkan informasi dengan tingkat keakuratan tinggi dan mudah dipahami.

Spesifikasi Motor Yamaha FZ25

Dimensi

Mengusung Rangka Deltabox Diamond dengan Ukuran Dimensi Bongsor

separator

Menginjak pada segmen selanjutnya, kali ini kita akan mulai untuk mengulas pada sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha FZ25. Sebagai salah satu motor street fighter tentu Yamaha telah membekali motor garapannya tersebut dengan rangka kokoh dan dimensi yang pas. Terkait rangka, Yamaha sendiri diketahui akan membekali motor naked besutannya ini dengan jenis rangka Deltabox Diamond yang selama ini menjadi andalan Yamaha Vixion Advance dan telah dipakai oleh All New R15. Rangka yang akan membangun Yamaha FZ25 ini memang dikenal kuat dan kokoh namun tetap ringan. Lalu, untuk ukuran dimensinya sendiri, motor ini memiliki panjang 2.015 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.075 mm serta memiliki jarak sumbu roda 1.360 mm. Kemudian untuk bobotnya sendiri pun memiliki bobot hingga 182 kg. Tentu saja dipastikan bahwa dengan dimensi tersebut maka tak heran jika bentuk bodi dari Yamaha FZ25 ini pun tampak besar dan bongsor. Lalu, untuk tinggi tempat duduk atau jok berukuran 795 mm. Dengan ketinggian jok tersebut maka cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia sehingga akan mempermudah setiap pengemudinya dalam mengendalikan motor ini tanpa jinjit, terutama ketika berhenti di jalan atau di lampu merah. Kemudian, untuk ground clearance, spesifikasi Yamaha FZ25 ini memiliki ukuran setinggi 160 mm yang dinilai sudah cukup standar untuk menghindari adanya gesekan bagian bawah motor ketika jalanan penuh bebatuan atau pun polisi tidur.

Review Yamaha FZ25

Suspensi

Dibekali Sektor Kaki-Kaki yang Kokoh Beserta Pengereman yang Mumpuni

Guna menyokong dimensinya tersebut maka spesifikasi Yamaha FZ25 ini pun akan dibekali dengan sektor kaki-kaki yang gagah dan kuat. Pasalnya, Yamaha sendiri akan mengandalkan dua suspensi kuat dan berkualitas, yaitu tipe Telescopic Forks pada bagian depan dan suspensi belakang akan menggunakan suspensi bertipe Swingarm. Kedua suspensi tersebut diklaim mampu memberikan daya redam yang cukup tangguh pada Yamaha FZ25 sehingga akan membuat setiap pengemudi maupun penumpangnya pun semakin merasa nyaman. Tak sampai di situ saja, untuk menjaga keseimbangan dan mendukung kaki-kakinya maka motor ini akan dibekali dengan velg berukuran 17 inci yang nantinya akan terbalut ban berukuran 140/70-17M/C 66S pada bagian depan dan ban berukuran 100/80-17M/C 52P pada ban bagian belakang. Dengan demikian, Yamaha FZ25 ini pun akan mudah untuk diajak bermanuver di medan jalan. Kemudian, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha pun akan membekali motor garapannya ini dengan pengereman cakram tunggal berdiameter 282 mm pada bagian depan. Sementara itu, untuk cakram bagian belakang Yamaha FZ25 tersebut memiliki diameter 220 mm. Sehingga, dengan rem tersebut maka akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari motor ini. Apalagi, sistem pengereman yang disematkan pada spesifikasi Yamaha FZ25 ini akan mengandalkan teknologi ABS yang sudah barang tentu akan memberikan kualitas pengereman yang begitu handal.

Harga Motor Yamaha FZ25

Mesin

Performa Handal dengan Mesin SOHC Berkapasitas 249cc

Dibalik desainnya yang begitu sporty dengan dimensinya yang tampak gagah dan bongsor, spesifikasi Yamaha FZ25 ini pun juga dibekali dengan sektor dapur pacu yang terbilang cukup mumpuni. Bukan tanpa alasan, sebab pihak Yamaha pun akan membenamkan tipe mesin DOHC 4 langkah dengan 2 katup yang memiliki kapasitas mesin hingga 249cc dan berpendingin cair. Tentu, dengan dibenamkannya beberapa komponen mesin tersebut pada dapur pacunya maka tak perlu dipertanyakan lagi kemampuan Yamaha FZ25 ini. Pasalnya, dari tenaganya sendiri, emsin tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenga powerfull sebesar 20.65 Hp per putaran 8000 rpm dan maksimum puncak torsi 20 Nm per 6000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi manual dengan 5 percepatan. Di sisi lain, mesin yang diusung Yamaha FZ25 ini pun akan dilengkapi pula dengan sistem pembakaran Fuel Injection berteknologi Blue Core yang akan mampu menekan konsumsi bahan bakar sehingga meski bertenaga besar, motor naked besutan Yamaha ini pun tetap akan efisien dan irit bahan bakar dengan perbandingan kompresi 9.8:1. Tentu, sektor permesinan pada spesifikasi Yamaha FZ25 ini bakal menjadi salah satu sektor yang diandalkan dan mampu memikat para konsumen.

Fitur

Berbekal Fitur Canggih Tunjang Kenyamanan dan Keamanan dalam Berkendara

Selain dibekali komponen mesin pacu yang handal, spesifikasi Yamaha FZ25 ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih. Hal itu bisa dilihat dari penyematan beberapa fitur pendukung, sebagai contoh seperti penerapan fitur pengereman berteknologi ABS yang dipastikan akan memberikan kualitas pengereman yang lebih sempurna dan mampu mencegah ban anti selip. Tentu, dengan dibenamkannya teknologi pengereman ABS pada Yamaha FZ25 ini maka akan mampu menarik para calo konsumen untuk memboyongnya. Selain itu, Yamaha pun juga telah membekali motor naked garapannya ini dengan panel indikator full digital yang begitu informatif dan mudah dipahami oleh pengemudinya terkait kondisi Yamaha FZ25 yang sedang ditungganginya tersebut. Tak sampai di situ saja, spesifikasi dari motor street fighter ini pun akan dibekali dengan teknologi Blue Core pada sektor permesinannya sehingga akan membuat motor ini menjadi lebih irit bahan bakar. Nah, dengan mengetahui segala kelebihan pada spesifikasi Yamaha FZ25 tersebut, berapa ya banderol untuk memboyongnya?

Video Yamaha FZ25

Berikut ini adalah official video Yamaha FZ25 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Yamaha ini:

Spesifikasi Yamaha FZ25

Mesin
Tipe Air cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Kapasitas 249cc
Diameter x Langkah 74.0×58.0mm
Rasio Kompresi 9.8:1
Tenaga Maksimal 20.9PS/8000rpm
Torsi Maksimal 20.0N.m/6000rpm
Transmisi Constant mesh,5-speed
Suplai Bahan Bakar Fuel injection
Dimensi
Panjang 2015mm
Lebar 770mm
Tinggi 1075mm
Tinggi Jok 795mm
Jarak Sumbu Roda 1360mm
Jarak Terendah 160mm
Berat 148kg
Kapasitas Tangki 14L
Minimum Turning Radius 2.5m
Kaki-kaki
Tipe Rangka Diamond
Ukuran Ban Depan 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang 140/70-17M/C 66S
Jenis Ban Tubeless
Ren Dapan Hydraulic single disc brake
Rem Belakang Hydraulic single disc brake
Diameter Cakram Rem Depan 282mm
Diameter Cakram Rem Belakang 220mm
Suspensi Depan Telescopic fork
Suspensi Belakang Swingram (Monocross)

Harga Yamaha FZ25

Nah, setelah kita selesai dan puas mengulas secara rinci mengenai spesifikasinya, kini saatnya kita akan mengetahui dan mengulas harga Yamaha FZ25. Sebelumnya, perlu ditegaskan kembali bahwa motor Yamaha ini merupakan motor street fighter yang mengusung gaya desain eksterior yang menampilkan kesan ramping, simple, namun tetap memperlihatkan kesan yang gagah. Sehingga, mampu memikat setiap calon konsumen yang melihat tampilan luarnya tersebut. Bahkan, meski dilihat dari tampilan luarnya yang begitu gagah dan menarik tersebut, harga Yamaha FZ25 ini pun kabarnya akan dibanderol dengan angka yang murah. Tak sampai di situ saja, selain memiliki tampilan yang sporty, motor naked Yamaha ini juga dibekali mesin SOHC berkapasitas 249cc. Dengan kapasitas mesin yang terbilang cukup besar untuk motor sport, namun harga jualnya pun masih terjangkau. Selain itu, meskipun memiliki kapasitas mesin kecil namun Yamaha FZ25 ini mampu melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi juga di kelasnya. Di samping itu, motor garapan Yamaha ini akan dibekali dengan beragam fitur untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Dari spesifikasi yang jelaskan tersebut, menurut kawan Mas Sena, kira-kira berapa ya banderol harga Yamaha FZ25 ini?

Harga Yamaha FZ25

Harga Yamaha FZ25 Terbaru

Terkait dengan harga Yamaha FZ25 ini, sebenarnya secara resmi dari pihak Yamaha Indonesia masih belum memberikan keterangan resminya mengingat motor ini baru dijual di India dan Yamaha Indonesia pun masih belum diketahui apakah akan memboyong Yamaha FZ25 ke Indonesia atau tidak. Namun, jika benar bahwa motor berkapasitas 250cc tersebut diboyong ke Indonesia, maka akan dibanderol dengan harga yang tak jauh dari 119.500 Rupee atau sekitar Rp 23.3 juta rupiah. Banderol harga Yamaha FZ25 tersebut terbilang sangat terjangkau untuk motor kelas 250cc kelas global. Tentu, motor ini akan menjadi naked bike yang dicari-cari oleh para konsumen. Bahkan, dengan harga Yamaha FZ25 yang cukup kompetitif tersebut pun juga masih bisa dijangkau dengan sistem pembiayaan oleh lembaga keuangan (kredit).

Harga Yamaha FZ25
Sekitar Rp 23.300.000,- (India)

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha FZ25 diatas merupakan harga jual di India
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Yamaha FZ25

Namun, perlu untuk diketahui bahwa harga Yamaha FZ25 di atas merupakan banderol yang disesuaikan dengan harga jual di India. Sehingga, kemungkinan besar jika resmi meluncur di Indonesia maka harga Yamaha FZ25 pun akan dibanderol dengan angka yang cenderung lebih tinggi mengingat harus membayar biaya import. Akan tetapi, meski berbeda dipastikan harganya tak akan jauh berbeda dengan harga jual di Negeri Mahabarata tersebut. Di sisi lain, jika melihat banderolnya tersebut, harga jual Yamaha FZ25 ini termasuk kategori naked bike yang dibanderol dengan harga yang sangat murah namun tak murahan mengingat spesifikasi yang diusungnya pun tak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana kawan? Cukup tertarik dengan motor naked yang satu ini? Tunggu saja kehadirannya di Indonesia. Semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha FZ25 ini bisa bermanfaat dan menambah informasi bagi kawan-kawan Mas Sena semua. Jangan lupa baca juga ulasan mengenai Yamaha Xabre dan Kawasaki Z800.

Top