Harga Suzuki DR-Z 125L, Review & Spesifikasi Februari 2016

Harga Suzuki DR-Z 125L dan Spesifikasi – Tahun 2016 lalu produsen otomotif asal Jepang ini telah resmi meluncurkan produk motor cross terbarunya yang bertajuk Suzuki DR-Z 125L. Motor penggaruk tanah ini diketahui merupakan motocross dari Suzuki yang telah dibekali dengan mesin yang berkapasitas 125 cc. Motor ini merupakan salah satu dari lima varian motocross dari Suzuki yang baru saja diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu. Berbekal performa motor yang tangguh serta desain tampak begitu gagah dan berani, Suzuki DR-Z 125L ini mampu melibas jalanan off road dengan cukup mudah. Tak hanya itu saja, motor ini juga cocok juga dikendarai pada medan jalan yang beraspal sekalipun. Menariknya, untuk harga dari motor ini kabarnya pun akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk sekelas motor cross. Tapi jangan salah, meski puan Suzuki DR-Z 125L ini memiliki harga yang terbilang tinggi namun dirasa sudah sepadan jika dibandingkan dengan spesifikasi dan fitur yang dibawa motor cross besutan Suzuki ini tak bisa dianggap remeh. Lantas, apa saja ya keunggulan yang dimiliki Suzuki DR-Z 125L ini sehingga membuat harganya begitu mahal?

Suzuki DR-Z 125L

Suzuki DR-Z 125L

Berbicara mengenai spesifikasi Suzuki DR-Z 125L ini, tentu akan berkaitan erat dengan desain, dapur pacu, dan beberapa fitur yang disematkan pada motor cross besutan Suzuki ini. Dari segi desain, memang sudah terlihat jelas dari bodinya yang tampak begitu sangar dan gagah seperti siap menerjang segala medan terjal. Pastinya, kesan garang yang terlihat pada motor ini pun akan membuat para pecinta petualang medan off road semakin tertarik untuk meminang Suzuki DR-Z 125L. Di sisi lain, sektor dapur pacunya pun tak bisa dianggap remeh meskipun motor ini akan dibekali mesin berkapasitas 124cc namun dengan teknologi SOHC 4 langkah didukung dengan rangka dimensinya yang kokoh, tentu saja akan membuat Suzuki DR-Z 125L ini mampu melibas segala medan dengan gesit. Pastinya, bagi para pecinta off road, motor cross garapan Suzuki ini akan menjadi salah satu pilihan utama mereka. Nah, pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap dan detail terkait spesifikasi dan harga Suzuki DR-Z 125L. Yuk, kita simak ulasannya pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Suzuki DR-Z 125L

Review Suzuki DR-Z 125L

Desain

Motor Cross dengan Desain Simple Namun Tampak Garang dan Gagah

Advertisement

Berbicara mengenai tampilan eksterior pada motor cross yang satu ini, spesifikasi Suzuki DR-Z 125L ini memang mengusung desain yang cukup simple dan sederhana namun terlihat begitu garang dan berwibawa. Bahkan, untuk memberikan tampilan motor yang lebih menarik dan gagah, Suzuki pun telah melengkapi motor cross garapannya ini dengan beberapa fitur eksterior yang keren. Seperti balutan warna khas pada Suzuki DR-Z 125L ini yang begitu ciamik dan logo huruf S yang semakin memperkuat tampilan dari motor ini. Namun, pada sektor tangki bahan bakarnya pun tampak simple dan minimalis sehingga hanya mampu menampung kapasitas bahan bakar sebanyak 4.8 liter saja. Selain itu, bergeser ke belakang, Suzuki juga telah membekali Suzuki DR-Z 125L ini dengan jok yang empuk dengan desain yang dibuat dengan bentuk atau posisi meninggi dan meruncing ke belakang untuk memberikan posisi riding yang lebih nyaman. Lalu, pada bagian bawah tangki motornya pun terlihat susunan mesin besar yang tampak begitu rapi dan mampu memberikan kesan gagah. Tak hanya itu saja, pada bagian knalpot dari Suzuki DR-Z 125L pun diposisikan berada di tengah atau tepatnya di atas roda belakang yang diklaim mampu menghasilkan suara yang lebih menggelegar. Kemudian, pada bagian belakang, tampak bentuk bodi yang terbilang cukup ramping sehingga akan terasa lebih mudah untuk dikendarai. Tentu, dengan melihat sektor eksterior dari spesifikasi Suzuki DR-Z 125L tersebut, memang menampilkan desain yang sederhana namun tetap tampak gagah dan garang.

Spesifikasi Suzuki DR-Z 125L

Dimensi

Memiliki Dimensi Ramping dan Simple dengan Ground Clearance yang Pas

Kini, pada segmen kali ini saatnya Mas Sena untuk mengulas dimensi dari spesifikasi Suzuki DR-Z 125L. Berkaitan dengan sektor eksteriornya yang tampak begitu ramping dan minimalis, tentu tak lepas dari ukuran dimensi dan struktur rangka yang digunakannya. Pasalnya, tampilan slim dan simple pada motor cross ini memang terbentuk atas ukuran dimensinya yang memiliki panjang 1.885 mm, lebarnya 770 mm, tinggi 1.110 mm dengan jarak sumbu rodanya yang mencapai 1.270 mm. Tentu, dengan mengetahui ukuran dimensinya tersebut, maka tak heran jika bodi Suzuki DR-Z 125L ini memang terlihat slim dan minimalis sehingga hanya berbobot 89 Kg. Meski demikian, motor ini tetap kuat dan kokoh mengingat Suzuki sendiri telah membekali motor cross besutannya ini dengan rangka tipe Twin-Spar Aluminum Chassis yang memang diketahui sangat kokoh dan cocok sebagai penopang beban pada motor cross. Bahkan, dengan rangka yang menopang badan Suzuki DR-Z 125L tersebut, tentu akan membuat bobotnya pun menjadi ringan. Di samping itu, motor ini juga memiliki ground clearance setinggi 290 mm di mana dengan ukuran tersebut dirasa cukup pas dan sesuai untuk sekelas motor cross. Sehingga, akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam bermanuver atau melewati jalanan terjal tanpa perlu khawatir bagian bawah dari motor Suzuki DR-Z 125L tergesek. Kemudian, untuk tinggi tempat duduknya yaitu 805 mm. Dengan ukuran seat height tersebut maka dirasa sudah cukup cocok dan sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Hanya saja, motor trail ini akan sedikit sulit dikendalikan bagi pengguna yang memiliki postur yang kurang. Dengan begitu, spesifikasi Suzuki DR-Z 125L pada dimensinya ini pun bisa dibilang cukup pas dan sesuai dengan rangka tubuh yang kuat serta kokoh.

Spesifikasi Motor Suzuki DR-Z 125L

Suspensi

Suspensi Empuk dan Pengereman Handal Berikan Kenyamanan dan Keamanan dalam Berkendara

Sektor yang tak kalah penting pada sebuah motor cross yaitu pada bagian kaki-kaki dari spesifikasi Suzuki DR-Z 125L. Pasalnya, sebagai motor trail yang memang diproduksi untuk dikendarai di medan terjal, tentu harus dibekali dengan sokongan kaki-kaki yang kokoh agar mampu melibas segala medan dan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Oleh sebab itu, pada motor ini akan dibekali dengan rangka Durable Diamond with High-Tensile Main Backbone. Lalu, untuk menyangga beban dan menjaga keseimbangan maka Suzuki DR-Z 125L mengandalkan suspensi tipe Telescopic, Coil Spring, Oil Damped yang terpasang pada bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakang akan dipersenjatai dengan tipe Link, Coil Spring, Oil Damped. Dengan adanya dua suspensi tersebut maka berkendara pun akan semakin nyaman. Di sisi lain, untuk memberikan keseimbangan ketika melewati jalanan terjal maka Suzuki telah membekali Suzuki DR-Z 125L  dengan velg berdiameter 19 inci pada bagian depan dan untuk bagian belakangnya akan dilengkapi velg 16 inci. Kedua velg tersebut akan dibalut dengan ban jenis Tube yang berukuran 70/100-19 42M pada bagian depan dan berukuran 90/100-16 52M pada bagian belakang. Tentu, dengan adanya kedua ban tersebut maka akan mempermudah pengemudi mengendalikan Suzuki DR-Z 125L dalam melewati segala medan jalan tanpa khawatir terpeleset. Tak tertinggal juga untuk menunjang keamanan atau keselamatan maka motor trail ini akan dibekali dengan rem depan tipe Disc dan rem belakang tipe Drum. Dengan begitu maka spesifikasi Suzuki DR-Z 125L ini memang sudah dilengkapi dengan kaki-kaki yang handal dan kokoh beserta pengereman yang terbilang cukup mumpuni.

Review Suzuki DR-Z 125L

Mesin

Sektor Dapur Pacu Andalkan Mesin SOHC Berkapasitas 124cc

Tak hanya tangguh dalam menyangga beban, spesifikasi Suzuki DR-Z 125L ini pun juga terbilang cukup tangguh dalam aspek dapur pacu. Bukan tanpa alasan mengingat Suzuki sendiri telah membenamkan komponen mesin pacu yang handal. Salah satunya yaitu disematkannya tipe mesin SOHC 4 langkah dengan Silinder Tunggal dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 124cc serta berpendingin cair. Jika melihat susunan komponen mesin yang disematkan pada sektor dapur pacu tersebut maka tak heran jika tenaga yang dihasilkan Suzuki DR-Z 125L pun akan cukup untuk mendorong motor trail ini melewati medan terjal. Sayangnya, untuk detail berapa tenaga yang dihasilkan sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bahwa tenaga mesin Suzuki DR-Z 125L yang diletupkan tersebut nantinya pun akan disalurkan ke rodanya melalui sistem transmisi 5 percepatan tipe Constant Mesh. Artinya, dapat disimpulkan bahwa meski mengusung kapasitas mesin berkapasitas cukup rendah namun spesifikasi Suzuki DR-Z 125L pada sektor dapur pacu ini tetap akan mampu memberikan dorongan tenaga yang handal di kelas motor trail.

Harga Motor Suzuki DR-Z 125L

Fitur

Dilengkapi Fitur Minimalis Namun Fungsional

Selain mengusung sektor dapur pacu yang tangguh, spesifikasi Suzuki DR-Z 125L ini pun juga akan dilengkapi pula dengan beberapa fitur pendukung. Meski fitur yang disematkan pada motor cross ini cukup simple dan minimalis namun terbilang cukup fungsional juga. Salah satu di antaranya yaitu ukuran ban yang digunakan pun cukup besar di mana pada bagian depan terpasang ban off road dengan ukuran 70/100-19 42M, tube. Sedangkan untuk bagian belakang Suzuki DR-Z 125L ini memakai ban dengan ukuran 90/100-16 52M tube. Selain penggunaan ban yang berukuran besar, motor ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang tangguh dan handal bahkan memiliki daya cengkram yang kuat. Hal ini digunakan untuk menjaga keselamatan pengemudi Suzuki DR-Z 125L ketika melewati medan yang dilalui, seperti di perbukitan dan gunung yang memiliki trek-trek yang basah dan licin. Di sisi lain pada motor ini juga tersedia tangki penyimpanan bahan bakar yang mampu menampung sekitar 4.8 liter bahan bakar. Dengan spesifikasi Suzuki DR-Z 125L yang cukup tangguh tersebut maka bukan tidak mungkin jika motor cross garapan Suzuki ini akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga-harga motor lainya.

Spesifikasi Suzuki DR-Z 125L

Mesin
Tipe Air-cooled, SOHC single
Kapasitas 124cc
Diameter x Langkah 57.0 x 48.8mm
Rasio Kompresi 9.5:1
Lubrication Wet sump
Ignition CDI
Transmisi 5-speed constant mesh
Suplai Bahan Bakar 20mm Mikuni VM SS
Dimensi
Panjang 1885 mm
Lebar 770 mm
Tinggi 1110 mm
Tinggi Jok  805 mm
Jarak Sumbu Roda 1270 mm
Berat 89 kg
Kapasitas Tangki 4.8 litres
Kaki-kaki
Tipe Rangka
Ukuran Ban Depan 70/100-19
Ukuran Ban Belakang 90/100-16
Jenis Ban IRC Motocross iX-05H
Ren Depan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi Belakang Link type, coil spring, oil damped

Harga Suzuki DR-Z 125L

Akhirnya, setelah puas mengulik spesifikasinya, kini sampailah kita pada pembahasan terakhir di mana pada segmen kali ini Mas Sena akan mengulas mengenai harga Suzuki DR-Z 125L. Namun, sebelumnya perlu untuk diketahui terlebih dahulu bahwa motor cross besutan Suzuki ini memang dihadirkan dengan tampilan desain yang ramping dan cukup minimalis tetap memperlihatkan kesan garang. Hal tersebut tentu mampu menjadi salah satu sektor yang daya tarik Suzuki DR-Z 125L ini bagi para pecinta off road. Tak hanya itu saja, sektor mesin pacu yang dibekali mesin cukup tangguh dan mumpuni pun menjadi keunggulan lain yang dimiliki motor ini. Kemudian, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengemudinya dengan harga Suzuki DR-Z 125L  yang kompetitif, Suzuki telah membekali motor trail ini dengan suspensi kokoh dan rangka yang kuat. Maka, dengan spesifikasi yang dibawa oleh motor cross garapan pabrik asal Jepang ini pun akan dicari-cari para pecinta petualang off road. Lantas, dengan segala keunggulan spesifikasinya tersebut, kira-kira berapa ya harga Suzuki DR-Z 125L ini?

Harga Suzuki DR-Z 125L

Harga Suzuki DR-Z 125L Terbaru

Berbicara mengenai harga Suzuki DR-Z 125L di Indonesia, sampai saat ini masih belum ada keterangan resmi dari pihak pabrikan terkait dengan banderol untuk memboyong motor trail tersebut. Akan tetapi jika didasarkan atas beberapa info yang Mas Sena peroleh, harga Suzuki DR-Z 125L ini akan dibanderol antara Rp 39 juta – Rp 45 juta. Tentu, sebuah harga yang termasuk mahal untuk sekelas motor trail berkapasitas 125cc. Di sisi lain, Suzuki hanya akan menawarkan Suzuki DR-Z 125L ini dalam 2 pilihan warna, antara lain Champion Yellow dan Solid Black di mana kedua warna tersebut diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi harga Suzuki DR-Z 125L.

Harga Suzuki DR-Z 125L
Sekitar Rp 39.000.00,- s/d Rp.45.000.000,- (perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Suzuki DR-Z 125L diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki DR-Z 125L
Advertisement

Nah, jika harga Suzuki DR-Z 125L ini dikaitkan dengan spesifikasinya maka memang banderol untuk memboyong motor cross ini sudah sepadan. Akan tetapi, bagi sebagian besar konsumen pemula, tentu banderol yang menginjak angka 38 jutaan lebih tersebut memang dirasa masih cukup mahal. Sehingga, tak heran jika dengan harga Suzuki DR-Z 125L tersebut, motor ini hanya akan mampu diboyong oleh beberapa kalangan tertentu saja yang berdompet tebal. Di sisi lain, karena belum meluncur di Indonesia maka harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu, bagi kawan Mas Sena yang ingin memboyong Suzuki DR-Z 125L ini tampaknya masih sedikit sulit untuk proses pembeliannya. Namun jangan khawatir karena di Indonesia juga ada agen resmi motor Suzuki sehingga sobat pun bisa memesan motor ini langsung dari negara pembuatnya. Nah, itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki DR-Z 125L. Bagaimana kawan? Apakah sobat berminat untuk membelinya? Baca juga ulasan lainnya mengenai Honda CRF250R dan Viar Cross X 200.

Top