Harga Honda CRF1000L Africa Twin 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda CRF1000L Africa Twin dan Spesifikasi – Setelah sukses dengan menawarkan motor sport berbagai tipe, Honda menghadirkan motor adventure yang bernama Honda CRF1000L Africa Twin. Motor adventure yang sebelumnya resmi diperkenalkan pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 lalu ini rencananya akan segera diluncurkan pada bulan April 2017 mendatang dengan mengusung tampilan yang begitu sangar dan tentunya dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, harga motor adventure yang bertajuk Honda CRF1000L Africa Twin ini pun diklaim bakal dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu, tak heran bila para pembeli motor adventure besutan Honda yang satu ini adalah mereka yang memiliki budget lebih untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Nah dengan perkiraan banderol harga jual Honda CRF1000L Africa Twin yang di sebut-sebut begitu mahal, tentu tingginya harga untuk memboyong motor adventure tersebut sepadan dengan segudang teknologi dan fitur yang disematkan di dalamnya. Diketahui bahwa kehadiran Honda CRF1000L Africa Twin ini dipasar Indonesia ditawarkan dengan dua model berbeda yang siap untuk dipilih sesuai selera. Untuk pilihan pertama, Honda menawarkan varian Manual ABS yang hadir dalam dua pilihan warna yakni Victory Red dan Tricolor. Sementara untuk varian kedua adalah tipe DCT ABS yang dipasarkan dengan harga yang lebih mahal. Lantas, apa saja sih keunggulan yang dimiliki Honda CRF1000L Africa Twin ini?

Honda CRF1000L Africa Twin

Honda CRF1000L Africa Twin

Berbicara keunggulan, tentu tak lepas dari spesifikasi yang dibawa Honda CRF1000L Africa Twin ini yang sangat mumpuni. Pasalnya, motor adventure yang begitu gagah ini memang mengusung konsep yang begitu garang pada setiap sisi dari bodinya. Bahkan, dengan diusungnya mesin berkapasitas 998cc, tentu menjadi modal utama bagi Honda untuk membuat motor Honda CRF1000L Africa Twin ini semakin memiliki daya tarik, terutama bagi para pecinta petualang. Bahkan tak tanggung-tanggung juga bahwa mesin yang akan digunakan tersebut diklaim merupakan mesin dengan tipe parallel-twin yang sebelumnya sudah diberikan Honda pada model off-road CRF250R/450R. Apalagi tarikan serta hentakan yang akan dihasilkan dari mesin Honda CRF1000L Africa Twin tersebut sangat gesit dan terasa bertenaga. Sehingga, akan dapat membuat para penggunanya pun cukup merasa puas. Dengan demikian maka sudah barang tentu kualitas yang ditawarkan dari motor adventure buatan pabrik asal Jepang ini benar-benar bisa memuaskan para pecinta petualang. Lalu apa lagi keunggulan yang dimiliki motor adventure garapan Honda ini ya? Nah, untuk mengetahui secara mendetail, yuk kita simak bersama ulasan rincinya mengenai spesifikasi dan harga Honda CRF1000L Africa Twin yang akan Mas Sena sampaikan di beberapa segmen di bawah ini!

Motor Honda CRF1000L Africa Twin

Review Honda CRF1000L Africa Twin

Desain

Mengusung Kombinasi Desain Aerodinamis dan Futuristik Tampilkan Kesan Motor Gagah

Pada awal pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas pada sektor eksterior fisik dari tampilan spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin. Sebelum jauh mengulas sisi eksteriornya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa motor ini memang dihadirkan untuk meramaikan pasar otomotif di segmen motor petualang dengan mengusung tampilan bodi yang cukup berbeda dibandingkan dengan motor Honda pada umumnya. Pasalnya, Honda CRF1000L Africa Twin ini nampak terlihat memiliki bodi besar dengan konsep desain yang begitu futuristik sehingga membuatnya terlihat lebih kokoh dan terkesan modern. Dimulai dari depan, Honda menempatkan head lamp dual LED (1high/1low) yang akan memberikan penerangan secara lebih maksimal kepada pengemudinya, terutama ketika Honda CRF1000L Africa Twin ini dikendarai di jalan yang minim pencahayaan. Menariknya, desain head lamp yang diusung motor adventure buatan Honda ini dibuat dengan bentuk sedikit menyipit sehingga tampak seperti tatapan mata yang begitu tajam. Selain itu, di atas head lamp pun dibekali juga dengan windscreen yang siap melindungi si pengemudi dari terpaan angin yang berasal dari depan. Kemudian, pada sektor tangki dari Honda CRF1000L Africa Twin ini pun tampak dibuat begitu besar dengan bentuk yang sedikit menjulang di mana tangki bahan bahan bakar tersebut mampu menampung bahan bakar hingga 18.8 liter. Tentu, dengan kapasitas tangki tangki yang cukup besar tersebut maka cukup dijadikan sebagai bekal bahan bakar ketika digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Sedikit bergeser ke belakang, Honda CRF1000L Africa Twin ini juga menawarkan jok yang begitu empuk dengan posisi lebih rendah dibandingkan dengan stang kemudi sehingga akan membuat posisi riding menjadi lebih nyaman. Lalu, pada bagian belakang pada spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini akan mengusung stop lamp berdesain elegan dengan teknologi LED seperti pada headlamp.

Spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin

Speedometer

Dilengkapi Instrumen Indikator Modern dan Elegan yang Sangat Informatif

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan mengulas mengenai instrumen indikator pada spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin. Tampaknya, tak hanya dari sisi desain bodinya saja yang menampilkan kesan modern dan futuristik. Bahkan, pada sisi panel indikatornya pun juga tak kalah modern dan menarik. Pasalnya, Honda telah menyematkan struktur panel indikator pada motor Honda CRF1000L Africa Twin ini dengan mengusung tampilan panel Full digital yang ditampilkan melalui sebuah layar LCD Instrument Display Bulb Type. Untuk membantu pengemudi supaya lebih mudah memahami kondisi motornya maka panel indikator yang diusung pada motor ini akan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu atas dan bawah. Untuk bagian atas, akan ditampilkan informasi terkait kecepatan dari motor Honda CRF1000L Africa Twin ini yang dihitung Km/jam dan indikator bahan bakar. Lalu, untuk bagian bawah, akan menampilkan informasi mengenai posisi gear, kondisi suhu, jarak yang ditempuh, dan penunjuk waktu digital. Tentu, desain dan tampilan yang diperlihatkan pada panel indikator dari spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini memang bisa dibilang cukup modern dan informatif sehingga kondisi motor pun mudah dipahami oleh si pengendaranya.

Spesifikasi Motor Honda CRF1000L Africa Twin

Dimensi

Mengusung Dimensi yang Pas dan Memiliki Ground Clearance Tinggi

Selain memiliki tampilan desain yang unik dan berbeda dari yang lain, spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini juga akan dibekali dimensi cukup besar dan rangka yang kuat di mana motor baru yang segera dipasarkan PT AHM Indonesia ini akan mengandalkan frame yang cukup kuat dan kokohberupa Steel Semi-Double Cradle. Rangka ini tentu saja akan dapat menopang seluruh bobot yang dimiliki motor ini. Kemudian pada sektor dimensinya, seperti pada awal pembahasan bahwa Honda CRF1000L Africa Twin ini terbagi menjadi 2 varian berbeda sehingga dimensinya pun juga akan berbeda. Di mana motor adventure ini memiliki panjang mencapai 2.335 mm dan lebarnya 875 mm untuk model standar dan untuk model DTC 930 mm. Sementara itu, untuk ukuran tinggi serta jarak sumbunya tetaplah sama yakni 1.475 mm dan 1.575 mm. Selain itu, dua varian Honda CRF1000L Africa Twin ini nantinya akan hadir dengan menawarkan jarak terendah ke tanah hingga 250 mm sehingga akan memberikan kenyamanan dalam berkendara ketika melewati jalanan yang bergelombang ataupun ketika sobat gunakan untuk bermanuver. Ditambah lagi Honda CRF1000L Africa Twin ini memiliki tinggi tempat duduk 870 mm untuk posisi biasa dan 850 mm untuk posisi terendahnya. Nah dengan adanya perbedaan tersebut motor adventure garapan Honda ini juga memiliki bobot yang berbeda. Di mana untuk berat kering mencapai 208 kg untuk versi standar dan 212 kg untuk varian ABS dan 222 kg untuk model DTC. Sedangkan di sisi lain, untuk bobot basah yang ditawarkan spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini mencapai 228 kg untuk varian standar, 242 untuk varian DTC, dan 232 kg untuk varian ABS.

Review Honda CRF1000L Africa Twin

Suspensi

Kenyamanan Semakin Terasa Berkat Suspensi Kokoh dan Pengereman Berteknologi ABS

Tak hanya dimensinya saja yang kokoh dan kuat, keseimbangan yang diberikan spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini pun akan kian sempurna berkat diberikan dua tipe suspensi yang berbeda yakni tipe Showa 45 mm cartridge -type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustment pada bagian depan dengan ukuran diameter 43 mm yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Lalu, untuk suspensi belakangnya Honda CRF1000L Africa Twin akan mengandalkan tipe Monobloc cast alumunium swingarm with pro-link with gas-charged damped, hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustment, yang daya redamnya pun juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Tak sampai di situ saja, untuk memperkuat sektor kaki-kakinya, Honda CRF1000L Africa Twin ini pun akan dibekali roda yang cukup kuat untuk menopang beban yang dibawanya. Di mana untuk sisi belakang menggunakan velg Wire Spoke with Aluminium Wire yang berukuran 18 inci yang berpadu dengan ban berukuran 150/70 tubeless. Sementara untuk sisi depannya akan mengandalkan velg dengan tipe yang sama namun memiliki ukuran yang berbeda, yaitu berdiameter 21 inci yang bakal terbalut ban berukuran 90/90 tubeless. Dengan begitu, Honda CRF1000L Africa Twin akan tetap nyaman ketika di kendarai di medan jalan yang tidak rata atau berlubang. Kemudian, untuk menunjang keselamatan maka Honda akan menyematkan tipe pengereman cakram ganda yang memiliki ukuran hingga 310 mm dengan 4 kaliper piston bertipe Wave disc untuk sisi bagian belakang. Sedangkan untuk sisi bagian depannya nantinya akan menggunakan tipe pengereman cakram tunggal berukuran 256 mm dengan 1 kaliper piston. Tak hanya itu saja, menariknya bahwa spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini pun akan dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS serta Parking Brake System, hanya saja dikhususkan untuk model DTC.

Harga Motor Honda CRF1000L Africa Twin

Mesin

Dibekali Mesin Unicam yang Berkapasitas 998cc Hasilkan Perfomea Mesin Powerfull

Menyoal pada performa, tentu spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini bakal dibekali dengan komponen mesin pacu yang handal guna menunjang performanya kian garang. Hal itu terbukti dengan disematkannya mesin tangguh yang berkapasitas 998 cc berteknologi Unicam dengan membawa 4 katup dan 4 stroke dengan sistem pendingin berupa Liquid Cooled. Mesin Honda CRF1000L Africa Twin yang menggunakan dua silinder ini pun juga sudah dilengkapi dengan adanya sistem bore dan stroke berukuran 92 mm x 75.1 mm sehingga tak heran bila power dan juga torsi yang ditawarkan dari mesin ini pun akan mampu memberikan semburan tenaga yang begitu powerfull. Dan benar saja, mesin yang diusung Honda CRF1000L Africa Twin ini pun diklaim mampu mencapai power maksimal hingga 70 kW per putaran 7.500 rpm dan capaian torsi hingga titik 98 Nm per putaran 6.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui 2 tipe transmisi berbeda, yaitu 6 percepatan manual tipe Constant Mesh pada varian standar dan untuk varian DCT akan menggunakan transmisi 6 percepatan. Di sisi lain, mesin dari Honda CRF1000L Africa Twin ini pun akan dibekali dengan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection BMS-E2 yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih hemat dan efisien dengan perbandingan kompresi berukuran 10,6: 1. Tentu, dengan komponen yang tersusun di dalam sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini akan mampu memberikan tenaga mesin yang begitu powerfull namun tetap ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Nah, selain memiliki desain gagah, dimensi besar, serta dibekali komponen mesin handal, spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Pertama, untuk memberikan keselamatan dalam berkendara maka Honda pun akan membekali motor adventure buatannya ini dengan teknologi ABS pada tipe DTC. Sehingga, akan memberikan kualitas pengereman Honda CRF1000L Africa Twin yang begitu sempurna bahkan ketika pengereman mendadak sekalipun. Tak sampai di situ saja, motor Adventure ini pun juga telah dilengkapi dengan panel indikator yang dibuat lebih modern dengan menampilkan panel digital yang begitu informatif dan mudah dipahami pengemudi Honda CRF1000L Africa Twin tersebut. Di samping itu, dual LED pada head lamp pun juga diklaim selain mampu memberikan penerangan yang cukup terang, desainnya pun juga tampak begitu tajam dan berwibawa. Dengan keseluruhan fitur tersebut maka spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin pun akan menjadi kian sempurna. Lalu, kira-kira berapa ya banderol untuk memboyong motor adventure yang gagah ini?

Video Honda CRF1000L Africa Twin

Berikut ini adalah official video Honda CRF1000L Africa Twin yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda CRF1000L Africa Twin

Mesin
Tipe liquid-cooled 4-stroke Unicam 8-valve Parallel Twin with 270º crank
Kapasitas 998cc
Diameter x Langkah 92mm x 75mm
Clutch Wet, multi-plate with coil springs, aluminum cam assist and slipper clutch
Tenaga Maksimal 70 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimal 98 Nm  / 6000 rpm
Transmisi 6-speed Manual
Suplai Bahan Bakar Electronic Fuel Injection, BMS-E2
Dimensi
Panjang 2.335 mm
Lebar 875 mm (standar) / 930 mm (ABS / DCT)
Tinggi 1.475 mm
Tinggi Jok 870 mm
Jarak Sumbu Roda 1.575 mm
Jarak Terendah 250 mm
Berat 208 kg (STD), 212 kg (ABS) , 222 kg (DCT)
Kapasitas Tangki 18,8 liter
Konsumsi Bahan Bakar MT 21,7 km & DCT 21,8 km/liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Tipe Steel semi-double cradle type with steel rear subframe
Ukuran Ban Depan 90/90 – 21
Ukuran Ban Belakang 150/70 – 18
Jenis Ban Tubeless
Rem Dapan 310 mm dual wave floating disc with alumunium hub and radial fit 4 piston calipers and sintered metal pads
Rem Belakang 256 mm wave disc with 1-piston caliper and sintered metal pads. Also Lever-lock type parking brake system on DCT Model with additional slide type 1-piston calliper
Suspensi Depan Showa 45 mm cartridge -type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustment, 230 mm stroke
Suspensi Belakang Monobloc cast alumunium swingarm with pro-link with gas-charged damped , hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustment, 220 mm rear wheel travel

Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Puas mengulas pada sisi spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk mengajak kawan-kawan semua guna mengulas harga Honda CRF1000L Africa Twin. Namun, sebelum lebih jauh mengulas mengenai harganya, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu menarik kesimpulan dari spesifikasi yang sudah dijabarkan diatas. Honda CRF1000L Africa Twin ini memang dihadirkan sebagai motor adventure kelas premium dengan tampilan desain modern dan begitu menarik. Bahkan, tak hanya dari sisi tampilannya saja, dapur pacunya pun juga sangat powerfull berkat mesin berkapasitas 998cc yang siap memberikan tenaga yang begitu besar dan tentu akan berpengaruh pada harga Honda CRF1000L Africa Twin tersebut. Lalu, sistem pengereman ABS pun juga turut disematkan pada motor adventure yang satu ini. Tak hanya itu saja, beberapa fitur canggih lainnya pun juga turut dibenamkan pada motor yang satu ini sehingga akan menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Lalu dengan spesifikasi yang begitu mumpuni tersebut, berapa ya harga Honda CRF1000L Africa Twin?

Harga Honda CRF1000L Africa Twin

Harga Honda CRF1000L Africa Twin Terbaru

Terkait dengan harga Honda CRF1000L Africa Twin, banderol untuk memboyong motor adventure ini pun nantinya akan terbagi menjadi 2 varian harga. Di mana untuk untuk model standar akan dibanderol seharga Rp 464 juta rupiah. Sementara itu, untuk Honda CRF1000L Africa Twin model DTC akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni Rp 499 juta rupiah. Tentu, dengan capaian harga Honda CRF1000L Africa Twin ini yang begitu mahal tersebut semakin memperkuat posisinya sebagai motor kelas premium. Di sisi lain, motor adventure ini akan ditawarkan dengan 2 pilihan warna saja, yaitu Victory Red dan Tricolor. Pilihan warna tersebut diketahui tidak akan mempengaruhi harga Honda CRF1000L Africa Twin ini.

Harga Honda CRF1000L Africa Twin
Tipe Harga
Honda CRF1000L Africa Twin Rp 464.000.000,-
Honda CRF1000L Africa Twin DTC Rp 499.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Honda CRF1000L Africa Twin diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CRF1000L Africa Twin

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa harga Honda CRF1000L Africa Twin tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, sangat dimungkinkan sekali bahwa jika nantinya kawan-kawan membelinya diluar wilayah Jakarta, maka harga Honda CRF1000L Africa Twin akan berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal. Namun, jika kita melihat harganya yang begitu tinggi tersebut nampaknya akan terbayarkan dengan spesifikasi tangguh dan mumpuni yang diusung Honda CRF1000L Africa Twin ini. Maka, tak heran jika motor ini pun akan dilirik dan diminati para calon konsumen kelas atas yang gemar berpetualang. Sampai di sini dulu perjumpaan kita dan semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda CRF1000L Africa Twin di atas bisa menambah informasi bagi kawan Mas Sena. Jangan lupa baca juga ulasan mengenai Honda CRF 250 Rally dan Honda CB250RR.

Top