Honda : Tahun 2017, Pasar Sepeda Motor Diperkirakan Masih Stagnan

Geliat Pasar Sepeda Motor di Tahun 2017 Tak Akan Banyak Berubah – Selama tahu 2016 silam, penjualan sepeda motor secara wholsale telah tercatat sebanyak 5.931.285 unit. Catatan ini didasarkan atas data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesa (AISI). Jika melihat angka tersebut, memang bisa dibilang mengalami penurunan yang cukup siginifikan. Pasalnya, pada 2016 lalu, Honda kembali memimpin pasar dengan total penjualan sebanyak 4.380.888 unit.

Jika mendasarkan atas data yang dilansir dari AISI, Margono Tanuwjaya selaku Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor memperkirakan bahwa pada tahun 2017 ini penjualannya tak akan jauh berbeda dengan tahun 2016 lalu.

“Market 2017 menurut saya stagnan. Tahun lalu total market 5,9 juta unit, mungkin tahun ini maksimal 6 juta melihat Januari ini juga banyak masalah. Dalam arti beberapa harga komoditi sudah naik, tapi secara produksi belum mampu untuk meningkat, lalu cuaca ekstrem juga belum berhenti. Lalu beberapa biaya naik sehingga harga motor terpaksa berubah, inflasi juga cukup tinggi di Januari, dan beberapa harga bahan pokok juga cukup tinggi. Jadi daya beli masyarakat menurut saya masih belum pulih,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Margono Tanuwijaya, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Terkait dengan belum pulihnya daya beli maka pada tahun 2017 ini Honda dirasa tak akan muluk-muluk terkait soal target penjualan. ” Target kami kurang lebih adalah 4.4 jutaan.”

separator

Pastinya, untuk meraih angka tersebut maka pihakĀ Honda telah menyiapkan beragam target termasuk menghadirkan produk baru. Namun itu saja belum cukup, pihaknya berharap situasi ekonomi terutama di Indonesia membaik.

“Menurut kami ekonominya dulu, kalau memang pertumbuhan ekonomi tidak besar mau di-boost seperti apa pun market tidak akan naik. Jadi menurut saya bukan hanya Indonesia tapi global, ya sabar saja supaya kami bisa berkontribusi,” timpal Yohanes Loman, Executive Vice President AHM.

Top