Harga Suzuki DR200S, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Suzuki DR200S dan Spesifikasi – Setelah GSX Series, ada satu lagi varian terbaru garapan Suzuki yang siap mendobrak pasar otomotif global, yaitu Suzuki DR200S. Ya, produk teranyar garapan pabrik asal Jepang ini bakal dihadirkan dengan mengusung konsep motor semi trail untuk meramaikan persaingan di segmen kendaraan roda dua. Selain itu, motor ini pun digadang-gadang bakal mampu meraih kesuksesan seperti beberapa motor-motor buatan Suzuki yang lain. Bahkan, sebagai motor semi trail, Suzuki DR200S ini pun memiliki keunggulan di mana motor garapan Suzuki ini bisa digunakan pada medan off road maupun lintasan beraspal. Dengan kata lain, selain bisa digunakan untuk menjelajah medan off road, motor ini pun ternyata juga cocok untuk dibawa berjalan-jalan di tengah keramaian kota. Menariknya, motor Suzuki DR200S ini merupakan salah satu motor yang nantinya akan langsung didatangkan dari negara pembuatnya dalam kondisi utuh atau sering kita kenal dengan produk CBU. Maka, tak heran jika nantinya harga untuk memboyong motor semi trail buatan Suzuki ini akan sedikit mahal. Lantas, apa sih menariknya Suzuki DR200S ini?

Suzuki DR200S

Suzuki DR200S

Seperti yang sudah Mas Sena katakan di atas, Suzuki DR200S ini merupakan motor semi trail yang memang dibuat bagi para konsumen yang menginginkan sebuah motor yang bisa digunakan untuk menerjang medan off road sekaligus bisa juga untuk dikendarai di jalanan perkotaan. Dengan demikian, maka Suzuki pun telah membenamkan konsep desain maupun segala komponen dapur pacu dan fitur-fitur Suzuki DR200S yang disesuaikan dengan segmen yang bakal menjadi target pasarnya tersebut. Jika melihat dari sisi desain, sudah terlihat dengan jelas bahwa motor trail yang satu ini mengusung konsep motor trail yang begitu gagah dan sporty. Lalu, tak ketinggalan juga pada sektor dapur pacunya akan dibekali dengan mesin SOHC berkapasitas 199cc. Sehingga, tak perlu diragukan lagi bahwa Suzuki DR200S ini bakal mampu memiliki tenaga mesin yang handal dan powerfull. Tak hanya itu saja, beberapa fitur canggih pun juga bakal turut disematkan pada motor semi trail ini. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor ini. Mau tahu? Yuk, kita simak ulasan selengkapnya mengenai spesifikasi dan harga Suzuki DR200S yang akan disampaikan pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Suzuki DR200S

Review Suzuki DR200S

Desain

Motor Semi Trail dengan Desain Simple Namun Tetap Tampilkan Kesan Sporty dan Garang

Berbicara mengenai desain eksteriornya, tentu spesifikasi Suzuki DR200S ini bakal dihadirkan dengan mengusung konsep desain yang cukup unik dan menarik. Pasalnya, dari sisi bodinya sudah terlihat unik di mana konsep elegan, sporty, dan kegagahan berpadu menjadi satu sehingga memunculkan konsep semi trail. Di sisi lain, jika kita raba satu per satu pada setiap sisi eksteriornya maka kita akan mengetahui lebih jauh bagaimana tampilan dari Suzuki DR200S ini secara mendetail. Pertama, motor semi trail ini akan dilengkapi dengan sebuah head lamp 12V 60/55 watt yang dibuat membentuk kotak lengkap dengan 2 lampu sein pada sisi kanan dan kirinya. Lalu, menginjak pada sektor tangki bahan bakarnya, tampak didesain dengan gaya simple dan minimalis namun terlihat berukuran besar. Karena ukurannya yang cukup besar tersebut maka tangki bahan bakar Suzuki DR200S tersebut bisa menampung hingga 12.5 liter. Cukup sebagai bekal bahan bakar jika akan digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Nah, sedikit bergeser mundur, bisa kita lihat jok empuk berbahan busa tebal yang dibentuk melandai dan meruncing dan meninggi ke belakang. Dengan bahan jok yang empuk dan bentuk desainnya tersebut maka dapat dipastikan Suzuki DR200S akan memberikan kenyamanan posisi riding kepada para pengemudinya. Tak hanya sampai di situ saja, beralih pada sektor belakangnya, bisa kita lihat bahwa Suzuki telah menyematkan stop lamp yang didesain dengan konsep atau bentuk yang cukup tampak futuristik. Bahkan, pada stop lamp ini, Suzuki DR200S telah dibekali dengan Tail Light berkekuatan 12V 21/5W dan dilengkapi juga dengan 2 buah lampu sein yang akan membuat tampilan belakang motor ini menjadi lebih sporty dan menarik. Tak seperti motor-motor pada umumnya, memang penampilan eksterior dari spesifikasi Suzuki DR200S ini secara keseluruhan bisa dibilang cukup sederhana namun tetap menampilkan kesan sporty dan gagah.

Spesifikasi Suzuki DR200S

Speedometer

Panel Indikator Informatif dan Minimalis dengan Desain yang Tampak Elegan

Beralih pada pembahasan selanjutnya, kini Mas Sena akan mencoba untuk meraba panel indikator pada spesifikasi Suzuki DR200S. Tampaknya, panel indikator pada motor semi trail buatan Suzuki ini mengusung konsep desain yang tak jauh berbeda dengan eksteriornya. Di mana pada instrumen indikator ini, Suzuki mengusung konsep desain yang simple dengan tampilan panel analog. Pada panel analog dari Suzuki DR200S tersebut, dibentuk dengan desain membulat yang akan menampilkan informasi terkait kecepatan Km/jam dan jarak tempuh yang dengan background panel berwarna hitam. Tentu, meski belum menggunakan panel digital namun dengan konsep seperti ini maka tampilan panel dari Suzuki DR200S tersebut tetap cukup menarik. Kemudian, di sisi kanan terdapat lampu indikator netral, indikator lampu sein, dan lampu tembak (high beam) yang ditata secara horisontal berada di bawah lubang kunci. Nah, dengan instrumen indikator yang minimalis namun tetap tampak elegan dan informatif, membuat pengemudinya pun lebih mudah dalam memahami informasi yang tersaji pada panel indikator dari spesifikasi Suzuki DR200S tersebut.

Spesifikasi Motor Suzuki DR200S

Dimensi

Dimensi Tampak Ramping dan Slim Namun Tetap Gagah

separator

Selain memiliki desain yang unik dan elegan, spesifikasi Suzuki DR200S ini pun juga memiliki dimensi yang cukup ramping dan slim sehingga mudah untuk dikendarai oleh siapa saja. Bentuk bodi dari motor semi trail yang tampak ramping tersebut tentu tak lepas dari ukurannya di mana memiliki panjang 2.155 mm, lebar 805 mm, tinggi 1.140 mm, dan memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 1.405 mm. Dilihat dari dimensinya tersebut, tentu wajar jika bentuk bodi dari Suzuki DR200S tersebut terlihat begitu ramping sedikit memanjang. Sehingga, hanya memiliki bobot 126 Kg saja. Maka, tak heran jika motor semi trail buatan Suzuki ini akan lebih terasa ringan jika dikendarai. Di sisi lain, motor ini pun juga memiliki ground clearance setinggi 255 mm di mana dengan ukuran jarak terendah tersebut maka dipastikanakan membuat Suzuki DR200S nyaman di kendarai, baik di medan yang terjal maupun di jalanan perkotaan. Tak hanya itu saja, dengan ketinggian jok yang mencapai 845 mm, tentu akan membuat pengendaranya semakin mudah dalam bermanuver atau mengendalikan motor ini. Namun, bagi konsumen yang memiliki postur kurang tinggi tampaknya akan sedikit kesulitan dalam mengendarai motor ini. Meskipun demikian, spesifikasi Suzuki DR200S pada dimensinya ini bisa dibilang cukup ramping dan ringan sehingga akan terasa mudah dikendarai.

Review Suzuki DR200S

Suspensi

Dibekali Suspensi Kokoh Berikan Kenyamanan pada Pengguna

Tak hanya dimensinya saja, spesifikasi Suzuki DR200S ini juga akan dibekali dengan sokongan kaki-kaki yang kokoh. Untuk menunjang hal tersebut maka Suzuki pun akan membekalinya dengan fitur suspensi Telescopic, Coil Spring, Oil Damped pada bagian depan. Sementara itu, suspensi belakang akan mengandalkan Link Type, Coil Spring, dan Oil Damped. Kedua suspensi yang terpasang pada Suzuki DR200S tersebut akan memberikan daya redam yang cukup baik guna menunjang kenyamanan si pengemudinya, apalagi ketika melewati medan jalan yang bergeronjal dan penuh bebatuan. Di sisi lain, Suzuki juga telah melengkapi kaki-kakinya dengan dua buah roda di mana untuk roda depan akan menggunakan ban berukuran 70/100-21M/C 44P, tube type dan untuk ban belakang dari motor Suzuki DR200S ini akan mengandalkan ban dengan ukuran 100/90-18M/C 56P, tube type. Sehingga, akan mempermudah pengendaranya dalam bermanuver di jalanan. Tak sampai di situ saja, guna memberikan kemudahan dalam kontrol laju kecepatan dari motor ini maka Suzuki akan membekalinya dengan pengereman tipe Disc untuk bagian depan. Sedangkan untuk rem bagian belakang akan mengandalkan pengereman tipe Drum. Meski belum menggunakan teknologi ABS, namun spesifikasi Suzuki DR200S pada pengereman ini tetap dinilai cukup handal dan baik dalam memberikan pengereman yang sempurna.

Harga Motor Suzuki DR200S

Mesin

Performa Handal dan Tangguh Berkat Mesin SOHC Berkapasitas 199cc

Menginjak pada segmen selanjutnya ini, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki DR200S. Nah, pada sektor permesinan ini, Suzuki telah membenamkan mesin yang cukup handal untuk sekelas motor semi trail. Pasalnya, motor terbaru garapan pabrik asal Jepang ini akan dibekali dengan tipe mesin SOHC Silinder Tunggal dengan 4-Stroke dan berpendingin cair (Liquid Cooled) yang siap menjaga kestabilan suhu pada mesin. Selain itu, mesin dari Suzuki DR200S tersebut juga memiliki kapasitas kubikasi hingga 199cc. Namun, untuk berapa tenaga maksimum yang dihasilkan dari kinerja mesin tersebut masih belum diketahui. Tetapi yang jelas bahwa motor semi trail ini akan mampu menerjang setiap lintasan dengan semburan tenaga yang cukup dahsyat. Di Samping itu, tenaga mesin dari Suzuki DR200S tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 5 percepatan Constant Mesh. Di sisi lain, Suzuki juga telah menyematkan sistem pengapian Electronic Ignition (CDI) yang akan membuat sistem pembakarannya jauh lebih smooth atau halus dengan tingkat perbandingan kompresi 9.4: 1. Tentu, secara keseluruhan bisa diketahui bahwa spesifikasi Suzuki DR200S pada sektor mesin pacunya ini terbilang cukup handal untuk sekelas motor semi trail.

Fitur

Berbekal Fitur Menarik dan Minimalis Namun Fungsional

Tak hanya pada segi desain, dimensi, maupun mesinnya saja, spesifikasi Suzuki DR200S ini pun juga akan dihadirkan dengan beberapa fitur yang cukup canggih dan fungsional. Selain itu, fitur-fitur yang disematkan pada motor semi trail ini pun akan lebih memaksimalkan performa motor, terutama untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Pertama, untuk memaksimalkan perfoma dari motor ini, Suzuki telah melengkapi Suzuki DR200S dengan sistem pengereman yang tangguh, handal serta memiliki daya cengkram yang cukup kuat. Untuk bagian depannya motor ini dilengkapi dengan rem yang berjenis cakram berpiston tunggal yang mampu menahan laju motor dengan cukup sempurna. Sedangkan untuk bagian belakang tertanam sebuah sistem pengereman dengan jenis rem tromol. Selain itu Suzuki DR200S juga dibekali dengan panel spedometer yang elegan, serta mampu memberikan informasi secara akurat kepada para pengendaranya. Di sisi lain, motor ini juga telah dibekali dengan Headlamp yang futuristik yang mampu menghasilkan cahaya lampu yang lebih terang saat berjalan di malam hari. Tentu, dengan fitur yang disematkan pada spesifikasi Suzuki DR200S tersebut akan mendongkrak harganya menjadi sedikit mahal.

Spesifikasi  Suzuki DR200S

Mesin
Tipe 4-stroke, air-cooled, SOHC
Kapasitas 199cc
Diameter x Langkah 66.0 mm x 58.2 mm
Lubrikasi Wet sump
Rasio Kompresi 9.4 : 1
Starter Electric
Transmisi Wet multi-plate 5-speed constant mesh
Ignition CDI
Dimensi
Panjang 2155 mm
Lebar 805 mm
Tinggi 1140 mm
Tinggi Jok 845 mm
Jarak Sumbu Roda 1405 mm
Jarak Terendah 255 mm
Berat 126 kg
Kapasitas Tangki 12.5 L
Kaki-kaki
Ukuran Ban Depan 70/100-21M/C 44P
Ukuran Ban Belakang 100/90-18M/C 56P
Jenis Ban tube type
Rem Dapan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi Belakang Link type, coil spring, oil damped

Harga Suzuki DR200S

Kini, menginjak pada sektor berikutnya ini, Mas Sena akan mengulas harga Suzuki DR200S. Namun, sebelum jauh menyebutkan angka nominalnya, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan mengenai spesifikasi yang telah diulas pada segmen-segmen di atas. Pertama, perlu diketahui bahwa Suzuki DR200S ini merupakan motor semi trail yang memang dihadirkan oleh Suzuki untuk meramaikan pasar otomotif global. Selain itu, untuk menarik minat konsumen pun Suzuki telah mengusung konsep desain yang cukup unik, ramping, namun tetap terkesan gagah. Bahkan, pada sektor mesin pacunya pun tak bisa dianggap sebelah mata mengingat produsen asal Negeri Matahari Terbit ini akan mengandalkan mesin SOHC yang berkapasitas 199cc yang tentu akan mempengaruhi harga Suzuki DR200S ini. Tentu, daya tenaga yang disemburkan akan sangat maksimal. Tak sampai di situ saja, beberapa fitur pendukung untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pun juga turut disematkan pada motor semi trail besutan Suzuki ini. Nah, dengan keunggulan dari spesifikasi yang diusung motor semi trail ini, lantas kira-kira berapa ya harga Suzuki DR200S ini?

Harga Suzuki DR200S

Harga Suzuki DR200S Terbaru

Oke, terkait dengan harga Suzuki DR200S ini, tampaknya akan dibanderol dengan nominal yang tak murah. Pasalnya, berdasarkan informasi yang telah Mas Sena peroleh dari situs resmi Suzuki Cycles, harga Suzuki DR200S ini di luar negeri dibanderol seharga $ 4.499 atau jika dikonversikan ke dalam nilai mata uang rupiah menjadi sekitar Rp 59 jutaan. Wow, tentu bukan sebuah harga yang murah untuk memboyong motor semi trail ini. Namun tentu Suzuki tidak asal ketika menyematkan harga tersebut untuk Suzuki DR200S ini, karena memang spesifikasi yang di bekalkan kepadanya juga terbilang mumpuni. Bagaimana? Apakah kawan Mas Sena sudah menyiapkan budget untuk memboyong motor semi trail garapan Suzuki ini? Dengan harga Suzuki DR200S tersebut tentu sobat harus menyiapkan budget yang cukup.

Harga Suzuki DR200S
Sekitar Rp 59.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Suzuki DR200S diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki DR200S

Yang perlu diperhatikan adalah harga Suzuki DR200S tersebut merupakan banderol untuk penjualan di negara Amerika Serikat. Sehingga jika nantinya resmi di rilis di Indonesia, harga jual motor ini pun akan berbeda meskipun tidak akan terlalu jauh dengan kisaran angka tersebut. Yang jelas bahwa meskipun harga Suzuki DR200S tergolong mahal, namun hal ini tampaknya bisa dibilang sudah sebanding dengan spesifikasi yang diusungnya. Namun, mungkin dengan nominal angka yang terbilang cukup tinggi tersebut, sepertinya harga jual Suzuki DR200S ini masih dirasa masih terlalu mahal untuk beberapa konsumen kelas pemula. Tentu, motor trail ini pun hanya akan diboyong oleh beberapa kalangan tertentu saja. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki DR200S yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga bisa bermanfat. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Yamaha WR125X dan Honda CRF250R.

Top