Harga Honda Rebel 300 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda Rebel 300 dan Spesifikasi – Pasar otomotif global di segmen kendaraan roda dua bakal diguncang oleh dua produk terbaru besutan Honda yang bernama Honda Rebel 300 dan Honda Rebel 500. Namun, pada pembahasan kali ini, Mas Sena tak akan mengulas kedua motor tersebut melainkan akan lebih fokus untuk mengenal spesifikasi yang dibawa Rebel 300. Motor gagah yang satu ini bakal hadir untuk meramaikan pasar otomotif kendaraan roda dua di segmen motor cruiser. Namun, kabar akan kehadiran Honda Rebel 300 ini ke Indonesia masih belum diketahui secara pasti dan baru tersedia di negeri Paman Sam saja. Namun, meskipun demikian, tak menutup kemungkinan jika motor cruiser garapan pabrik asal negeri Matahari Terbit yang begitu gagah dan memukau ini bisa juga dihadirkan di pasar otomotif nasional. Jika memang benar Honda Rebel 300 ini bakal diboyong ke Indonesia, tentu motor cruiser garapan Honda ini bakal menjadi motor yang banyak diburu oleh para konsumen kalangan atas di Tanah Air. Lalu, apa saja ya kelebihan dan kesitimewaan dari Honda Rebel 300 ini?

Honda Rebel 300

Honda Rebel 300

Sebagai motor cruiser, tentu nantinya Honda Rebel 300 ini akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Namun, mahalnya harga motor cruiser tersebut pastinya akan sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Berkaitan dengan spesifikasi, motor cruiser garapan pabrik asal Jepang ini memang tampil begitu gagah dan sangat menawan. Pasalnya, Honda Rebel 300 mengusung konsep desain motor gede yang hampir mirip dengan desain motor Harley. Maka, tak heran jika motor cruiser yang satu ini bakal mampu memikat hati para konsumen penggemar moge. Tak hanya itu saja, motor Honda Rebel 300 ini dibekali mesin berkapasitas 286 cc dengan silinder tunggal dan berteknologi mesin DOHC 4-Valve, tak perlu diragukan lagi bahwa performa motor cruiser ini bakal semakin mantap dan tak tertandingi. Di sisi lain, Honda pun juga akan menyematkan beragam fitur canggih dan menarik pada motor cruiser garapannya tersebut sehingga selain memiliki desain menawan dan performa handal, Honda Rebel 300 ini juga akan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Nah, lantas kira-kira apa lagi ya kelebihan yang dimiliki motor cruiser gagah ini? Untuk mengetahui secara lebih jelas, yuk kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Rebel 300 yang akan Mas Sena ulas pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Honda Rebel 300

Review Honda Rebel 300

Desain

Tampilan Gagah dan Memukau Mengusung Konsep Desain Ala Bobber

Melangkah di awal pembahasan ini, kita akan mulai untuk mengulas sisi eksterior dari spesifikasi Honda Rebel 300. Jika kita telusuri secara lebih detail, sebenarnya moge ini merupakan bentuk daur ulang dari CBR300R yang sudah lama tak lagi diproduksi di pasaran. Sehingga, sekarang pun Honda telah menghadirkannya kembali dengan kategori motor cruiser di mana motor gagah ini akan mengusung konsep desain ala Bobber yang tampak begitu garang dan keren. Setiap sisi bodi Honda Rebel 300 ini pun terlihat begitu agresif. Di mulai dari depan, tampak sebuah head lamp berteknologi LED yang didesain dengan konsep retro dan dibentuk dengan rancangan membulat sehingga semakin menampilkan kesan motor klasik yang gagah. Kemudian, di samping kanan kiri headlamp juga telah terpasang lampu sein berwarna kuning yang semakin menampilkan kesan retro yang begitu menawan pada Honda Rebel 300 ini. Kemudian, sedikit bergerak ke belakang, tampak sebuah tangki bahan bakar yang dibuat besar di mana mampu menampung bahan bakar hingga 11 liter. Sehingga, selain memperlihatkan kegagahannya, dengan kapasitas bahan bakar yang besar tersebut tentu bisa dijadikan bekal bahan bakar ketika dikendarai untuk menempuh perjalanan yang jauh. Lalu, tak ketinggalan juga pada bagian bawah dari Honda Rebel 300 ini terdapat rangka mesin tersusun rapi yang mampu menampilkan tampilan begitu proporsional. Tak hanya itu saja, pada sisi samping kanan, tampak knalpot yang dibuat dengan bentuk yang cukup besar untuk memperkuat kesan sporty. Nah, selain itu, di belakang tangki bahan bakar terdapat jok empuk yang dibuat meninggi ke belakang dan lebih rendah dari stang depan layaknya desain riding Harley. Sehingga, dengan desain jok dari Honda Rebel 300 yang dibuat sedemikian rupa tersebut maka akan memberikan posisi riding yang tegak dan akan membuat pengendaranya pun tidak cepat capek. Sayangnya, motor cruiser ini tak bisa digunakan untuk berboncengan meski. Kemudian, menginjak pada sektor belakang, akan terlihat sebuah stop lamp yang didesain berbentuk kotak atau persegi yang membuat sisi eksterior dari spesifikasi Honda Rebel 300 ini semakin oke punya.

Spesifikasi Honda Rebel 300

Speedometer

Panel Indikator Didesain Mungil dan Minimalis Namun Tetap Informatif

Setelah kita mengulas pada sektor tampilan fisiknya, kini waktunya kita untuk mencoba membahas panel indikator dari spesifikasi Honda Rebel 300. Pada sektor ini, Honda tampaknya memang mempertahankan kesan retro untuk beberapa sisi pada motor cruiser ini. Pasalnya, instrumen indikator yang diusung motor cruiser ini pun memang dibuat dengan desain yang membulat dan sangat minimalis. Tapi jangan salah sangka, meskipun terlihat minimalis, panel indikator dari Honda Rebel 300 ini mampu menyajikan informasi terkait kondisi motor dengan begitu informatif dan akurat. Bahkan, dengan bentuknya yang membulat dan agak kecil tersebut, panel indikator yang diusung motor cruiser garapan Honda ini justru sudah mengandalkan panel digital. Nah, pada panel indikator  dari Honda Rebel 300 ini, nantinya akan ditampilkan kecepatan yang dihitung Km/jam, penunjuk waktu (jam), jarak tempuh, dan indikator bahan bakar. Walaupun hanya menampilkan 4 informasi, dipastikan sudah cukup bagi para pengendara untuk mengetahui kondisi motor yang sedan ditungganginya ini. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Honda Rebel 300 pada panel indikatornya ini memang didesain dengan bentuk yang minimalis namun tetap informatif dan modern di mana sudah menggunakan panel digital.

Spesifikasi Motor Honda Rebel 300

Dimensi

Memiliki Ukuran Dimensi Pas dan Rangka yang Kuat Berikan Kenyamanan dalam Berkendara

Beralih pada pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengajak sobat semua untuk mengulas bagaimana dimensi yang diusung pada spesifikasi Honda Rebel 300 ini. Pertama, untuk menopang beban dari motor cruiser yang gagah ini, tentu Honda membutuhkan rangka kokoh. Nah, dalam kaitannya dengan ini, Honda sendiri telah membekali motor cruiser ini dengan rangka tulang punggung (backbone) yang diketahui memiliki kemampuan yang cukup kuat. Sayangnya, untuk berapa ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari Honda Rebel 300 ini belum diketahui kepastiannya. Namun, yang jelas bahwa motor tipe cruiser besutan Honda ini memiliki jarak sumbu roda 1.490 mm dan memiliki ketinggian jok 690 mm. Tentu saja, dengan jarak sumbu roda dan ketinggian wheelbase (jarak sumbu roda) tersebut maka akan membuat motor cruiser tampak begitu gagah dan nyaman ketika dikendarai. Tak sampai di situ saja, Honda Rebel 300 ini juga memiliki jarak ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 110 mm dari tanah. Sehingga, akan membuat motor ini mudah untuk dikendarai di medan jalan yang penuh bebatuan. Tentu, dengan dimensinya yang pas dan kokoh tersebut, membuat spesifikasi Honda Rebel 300 ini semakin tangguh.

Review Honda Rebel 300

Suspensi

Disokong Suspensi Handal dengan Kualitas Pengereman Sempurna

Selain memiliki dimensi dengan rangka yang kokoh, spesifikasi Honda Rebel 300 ini juga dilengkapi sektor kaki-kaki kuat untuk menyangga beban bertanya. Dalam kaitannya dengan kaki-kaki ini, Honda akan membekali motor cruisernya ini dengan suspensi handal, yaitu tipe Shock Telescopic Fork berukuran 41 mm untuk bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi belakangnya Honda Rebel 300 ini akan menggunakan tipe Dual Shock Absorber. Dengan demikian, dipastikan bahwa pengemudinya akan nyaman dalam berkendara mengingat kedua tipe suspensi ini akan mampu meredam setiap goncangan atau getaran, terutama ketika melewati medan jalan yang bergelombang atau bergeronjal. Tak hanya itu saja, sektor kaki-kaki dari Honda Rebel 300 ini pun juga akan dilengkapi dengan roda yang menggunakan velg berukuran 16 inci di mana velg tersebut akan dibalut ban jenis Dunlop yang berukuran 130/90 pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang akan dibalut ban yang berukuran 150/80. Sehingga, dengan keberadaan velg dan ban yang cukup besar tersebut maka pengemudi akan lebih mudah dalam bermanuver menggunakan Honda Rebel 300 di berbagai medan jalan. Tak sampai di situ saja, pada kedua lini kaki-kakinya, pabrikan otomotif asal Negeri Sakura ini juga akan membekali pengereman handal, yaitu dengan mengandalkan tipe Disc Brake kaliper 2 piston untuk pengereman depan dan untuk rem bagian belakang akan menggunakan tipe yang sama dengan kaliper 1 Piston. Menariknya, spesifikasi Honda Rebel 300 pada bagian pengereman ini juga akan menawarkan teknologi ABS atau pun non ABS di mana kedua varian tersebut bisa dipilih dan tentunya akan memiliki harga yang berbeda.

Harga Motor Honda Rebel 300

Mesin

Motor Cruiser dengan Berbekal Mesin DOHC Berkapasitas 286 cc Hasilkan Performa Super Gahar

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulik sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda Rebel 300. Guna mengimbangi desainnya yang tampak gahar maka pada sektor permesinan ini, pihak Honda sendiri juga bakal membenamkan komponen mesin pacu yang canggih dan handal. Dan benar saja, motor cruiser buatan pabrik asal Jepang ini pun akan dibekali dengan mesin tipe DOHC 4 katup dan bersilinder tunggal dengan kapasitas 286 cc. Namun, untuk tenaga dan torsi dari Honda Rebel 300, sampai sekarang belum diketahui kepastiannya. Akan tetapi, yang jelas bahwa dengan dibenamkannya komponen mesin tersebut maka tak heran jika motor cruiser yang bertransmisi 6 percepatan Chain Drive ini akan mampu memberikan tenaga yang begitu powerfull yang siap menerjang segala lintasan dengan gesit dan lincah. Bahkan, pada bagian permesinan ini, Honda Rebel 300 juga telah menggunakan sistem pendinginan cair (Liquid Cooled) yang akan mampu mengontrol atau mengatur suhu mesin secara optimal. Menariknya, motor ini pun sudah menggunakan sistem pembakaran PGM-FI dan pengapian Full Transisterized yang sudah tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 10.7 : 1. Pastinya, dengan teknologi pembakaran tersebut, tentu akan membuat spesifikasi Honda Rebel 300 ini semakin diminati para konsumen yang menginginkan motor gagah namun ramah lingkungan.

Fitur

Dipersenjatai Fitur Unggulan untuk Menunjang Keselamatan dan Kenyamanan Pengguna

Nah, selain memiliki mesin yang gahar, ternyata motor cruiser ini juga dibekali dengan fitur yang canggih untuk melengkapi ketangguhan spesifikasi Honda Rebel 300. Salah satunya yaitu dengan digunakannya teknologi PGM-Fi yang membuat motor ini memiliki gas buang sehingga akan membuatnya menjadi motor cruiser yang ramah lingkungan. Selain itu, untuk memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi motor maka Honda juga membekali motor cruiser ini dengan panel indikator minimalis yang sudah berteknologi digital. Pastinya, fitur indikator Honda Rebel 300 ini akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam mengetahui dan memahami keadaan atau kondisi motor yang sedang ditungganginya. Tak hanya itu saja, sebagai motor cruiser yang mengusung mesin tangguh, tentu Honda mengimbangi Honda Rebel 300 tersebut dengan menawarkan teknologi ABS sehingga akan mempermudah pengendara dalam mengontrol laju motor dan mencegah terjadinya ban anti selip ketika pengereman mendadak. Maka, fitur pengereman yang satu ini bakal menjadi daya tarik yang cukup kuat dari spesifikasi Honda Rebel 300 dalam memikat hati para konsumen.

Spesifikasi  Honda Rebel 300

Mesin
Tipe liquid-cooled single-cylinder four-stroke DOHC; 4 valves per cylinder
Kapasitas 286cc
Diameter x Langkah  76mm x 63mm
Torsi Maksimum
Daya Maksimum
Sistem Suplai BBM PGM-FI
Rasio Kompresi 10.7:1
Transmisi Six-Speed
Dimensi
Panjang
Lebar
Tinggi
Jarak Sumbu Roda 1490 mm
Jarak Terendah
Tinggi Jok 690 mm
Berat 165 Kg
Kapasitas Tangki 2.96 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan 41mm fork; 4.8 inches travel
Suspensi Belakang Dual shocks with 3.8 inches travel
Rem Depan Hydraulic disc
Rem Belakang Hydraulic disc
Ukuran Ban Depan 130/90-16
Ukuran Ban Belakang 150/80-16

Harga Honda Rebel 300

Setelah kata demi kata dan segmen demi segmen telah kita lewati bersama, kini saat yang tepat bagi Mas Sena untuk mengulas harga Honda Rebel 300. Tapi, Mas Sena terlebih dahulu ingin sedikit mengingatkan kembali terkait pembahasan mengenai spesifikasi dari motor cruiser besutan Honda yang telah disampaikan pada beberapa segmen di atas. Pertama, perlu untuk diketahui kembali bahwa Honda Rebel 300 ini memang motor cruiser yang dihadirkan dengan mengusung konsep desain ala Bobber yang tangguh, gagah, dan macho layaknya motor Harley. Maka, tak heran jika para konsumen penggemar touring pun akan kepincut dengan desain yang ditawarkan oleh motor cruiser buatan Honda ini. Tak hanya itu saja, bahkan pada sisi mesin pacu Honda Rebel 300 ini pun juga akan mampu memberikan tenaga mesin yang sangat handal dan ramah lingkungan mengingat pada sektor mesin pacunya, Honda telah membenamkan teknologi sistem pembakaran PGM-FI. Tentu, dengan teknologi tersebut tak heran jika nantinya harga Honda Rebel 300 ini pun harus dibayar dengan mahar yang tinggi. Tak cukup sampai di situ, Rebel 300 ini juga akan dilengkapi fitur pengereman handal, yaitu ABS System yang siap memberikan kualitas pengereman yang begitu sempurna. Nah, dengan spesifikasi yang oke punya tersebut, kira-kira berapa ya harga Honda Rebel 300 ini?

Harga Honda Rebel 300

Harga Honda Rebel 300 Terbaru

Terkait dengan harga Honda Rebel 300, sampai sekarang pun masih belum diketahui secara pasti mengingat baru dijual di Amerika Serikat. Namun, meskipun baru dijual di Negeri Paman Sam, tidak menutup kemungkinan motor cruiser ini nantinya bakalan masuk ke Indonesia. Jika menilik harga Honda Rebel 300 sendiri yang dijual di Amerika Serikat, harganya mencapai USD 4.399 atau jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah menjadi setara dengan Rp 51 jutaan. Sebuah banderol yang cukup mahal untuk sekelas motor cruiser. Bahkan, apabila datang ke Indonesia sudah dapat dipastikan bahwa harga jual Honda Rebel 300 ini akan lebih mahal dari itu mengingat harus impor dari Amerika Serikat, di tambah lagi dengan nilai tukar Rupiah yang tak menentu. Namun, jika membandingkan spesifikasi dan harga Honda Rebel 300 ini, angka tersebut rasanya cukup wajar.

Harga Honda Rebel 300
Rp. 51.000.000,- (Amerika Serikat)

Catatan : 

  • Harga motor Honda Rebel 300 diatas merupakan harga jual di Amerika
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda Rebel 300

Seperti yang sudah Mas Sena katakan, harga Honda Rebel 300 yang cukup tinggi tersebut, tentu akan sebanding jika dicocokkan dengan spesifikasi yang diusungnya. Di sisi lain, harga tersebut pun merupakan harga jual di luar negeri sehingga bisa berubah sewaktu-waktu ketika dijual di Tanah Air kita tercinta ini. Selain itu, dengan harga Honda Rebel 300 yang cukup mahal itu maka dipastikan hanya beberapa kalangan saja yang akan memboyong motor cruiser gagah ini. Terlepas dari hal tersebut, Honda Rebel 300 ini nantinya bakal bersaing dengan Kawasaki Vulcan S yang sama-sama mengusung spesifikasi mumpuni dan berada di segmen cruiser. Tentu, bakal menjadi persaingan yang menarik. Sampai di sini dulu perjumpaan kita kawan. Mas Sena berharap semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Rebel 300 di atas bisa semakin menambah informasi kepada kawan-kawan semua. Sampai jumpa kembali. Baca juga Honda Rebel 500 dan Triumph Bonneville T100.

  • Andi Wong

    AHM engak mikirin pengemar nya yg menengah ke bawah yg ingin memilik i honda rebel tlong secepat nya di rilis rebel 250/300cc nya Trmksih..

Top