Harga Proton Iriz, Review & Spesifikasi April 2017

Harga Proton Iriz dan Spesifikasi – Pasar otomotif Indonesia kembali akan digoyang dengan kehadiran hatchback asal Malaysia yaitu Proton Iriz. Melalui PT Proton Edar Indonesia (PEI) selaku APM resminya, peluncuran city car mungil asal Negeri Upin Ipin ini pun dianggap sebagai langkah awal untuk kembali memulai kebangkitannya setelah setahun tak pernah sama sekali meluncurkan produk barunya. Dan kini, Proton Iriz ini pun siap diluncurkan dengan harga yang cukup murah untuk sekelas mobil hatchback meski sampai saat ini masih belum diketahui berapa nominal pastinya. Tentu, hal ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen di Indonesia. Kabar lain juga menyebutkan bahwa Proton Iriz yang sebelumnya sudah resmi mengaspal di negeri asalnya tersebut, rencananya akan segera diluncurkan di pasar otomotif Tanah Air Tanah Air pada tanggal 18 Februari 2017 mendatang di FX Sudirman, Jakarta. Lalu, apa saja ya kelebihan yang dimiliki Proton Iriz ini?

Proton Iriz

Proton Iriz

Terkait dengan keunggulan dari spesifikasi yang dibawa Proton Iriz ini, tentu tak lepas dari beberapa sektor pengusungnya. Pertama dari sisi tampilan fisiknya di mana hatchback asal Malaysia ini memang dibuat dengan bentuk bodi yang minimalis dan mungil namun cukup menarik dan tampak elegan. Hal ini membuat Proton Iriz ini pun akan lebih mudah dikendarai di medan jalan sempit dan mempermudah si pengemudi untuk memarkir mobil. Di sisi lain, meski mungil namun untuk performanya tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, di Malaysia sendiri mobil ini akan dibekali dengan 2 varian mesin berbeda, yaitu mesin 1.3 liter dan 1.6 liter. Akan tetapi, untuk pasar Indonesia sendiri, Proton hanya akan meluncurkan Proton Iriz varian 1.3 liter dengan 2 varian sistem transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Selain itu, fitur-fitur lain pun juga akan turut dihadirkan untuk mendukung performanya dan tentunya guna menunjang keselamatan maupun kenyamanannya. Apa cuma itu saja kelebihannya? Tidak. Masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki city car ini. Nah, untuk mengetahui secara lebih detail, kali ini Mas Sena akan mengulas terkait spesifikasi dan harga Proton Iriz pada beberapa segmen di bawah ini!

Mobil Proton Iriz

Review Proton Iriz

Eksterior

Hatchback Mungil dengan Desain Minimalis Namun Tampak Elegan

Di awal pembahasan ini, kita akan mengawalinya dengan mengulas pada sisi eksterior dari spesifikasi Proton Iriz. Memang, jika kita lihat secara fisiknya, detail konsep desain mobil mungil ini memang kurang lebih sedikit mirip dengan beberapa kendaraan sejenis. Namun hatchback asal Negeri Melayu yang satu ini lebih terkesan memiliki karakter feminim. Sehingga, terkesan lebih tepat jika mobil Proton Iriz ini untuk penggunaan harian para wanita. Sebagai contoh seperti bagi Ibu-ibu yang akan mengantarkan anaknya ke sekolah, atau penggunaan harian yang aktif di lingkungan perkotaan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, seperti kondisi Jakarta saat ini. Hal ini tentu tak lepas dari bentuknya yang terbilang sangat mungil yang menjadikan mobil ini lebih agresif dan mudah dikendalikan di tempat-tempat sempit sekalipun. Di sisi lain, untuk detail tampilan dari Proton Iriz sendiri bisa dibilang cukup menarik. Seperti penggunaan head lamp yang didesain menyipit tajam dan berteknologi LED Projector di mana dilengkapi dengan lampu kabut berbentuk memanjang. Tentu, selain mampu menampilkan tampilan yang cantik, dengan penempatan head lamp berteknologi LED Projector pada Proton Iriz  tersebut maka akan mampu memancarkan cahaya yang cukup terang untuk membantu si pengemudi mengemudikan mobil ini ketika berkendara di medan yang minim pencahayaan. Kemudian, pada Grille depan yang dilengkapi dengan lubang kisi-kisi lebih kecil dan halus semakin memperlihatkan keanggunannya. Menariknya, di bagian tengah grille tersebut tertempel sebuah logo Proton dengan flat chrome membuat Proton Iriz paling cocok buat kaum Hawa aktif. Lalu, pada bagian sisi samping, tampak desain minimalis dan handle door dengan sedikit lekukan atau garis lembut pada pintunya yang memberikan kesan yang cukup menarik. Menginjak pada bagian belakang, penggunaan stop lamp LED Rear Combi Lamp pada Proton Iriz  yang dibentuk dengan ukuran lebih besar yang melebar dari bagian spoiler hingga pada bagian tengah. Di sisi lain, penggunaan ornamen dengan beberapa variasi pada bagian belakangnya, seperti wiper pada kaca belakang menjadikan tampilan pada spesifikasi Proton Iriz ini makin terlihat lebih kokoh dengan under guard tersebut.

Spesifikasi Proton Iriz

Interior

Sisi Interior Simple Namun Dibekali Fitur Canggih Kian Manjakan Pengguna

Lanjut pada sektor lainnya, kali ini Mas Sena akan mencoba untuk masuk ke dalam ruang kabin pada sisi interior dari spesifikasi Proton Iriz. Tampaknya, city car minimalis ini benar-benar tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, ketika kita memasuki ruang kabinnya, akan tersaji ruang kabin yang terasa lega meski jika dilihat dari fisiknya tampak mungil. Tentu, hal tersebut menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi hatchback asal Negeri Serumpun dengan Indonesia ini. Tak hanya itu saja, pada sisi dashboard bagian depan dari Proton Iriz ini, juga tampak dibuat dengan desain sederhana namun terlihat begitu rapi dalam hal tata letak tombol-tombol navigasi yang biasa sering digunakan. Bahkan, pada beberapa bagian tengah dashboard pun sudah dilengkapi dengan layar LCD touchscreen dan beberapa fitur pendukung seperti GPS dan Bluetooth pun siap memanjakan pemiliknya dengan berbagai panel multimedia didalam Proton Iriz tersebut. Bahkan, untuk menambah penggunanya semakin merasa nyaman maka Proton pun melengkapinya dengan fitur infotainment, seperti 2 Din Radio CD / MP3 Player, USB & AUX . Kemudian, pada bagian setir kemudinya dibuat dengan bentuk bulatan besar lengkap dengan beberapa tombol panel yang sudah terintegrasi dengan sistem navigasi pada bagian multimedia. Sehingga, pengemudi Proton Iriz ini pun bisa memutar lagu kesukaan atau pun mengatur beberapa panel navigasi dari kemudinya tanpa mengganggu pandangannya ke depan. Di sisi lain, penggunaan jok yang terbuat dari bahan berkualitas Fabric pun diyakini bakal membuat pengemudi maupun penumpangnya semakin nyaman dan betah berlama-lama di dalam mobil. Tentu, sektor interior dari spesifikasi Proton Iriz ini pun akan memberikan kenyamanan dan memanjakan setiap penggunanya dalam berkendara.

Spesifikasi Mobil Proton Iriz

Dimensi

Dimensi Super Mungil dan Minimalis Namun Disokong Kaki-Kaki yang Kokoh

Menginjak pada ulasan selanjutnya ini, kita akan bersama-sama mengulas sektor dimensi yang diusung spesifikasi proton Iriz. Seperti dengan apa yang dijelaskan di atas, mobil hatchback ini memiliki sektor interior yang terkesan memiliki ruang kabin yang lega. Tentu, hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensi yang diusung city car asal Malaysia ini. Pasalnya, mobil ini memiliki ukuran dengan panjang 3.920 mm, lebarnya 1.722 mm, tingginya 1.554 mm dan memiliki jarak sumbu roda berjarak 2.555 mm. Maka, dengan ukuran dimensi Proton Iriz yang memang cukup mungil namun sedikit memanjang tersebut maka tak heran jika ruang kabinnya akan terasa lebih lega dengan kapasitas penumpangnya 5 orang. Bahkan, dengan ukuran dimensinya tersebut maka akan membuat bobot mobil asal negeri Jiran ini menjadi cenderung ringan, yaitu 1.130 Kg. Tak hanya itu saja, untuk menyangga beban dari dimensinya ini, maka Proton telah membekali Proton Iriz ini dengan suspensi kokoh yang terpasang pada bagian depan maupun belakang. Pada bagian depan akan mengandalkan suspesni MacPherson Strut with Stabiliser Bar sedangkan pada bagian belakangnya akan menggunakan tipe Torsion Beam Axle. Suspensi ini dikenal sangat kokoh dan handal dalam meredam setiap goncangan ketika melewati medan jalan bergeronjal sekalipun sehingga pengemudinya pun akan tetap merasa nyaman. Di sisi lain, untuk menunjang sektor kaki-kakinya maka Proton Iriz ini akan dilengkapi dengan velg Alloy yang berukuran 14 inci di mana akan terbalut ban dengan ukuran 175/65. Dengan demikian maka akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam bermanuver di setiap medan jalan. Lalu, menginjak yang terakhir, Proton Iriz ini akan dipersenjatai dengan rem Ventilated Disc 14 inci pada bagian roda depan dan rem bertipe LT Drum yang berukuran 8 inci untuk bagian belakang. Bahkan, kedua rem tersebut sudah dibekali dengan teknologi ABS sistem yang siap memberikan kualitas pengereman yang lebih sempurna pada spesifikasi Proton Iriz ini.

Review Proton Iriz

Mesin

Berbekal Mesin Tangguh Berkapasitas 1.3 Liter Berteknologi VVT-i

Setelah kita mengetahui desain dan interiornya, nah pada segmen kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulik pada sektor permesinan dari spesifikasi Proton Iriz. Meskipun memiliki desain mungil dan minimalis, hatchback yang satu ini tetap akan dibekali dengan mesin yang terbilang cukup tangguh di kelasnya. Pasalnya, proton akan membekali mobil besutannya ini dengan mesin berkapasitas 1.3 liter berteknologi VVT-I 4 Silinder. Pastinya, dengan digunakannya mesin tersebut pada Proton Iriz ini maka tenaga yang dihasilkannya pun cukup mumpuni. Di mana mesin tersebut akan mampu menghasilkan semburan tenaga hingga 70 kW pada putaran ke 5.750 rpm. Sedangkan untuk puncak torsinya akan mampu diraih hingga 120 Nm per putaran 4.000 rpm. Tentu saja, sebuah hasilan tenaga yang bakal cukup memberikan dorongan performa handal. Nah, untuk tenaga mesin dari Proton Iriz tersebut nantinya akan disalurkan melalui 2 pilihan sistem transmisi, antara lain manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Selain itu, dengan kombinasi mesin dan transmisi tersebut maka mobil ini pun diketahui akan mampu berakselerasi antara 0-100 km/jam hanya dalam waktu tempuh 12.2 detik. Maka, tak heran jika dengan spesifikasi Proton Iriz pada sektor mesinnya yang begitu handal tersebut, membuat hatchback ini akan menjadi salah satu pilihan alternatif bagi para calon konsumen pemula di Indonesia.

Harga Mobil Proton Iriz

Fitur

Berkendara Nyaman dan Aman Berkat Fitur Pendukung Canggih dan Fungsional

Selain memiliki tenaga gahar dan powerfull pada sektor mesinnya, spesifikasi Proton Iriz ini pun juga akan dilengkapi dengan fitur canggih. Pertama, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan dari hatchback ini maka produsen asal Malaysia ini akan membekali mobil garapannya dengan sistem pengereman ABS. Dengan menggunakan teknologi ABS ini maka akan memberikan daya pengereman pada Proton Iriz yang sangat berkualitas bahkan ketika pengereman mendadak sekalipun. Selain itu, pengereman ABS ini pun juga sangat efektif untuk mencegah ban selip. Di sisi lain, Proton juga akan melengkapi sisi interiornya dengan PROTON Infotainment System yang sudah dilengkapi beberapa panel modern untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna Proton Iriz, seperti MP3 dan radio. Di samping itu, pengguna pun juga akan dimanjakan dengan fitur Rear USB Charger yang akan sangat membantu setiap penumpang untuk mengisi daya baterai ketika daya baterai habis saat berkendara. Nah, dengan melihat fitur-fitur tersebut maka tak heran jika spesifikasi Proton Iriz ini memang dibilang canggih dan fungsional.

Video Proton Iriz

Berikut ini adalah official video Proton Iriz yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Proton ini:

Spesifikasi Proton Iriz

Model 1.3L Executive MT 1.3L Executive CVT
Mesin
Tipe  1.3L,  In-line 4
Kapasitas  1332 cc
Diameter x Langkah  76.0mm x 73.4mm
Rasio Kompresi  10:1
Torsi Maksimum 120Nm@4000
Daya Maksimum 70kW@5750
Kapasitas BBM 40 L
Transmisi 5-speed manual Automatic
Kecepatan Maksimal 165 km/h 160 km/h
Akselerasi  12.2 km/sec 13.1 km/sec
Dimensi
P x L x T  3920 x  1722 x 1554 mm
Berat  1138 Kg 1158 Kg
Kapasitas Penumpang  5 penumpang
Jarak Sumbu Roda  2555 mm
Jarak Terendah  155 mm
Kaki-kaki
Suspensi Depan MacPherson Strut with Stabiliser Bar
Suspensi Belakang Torsion Beam Axle
Rem Depan  Ventilated Disc, 14′
Rem Belakang  LT Drum, 8′
Ukuran Ban Depan  175/65 R14 Alloy x 5.5JJ
Ukuran Ban Belakang  175/65 R14 Alloy x 5.5JJ
Sistem Kemudi  Electric  Power Steering (EPS)
Fitur
Kenyamanan • 2 Din Radio CD / MP3 Player, USB & AUX Port, Bluetooth
• Rear USB Charger 2.1A & 1.5A
• Cup Holders
• Air Conditioning
• Driver Seat Height Adjuster
• Rear Seat 60:40 Folding
• Semi Bucket Seats
• Driver’s Vanity Mirror
• Power Windows
• Instrument Panel Groceries Hook
• Glove Box
Keamanan & Keselamatan • Vehicle Dynamic Control (VDC
• ABS with EBD
• Brake Assist (BA)
• Electronic Stability Control (ESC)
• Traction Control (TC)
• Hill-Hold Assist
• Dual Front SRS Airbags with Dual Seat Belt Pre-tensioners
• ISOFIX & Top Tether Mount Point
• Seat Belt Warning Buzzer & Indicator
• Reverse Sensor
• Immobiliser
• Remote Control Key with Tailgate Remote Release
• Front Passive Headrest
• Impact Sensing Door Unlock

Harga Proton Iriz

Nah, menginjak pada segmen terakhir ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas harga Proton Iriz. Tapi tunggu dulu ya. Mas Sena ingin mengingatkan kembali terkait spesifikasi dari hatchback ini yang telah dijelaskan pada beberapa segmen di atas agar sobat lebih yakin untuk memilih hatchback ini. Pertama, Proton Iriz ini memang sebuah mobil hatchback atau city car mungil yang memiliki bodi mungil minimalis namun tetap memperlihatkan kesan elegan dan mewah. Tentu, sektor eksteriornya ini pun bakal menjadi daya tarik bagi para konsumen. Selain itu, sisi interiornya pun juga tak kalah menarik di mana pada Proton Iriz ini juga disematkan beberapa fitur canggih untuk menunjang kenyamanan dan hiburan dalam berkendara. Di sisi lain, pada sektor permesinannya pun juga tak bisa dianggap remeh mengingat mobil mungil ini pun sudah dibekali dengan emsin VVT-I berkapasitas 1.3 liter yang siap memberikan performa handaldan tentu akan berpengaruh pada harga Proton Iriz tersebut. Tak ketinggalan juga beberapa fitur keselamatan berteknologi tinggi, seperti fitur ABS pun turut disematkan pada mobil ini. Nah, dengan berbagai kelebihan pada spesifikasi hatchback buatan Malaysia ini, kira-kira berapa ya banderol harga Proton Iriz ini?

Harga Proton Iriz

Harga Proton Iriz Terbaru

Berkaitan dengan harga Proton Iriz di Indonesia, sebenarnya sampai saat ini belum diketahui kepastiannya mengingat baru akan meluncur di Indonesia pada 18 Februari 2017. Namun, jika melihat banderolnya di Malaysia, harga jual Proton Iriz dibanderol mulai dari 45.000 ringgit sampai 60.000 ringgit atau setara Rp 134,8 juta sampai dengan Rp 179,8 juta. Maka, dengan kisaran angka tersebut, bisa diprediksi bahwa harga Proton Iriz di Indonesia pun tak akan jauh berbeda dari harga jualnya di Malaysia tersebut di mana masih di diperkirakan akan dibanderol Rp 180 jutaan. Tentu, sebuah banderol yang cukup bisa dijangkau oleh sebagian besar kalangan. Selain itu, dengan harga Proton Iriz tersebut, juga kemungkinan akan menawarkan 7 pilihan warna, antara lain Cotton White, Midnight Black, Steerling Silver, Fire Red, Atlantic Blue, Graphite Grey, dan Citrus Green.

Harga Proton Iriz
Rp. 134.800.000,- s/d Rp. 179.800.000 (Malaysia)

Catatan : 

  • Harga mobil Proton Iriz diatas merupakan harga jual di Malaysia
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Proton Iriz

Di sisi lain, jika melihat harga Proton Iriz dan spesifikasi yang diusungnya, tampaknya banderol tersebut dirasa sudah sepadan dan bisa dibilang cukup terjangkau. Bahkan, dengan harga jualnya yang cukup terjangkau tersebut maka akan mampu merangkup konsumen lebih luas dari berbagai kalangan. Terlepas dari hal tersebut, tentunya kehadiran Proton Iriz di Indonesia akan bersaing ketat dengan beberapa mobil lain di segmen yang sama, yaitu Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Nissan March dan Kia Picanto. Namun, bukan hal yang tidak mungkin dengan segala kelebihan yang dibawanya, serta dengan harga Proton Iriz yang tergolong murah dikelasnya, mobil ini dapat menyaingi para city car dari produsen Jepang yang kini menguasai pasar otomotif di Indonesia. Sampai di sini dulu perjumpaan kita dan semoga info mengenai spesifikasi dan harga Proton Iriz ini bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga Toyota Yaris dan Toyota Etios Valco.

Top