Harga MV Agusta Brutale 800 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga MV Agusta Brutale 800 dan Spesifikasi – Pasar otomotif roda dua Tanah Air belum lama ini kembali digoncang dengan kehadiran motor premium yang bertajuk MV Agusta Brutale 800. Motor Streetfighter premium besutan pabrik asal Italia ini resmi diluncurkan di pasar otomotif Tanah Air pada 8 Februari 2017 lalu di Jakarta. Peluncuran MV Agusta Brutale 800 ini di Indonesia pun kabarnya pun sekaligus sebagai langkah awal dari PT Motor Varese Indonesia (MVI) sebagai agen pemegang merk resmi untuk penjualan motor MV Agusta di Indonesia yang resmi menggantikan APM sebelumnya. Di sisi lain, MV Agusta Brutale 800 ini pun juga diklaim merupakan varian tertinggi dari jajaran keluarga MV Agusta Brutale Series. Tentu, sebagai versi paling tinggi, tak heran jika kehadirannya akan semakin menguatkan kesan sang pabrikan sebagai produsen moge kelas premium berseni tinggi seperti tagline-nya ‘Motorcycle Art’. Dengan demikian, berbekal spesifikasi yang handal beserta fitur-fitur yang canggih, MV Agusta Brutale 800 pun siap menggempur pasar otomotif nasional.

Mv Agusta Brutale 800

MV Agusta Brutale 800

Sebagai motor streetfighter premium, tentu kehadiran MV Agusta Brutale 800 ini bakal dihadirkan dengan desain tegas dan sporty dari versi lawas. Hal ini tentu sebagai strategi produsen otomotif asal Negeri Pizza tersebut dalam menarik para konsumen di Indonesia. Bahkan, selain mengusung tampilan desain yang begitu gagah, MV Agusta Brutale 800 ini pun akan dibekali dengan mesin 3 silinder yang memiliki kapasitas 798 cc berteknologi Counter Rotating Crankshaft yang siap memberikan performa handal dan terbaiknya kepada para penggunanya. Tentu, sektor ini bakal menjadi daya tarik tersendiri dan akan membuat harga jualnya melambung tinggi. Tak sampai di situ saja, MV Agusta Brutale 800 ini pun juga bakal dilengkapi dengan beragam fitur menarik dan canggih, guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan si penumpang. Cukup menarik bukan? Nah, bagi kawan-kawan Mas Sena yang ingin kenal lebih dekat dengan motor ini, yuk kita simak ulasan secara lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga MV Agusta Brutale 800 di bawah ini!

Motor Mv Agusta Brutale 800

Review MV Agusta Brutale 800

Desain

Tampilan Mengusung Desain yang Sangat Agresif dan Futuristik

Di langkah awal ini, Mas Sena akan mulai mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi MV Agusta Brutale 800. Jika kita melihat dari sisi eksteriornya, memang motor street fighter ini bisa dibilang tampak begitu mewah dan berotot pada setiap sisi bodinya sehingga semakin memperkuat motor gagah. Jika kita mulai meraba dari depan, akan ditemui sebuah head lamp yang dibuat berukuran besar yang dibentuk dengan mengusung konsep Elliptical dan berteknologi LED Projector. Tentu, selain mampu memberikan pencahayaan maksimal kepada pengemudinya, dengan konsep desain tersebut maka tampilan MV Agusta Brutale 800 ini akan semakin tampak garang. Kemudian, pada bagian tangki bahan bakarnya dibuat lebih menarik mengingat dirancang dengan beberapa lekukan tegas dan dibuat dengan bentuk trapezium yang cukup besar di mana mampu menampung bahan bakar berkapasitas 16.5 liter. Bahkan, kemegahan MV Agusta Brutale 800 ini pun semakin tampak berkelas berkat susunan mesin rapi dan kokoh yang terlihat jelas di bawah tangki. Sehingga, penampilannya semakin tampak berotot dan futuristik. Nah, pada bagian jok atau temapt duduknya, MV Agusta mengandalkan dibekali jok berbahan busa tebal dan empuk yang didesain terpisah antara jok pengemudi dan penumpangnya dengan bentuk meruncing ke belakang sehingga  dipastikan akan siap memberikan posisi riding yang cukup proporsional pada MV Agusta Brutale 800. Nah, selain itu, menginjak pada bagian belakang, tampaknya tampilannya juga tak kalah menarik dengan sektor depan dan sampingnya. Pasalnya, pada bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan stop lamp LED yang mampu memancarkan cahaya cukup terang namun tak membuat silau pengendara di belakangnya. Tentu, spesifikasi MV Agusta Brutale 800 pada sektor tampilan eksteriornya ini, bisa dibilang memang didesain dengan mengusung konsep sporty yang gagah dan modern pada setiap sisinya.

Spesifikasi Mv Agusta Brutale 800

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Full Digital Modern yang Begitu Memukau

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, Mas Sena akan membahas sektor panel indikator pada spesifikasi MV Agusta Brutale 800. Dihadirkan sebagai motor streetfighter premium, tentu tak hanya desain fisiknya saja yang dibuat modern dan futuristik. Terbukti bahwa MV Agusta sendiri telah membekali motor baru garapannya ini dengan instrumen indikator yang sangat elegan dan futuristik. Pasalnya, motor streetfighter kelas premium ini dibekali panel indikator berteknologi Full Digital yang sangat menawan. Panel Full Digital pada MV Agusta Brutale 800 ini pun akan menampilkan berbagai macam informasi terkait kondisi motor di mana akan ditampilkan posisi gigi (gear), kecepatan yang dihitung Km/jam, mode berkendara, dan pengaturan ABS. Selain itu, pada bagian panel indikator dari MV Agusta Brutale 800 ini juga akan menampilkan beberapa lampu indikator yang letaknya di bawah layar digital, antara lain indikator lampu tembak (high beam), oli, indikator bahan bakar, lampu netral, dan yang terakhir indikator lampu sein pada sisi kanan dan kiri. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi MV Agusta Brutale 800 ini memang sudah dilengkapi panel indikator full digital yang didesain begitu menawan dan informatif.

Spesifikasi Motor Mv Agusta Brutale 800

Dimensi

Dimensi Besar dan Kokoh Berkat Rangka ALS Steel Tubullar Trellis

Rupanya, sisi eksterior yang memang tampak besar ini tak lepas dari dimensi yang diusung pada spesifikasi MV Agusta Brutale 800. Pasalnya, motor street fighter ini mengandalkan rangka tipe ALS Steel Tubullar Trellis yang dikenal cukup tangguh dan kokoh untuk menampung atau menahan beban berat pada motor ini secara lebih maksimal. Selain itu, pada sektor dimensi ini, motor premium besutan MV Agusta ini memiliki panjang 2.045 mm, lebarnya 875 mm, dan memiliki jarak sumbu roda hingga 1.400 mm. Sehingga, dengan ukuran tersebut maka wajar jika dikatakan bahwa MV Agusta Brutale 800 ini tampak lebih besar. Selain itu, motor streetfighter ini pun juga memiliki ketinggian tempat duduk atau jok setinggi 830 mm yang dirasa cukup dan sudah sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Tentu, dengan ketinggian tempat duduk tersebut maka pengemudi pun akan lebih mudah dalam mengontrol motor ini. Tak sampai di situ saja, MV Agusta Brutale 800 ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 135 mm yang akan membantu pengemudi dalam melakukan manuver di berbagai medan tanpa perlu khawatir mengingat bagian bodi bawah motor ini tak akan tergesek dengan bebatuan atau tanah. Nah, dengan spesifikasi MV Agusta Brutale 800 pada dimensinya ini, dipastikan akan memberikan berkendara yang jauh lebih nyaman dan aman.

Review Mv Agusta Brutale 800

Suspensi

Disokong suspensi Kuat dan Kokoh Beserta Fitur Pengereman yang Handal

Nah, untuk memberikan sokongan kuat maka spesifikasi MV Agusta Brutale 800 ini akan dibekali dengan sektor kaki-kaki yang kuat. Maka dari itu, produsen otomotif asal Negeri Pizza ini akan membekali motor garapannya ini dengan suspensi tangguh, yaitu tipe Marzocchi Upside Down Telescopic Hydraulic Fork pada bagian depan memiliki diameter 43 mm dan untuk bagian belakang akan mengusung suspensi tipe Progressive Sachs Single Shock Absorber berdiameter 124 mm. Dengan adanya kedua suspensi tersebut pada MV Agusta Brutale 800 ini maka kenyamanan dalam berkendara akan semakin terasa mengingat kedua suspensi tersebut akan mampu meredam goncangan yang cukup baik ketika melewati jalanan yang bergeronjal sekalipun. Kemudian, untuk memperkuat kaki-kakinya maka MV Agusta Brutale 800 ini akan dibekali dengan roda yang menggunakan velg Alluminum Alloy berukuran 17 inci. Velg tersebut akan dibalut ban besar berukuran 120/70 pada bagian depan dan untuk bagian belakang akan terbalut ban berukuran 180/55. Sehingga, akan mempermudah pengemudi dalam bermanuver di segala medan. Di sisi lain, untuk memberikan sistem pengereman yang handal maka MV Agusta Brutale 800 ini akan dibekali rem Double Floating Discs berdiameter 320 mm kaliper Brembo 4 Piston di bagian belakang dan rem tipe Single Steel Discs berdiameter 220 mm untuk bagian depan. Menariknya, motor streetfighter ini akan dilengkapi dengan sistem pengereman berteknologi ABS yang tentunya akan membuat kualitas pengereman dari spesifikasi MV Agusta Brutale 800 ini menjadi lebih sempurna.

Harga Motor Mv Agusta Brutale 800

Mesin

Performa Handal Berkat Mesin DOHC 3 Silinder Berkapasitas 798 cc

Nah, kini saatnya Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua guna mengulas pada bagian yang sangat penting, yaitu sektor dapur pacu dari spesifikasi MV Agusta Brutale 800. Sebagai motor streetfighter yang diproduksi di Italia, selain memiliki desain tegas dan sporty dari versi lawas, MV Agutsa Brutale 800 ini pun akan mengusung mesin 3 silinder dengan counter-rotating crankshaft yang mengalami improvement di mana akan berkolaborasi dengan teknologi DOHC di kapasitas 798 cc. Mesin canggih dari MV Agusta Brutale 800 tersebut diklaim akan mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 109 Hp pada putaran ke 11.500 rpm dan puncak titik torsi mampu diraih pada 83 Nm di putaran ke 7.600 rpm. Tentu, dengan semburan tenaga mesin sedemikian itu maka tak heran jika motor gagah garapan MV Agusta ini akan mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, tenaga yang dihasilkan mesin MV Agusta Brutale 800 tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan Contant Mesh. D samping itu, motor ini juga sudah dilengkapi dengan slipper clutch yang mampu beroperasi dengan teknologi hidrolik dan electronically assited shift (EAS) 2.0 up and down gear shift, yang dikelola dengan sistem MVICS terbaru. Bahkan, diketahui juga sudah lulus uji emisi Euro 4. Sehingga dipastikan bahwa tak hanya mampu meletupkan tenaga yang gahar melainkan mesin yang diusung spesifikasi MV Agusta Brutale 800 ini pun juga akan mampu menekan konsumsi bahan bakar secara lebih irit dan efisien.

Fitur

Dilengkapi Fitur-Fitur Handal

Menginjak pada segmen ini, waktunya kita untuk mengetahui beberapa fitur pendukung yang disematkan pada spesifikasi MV Agusta Brutale 800. Pertama, seperti yang sudah Mas Sena katakan di atas bahwa untuk menunjang keselamatan ketika berkendara maka MV Agusta akan membekali motor garapannya ini dengan sistem pengereman handal yang berteknologi ABS. Sehingga, akan memberikan kemudahan kepada setiap pengemudinya dalam mengontrol laju dari MV Agusta Brutale 800 ini. Bahkan, mampu mencegah kecelakaan ketika terjadi pengereman mendadak atau ban selip. Tentu, hal ini termasuk salah satu sektor yang bakal menjadi unggulan. Kemudian, untuk menghemat  dan memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar MV Agusta Brutale 800 ini pun akan dibekali juga deretan fitur canggih seperti, sliper clutch yang dioperasikan secara hidrolik, electronically assist shift (EAS) 2.0, Up and Down Gear Shift berbasis sistem MVICS terbaru. Selain itu, motor ini juga dilengkapi panel indikator digital yang begitu menawan dan elegan serta begitu informatif. Maka dari itu, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa spesifikasi MV Agusta Brutale 800 ini memang dilengkapi fitur-fitur canggih yang siap mendukung performanya.

Video MV Agusta Brutale 800

Berikut ini adalah official video MV Agusta Brutale 800 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor MV Agusta ini:

Spesifikasi  MV Agusta Brutale 800

Mesin
Tipe Three cylinder, 4 stroke, 12 valve “D.O.H.C” with mechanical chain tensioner
Kapasitas 798 cc
Diameter x Langkah 79 mm x 54.3 mm
Torsi Maksimum 83 Nm (8.46 kgm) at 7.600 r.p.m
Daya Maksimum 81 kW (109 hp) at 11.500 r.p.m
Sistem Manajemen Mesin pengapian terpadu – MVICS sistem injeksi
(Sistem Motor Control & Kendaraan Terpadu)
dengan tiga injector. Unit kontrol mesin
Eldor EM2.0, throttle body penuh drive dengan
kawat Mikuni, pensil-coil. kontrol torsi dengan
empat peta, Traction Control dengan delapan tingkat
intervensi.
Rasio Kompresi 12.3:1
Transmisi Cassette style; six speed, constant mesh
Starter Electric
Clutch Hydraulically actuated Wet-clutch, multi-disc
with back torque limiting device
Kecepatan Maksimal 237.0 km/h
Dimensi
Panjang 2045 mm
Lebar 875 mm
Tinggi 830 mm
Jarak Sumbu Roda 1400 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Jok 830 mm
Berat 175 kg
Kapasitas Tangki 16.5 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Marzocchi “UPSIDE DOWN” telescopic
hydraulic fork with rebound-compression
damping and spring preload external
and separate adjustment
Suspensi Belakang Progressive Sachs, single shock
absorber with rebound and compression
damping and spring preload adjustment
Rem Depan Double floating disc with Ø 320 mm (Ø 12.6 in.)
diameter, with steel braking disc and flange
Rem Belakang Brembo radial-type, with 4 pistons
Ø 32 mm (Ø 1.26 in.)
Ukuran Ban Depan 120/70 – ZR 17 M/C (58 W)
Ukuran Ban Belakang 180/55 – ZR 17 M/C (73 W)
Velg Depan Aluminium alloy 3.50 ” x 17 ”
Velg Belakang Aluminium alloy 5.50 ” x 17 ”

Harga MV Agusta Brutale 800

Setelah puas membedah satu per satu pada spesifikasinya, kini saatnya bagi Mas Sena untuk mengulas harga MV Agusta Brutale 800. Tetapi tunggu dulu. Sebelum lebih jauh membicarakan mengenai harga, ada baiknya terlebih dahulu Mas Sena mengambil sedikit kesimpulan dari spesifikasi yang di bawa motor ini seperti yang sudah dijabarkan diatas, agar sobat semakin yakin dalam mempertimbangkan motor ini untuk di bawa ke garasi rumah sobat. Perlu diingat kembali bahwa MV Agusta Brutale 800 ini memang dihadirkan sebagai motor street fighter yang didesain dengan tampilan yang begitu gagah dan elegan. Tentu, hal ini akan menjadi sektor yang cukup mampu memikat setiap konsumen yang melihatnya. Lalu, pada sektor mesinnya pun tak perlu diragukan lagi, sehingga tak heran jika harga MV Agusta Brutale 800 ini akan di banderol cukup mahal. Pasalnya, dengan kapasitas mesin 798 c tentu akan membuat motor ini menjadi lebih kencang. Tak sampai di situ saja, beberapa fitur pun juga turut disematkan pada motor street fighter besutan MV Agusta ini pun juga akan disematkan fitur Honda. Nah, dengan mengusung spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga MV Agusta Brutale 800 ini?

Harga Mv Agusta Brutale 800

Harga Mv Agusta Brutale 800 Terbaru

Terkait harga MV Agusta Brutale 800 di atas, sejak sebelum peluncurannya di Indonesia pun harganya sudah di prediksi akan tinggi, hal tersebut di ungkapkan oleh berbagai sumber. Nah, bersamaan dengan peluncurannya di Jakarta harga MV Agusta Brutale 800 ini diketahui akan dibanderol Rp 530 juta. Sebuah harga yang cukup tinggi untuk motor streetfighter. Bahkan dengan angka yang menginjak ratusan juta tersebut, tentu semakin memperkuat kesan bahwa MV Agusta Brutale 800 ini memang sebuah streetfighter yang berkelas premium. Selain itu, nantinya MV Agusta sendiri akan menawarkan pilihan warna merah, putih dan hitam yang bisa disesuaikan dengan tenaga atau sesuai selera. Namun pilihan warna tersebut diketahui tidak akan mempengaruhi fluktuasi harga MV Agusta Brutale 800 ini.

Harga MV Agusta Brutale 800
Rp 530.000.000,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga motor MV Agusta Brutale 800 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga MV Agusta Brutale 800

Nah, masih terkait dengan harga MV Agusta Brutale 800 ini, harga tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, setiap daerah berbeda-beda dan cenderung akan dibanderol dengan harga yang tinggi. Di sisi lain, kehadiran dari MV Agusta Brutale 800 ini pun diklaim kan mengganggu beberapa produk lain di segmen yang sama. Seperti diketahui, persaingan pada segmen motor premium di Tanah air memang tidak terlalu sengit, mengingat produk-produk yang mengisi didalamnya pun tidak banyak. Sehingga meskipun dengan harga MV Agusta Brutale 800 yang mencapa setengah M tersebut, karya seni ini akan mampu bersaing dengan produk-produk sejenis dari vendor lain. Meskipun hal tersebut tentu tidak akan semudah membalikan telapak tangan. Nah, demikianlah pembahasan yang dapat Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga MV Agusta Brutale 800. Sebagai sebuah karya seni otomotif, motor tersebut sangat lah indah. Baca juga Kawasaki Z800 dan Yamaha Xabre.

Top