Setelah Indonesia, Kini Saatnya Yamaha R15 Mendarat di Thailand

Yamaha R15 Terbaru Kini Bakal Buka Selubung di Thailand – Setelah resmi diperkenalkan di Tanah Air Indonesia, kini giliran Yamaha Thailand secara resmi meluncurkan all new YZF-R15 atau Yamaha R15. Acara peluncuran tersebut pun juga turut dihadiri pembalap MotoGP Yamaha untuk musim 2017, yaitu Maverick Vinales. Sebelumnya, motor bergaya sport racing itu sudah lebih dulu diperkenalkan di Indonesia pada 23 Januari 2017 kemarin, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Vinales sempat mencoba R15 di sirkuit tersebut.

Jika melihat desain bodinya, tampaknya memang sekilas tidak ada perbedaan yang cukup mencolok antara YZF-R15 yang ada di Thailand dengan Indonesia. D sisi lain, untuk sektor mesin pacunya, Yamaha YZF-R15 ini nantinya juga akan dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc yang dikolaborasikan dengan sistem transmisi manual enam percepatan. Mesin tersebut diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga sekuat 19 hp pada 1.000 rpm dan torsi puncak 14,7 nm pada 8.500 rpm.

Dari sisi desain eksteriornya, tampak lampu utama R15 terbaru yang kini menggunakan teknologi LED sehingga akan mampu memancarkan cahaya yang lebih terang saat melaju di jalan yang gelap. Kemudian, untuk tangki bahan bakarnya dibuat tampak sporty dengan lekukan dan garis tajam di mana  tangki bahan bakar tersebut dapat menyimpan 11 liter bahan bakar minyak. Selain itu, motor ini juga memiliki berat keseluruhan 137 kilogram. Kemudian, secara dimensi, panjang motor ini sekira 1.990 milimeter, lebar 725 mm, dan tinggi 1.135 mm. sementara itu, untuk jarak sumbu rodanya mencapai 1.325 mm.

D sisi lain, motor sport garapan Yamaha ini bersaing dengan Honda CBR150R yang mengusung mesin baru Core Sport ENG DOHC 6 speed dengan teknologi pendingin liquid cooled yang diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga 17,1 ps pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi maksimum 13,7 nm pada 7.000 rpm. Kecepatan maksimumnya 130 kilometer per jam. Tentu, akan menjadi persaingan yang cukup berat di antara keduanya.

Top