Bermasalah Pada Tangki, YZF R3 Buatan Indonesia Di-Recall

Yamaha YZF R3 Garapan Pabrik Indonesia Kena Recall – Sebelumnya, pada Juli 2016 lalu diketahui bahwa pihak Yamaha Motor Company di Jepang memberikan keterangan resmi bahwa akan dilakukan recall (penarikan) dari salah satu jajaran sepeda motornya, yaitu YZF-R3. Penarikan tersebut pun dilakukan karena beberapa alasan. Salah satunya yaitu ada dua komponen yang bermasalah sehingga menyebabkan gagal fungsi. Keduanya adalah pressure plate dan oil pump. Namun, belum ada satu tahun sejak penarikan itu, motor sport yang diproduksi di Indonesia itu kembali ditarik. Gelombang penarikan sudah terjadi di India dan Amerika. Ada apa ya?

Setelah diselidiki secara mendalam, ternyata masalahnya terdapat pada bagian tangki bahan bakar di mana ditemukan cacat bracket di tangki bensinnya. Cacat ini jika dibiarkan saja maka akan menyebabkan tangki menjadi cepat retak dan bahan bakar pun menjadi bocor karena getaran dari mesin. Di sisi lain, salah satu penyebabnya motor sport Yamaha ini direcall yaitu karena pada bagian saklar daya (switch) utama yang dapat mengalami korosi oleh air atau cuaca dingin sehingga menyebabkan mesin motor sulit untuk dihidupkan atau mati secara tiba-tiba.

Sebagai catatan bahwa Yamaha YZF-R3 yang ditarik adalah produksi tahun 2015 dan 2016. Hal tersebut sesuai dengan apa yang diberitakan oleh Indianautosblog, di mana dikatakan bahwa di pasar India sendiri sebanyak 1.155 unit yang terindentifikasi mengalami masalah tersebut. Sementara itu, untuk di Amerika sendiri sampai sejauh ini masih belum diketahui jumlah pastinya.

Sebagai tambahan informasi saja bahwa YZF-R3 ini sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari Yamaha YZF-R25. Sebelumnya motor bergaya sport tersebut juga mengalami masalah yang sama sehingga merambat ke R3.

Di samping itu, motor yang bakal menjadi pesaing berat bagi Kawasaki Ninja 300 ini pun akan dibekali mesin 321 cc twin-silinder yang mampu menghasilkan tenaga 42 ps pada10.750 rpm dan torsi puncak 29,6 nm pada 9.000 rpm. Tenaga dari mesin tersebut akan disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual enam percepatan.

Top