Teknologi Pengirit BBM dari Bridgestone dan Goodyear

Teknologi Pengirit BBM dari Bridgestone dan Goodyear – Pada akhir-akhir ini semua pabrikan otomotif berusaha membuat dan berlomba-lomba dalam menciptakan produk otomotif terbarunya dengan konsumsi bahan bakar yang ditekan serendah-rendahnya atau bisa dikatakan irit. Memang betulkan Bro dan Sis kenaikan bahan bakar yang kian melonjak ini membuat kita untuk memilih kendaraan yang irit demi menunjang aktivitas sehari-hari dengan pengeluaran yang tidak begitu tinggi. Namun nampaknya dengan pemilihan kendaraan yang diklaim irit oleh produsen kendaraan bermotor akan sia-sia jika beberapa aspek dalam kendaraan masih diabaikan yang mengakibatkan kurang maksimalnya pendukung aspek tersebut sehingga membuat boros bahan bakar. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah aspek dalam ban kendaraan sebagai penyalur tenaga yang dihasilkan mesin apabila tekanan ban tidak diperhatikan dan mempunyai tekanan yang asal-asalan dan kondisi yang tidak baik malah akan membuat pembakaran bahan bakar semakin boros karena tenaga yang tersalur tidak dapat maksimal.

Goodyear Air Maintenance

Hal itu membuat beberapa pabrikan ban pada beberapa waktu terakhir ini menciptakan teknologi terbarunya untuk menjaga ban tetap dalam kondisi dan tekanan yang baik. Contohnya saja pabrikan  Goodyear yang memproduksi ban mobil dengan nama yang sangat terkenal tengah mengembangkan sebuah teknologi yang dapat menghemat bahan bakar dengan memaksimalkan fungsi ban yang mereka ciptakan. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Teknologi Goodyear Tire & Rubber yaitu Steve Rohweder yang berpusat di Amerika Utara telah mengusung sistem “Air Maintenance” pada ban ciptaannya. Sistem tersebut akan memantau tekanan ban agar berada dalam tingkat inflasi yang tepat. Sistem tersebut juga memiliki perangkat pompa internal otomatis agar dapat menjaga tekanan ban dalam kondisi yang tepat.

Para pengguna seperti dilansi dalam Consumer Reports Tire Program Manager Goodyear yaitu Gene Petersan peraya bahwa dengan keberadaan teknologi tersebut akan membuat solusi terbaik yang diperlukan tiap pabrikan mobil untuk menghemat bahan bakar. “Berkendara dengan tekanan ban yang tidak tepat akan membuat rolling resistance menjadi sia-sia. Sehingga yang dilakukan oleh konsumen dalam menghemat bahan bakar akan lebih mudah ”, kata Petersen

Sebelumnya produsen ban yang juga telah terkenal lama yaitu Bridgestone telah membuat ban yang disebut “Ologic” yang khusus dibuat untuk mendukung mobil listrik buatan BMW seri “i” terbaru untuk menyalurkan tenaga dengan tepat sehingga tidak boros energi.

Nah itulah informasi mengenai ban yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Semoga dengan informasi yang disampaikan Mas Sena kali ini membuat Bro dan Sis selalu menjaga tekanan ban agar tetap tepat dan pas. Baca juga Lamorghini Huracan dan Komparasi 3 SUV 2014 Terbaik di Indonesia.

Top