Cara Merawat Helm Full Face

Cara Merawat Helm Full Face – Sebagaimana kita ketahui motor memiliki desain keamanan yang memang dirancang tidak maksimal dan membuat membuat sistem perlindungan pengendara yang kurang baik karena apabila terjadi kecelakaan, pengendara motor dapat terlibat secara langsung dan mengakibatkan terjadinya cidera bahkan sampai hal yang tidak di inginkan. Hal tersebut akan sangat berbeda apabila dibandingkan dengan mobil atau kendaraan tertutup lainnya lebih aman karena desain yang berbeda. Maka dari itu helm adalah piranti keselamatan yang wajib dipakai bagi pengendara kendaraan roda dua atau motor di semua kondisi jalanan yang dilalui. Helm ini pada dasarnya diciptakan untuk melindungi organ tubuh manusia yang sangat penting yakni kepala yang didalamnya terdapat organ penting yaitu otak sebagai pemberi perintah pada semua organ tubuh yang pastinya mempunyai peranan yang sangat vital bagi tubuh manusia. Nah kali Mas Sena akan berbagi tips cara merawat helm full face untuk membat ”helm cakil” anda tetap awet!

cara merawat helm full face

Sebelum membahas cara merawat helm full face tentunya anda tahu jika saat ini banyak sekali berbagai macam helm beredar di Indonesia. Mulai dari helm yang dibuat asal-asalan tanpa ujicoba sampai dengan helm dengan sertifikat standar keamanan helm internasional yang mempunyai harga tinggi. Sertifikat standar keamanan helm tersebut pun bermacam-macam ada SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT( Standar Amerika) dan SNELL (Standar Eropa). Untuk brader dan sista yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua ini sangat disarankan untuk menggunakan helm dengan standar minimal SNI dan lebih baik lagi jika menggunakan standar internasional DOT ataupun SNELL yang sudah sangat teruji kualitasnya. Untuk mencari standar internasional sebenarnya tidak perlu mencari merk terkenal internasional dengan harga yang tidak masuk akal bahkan hampir setara dengan motor baru. Saat ini pabrikan helm lokal pun telah membuat helm baik itu full face maupun hall face dengan standar internasional yaitu DOT dan sebagian ada pula yang berstandar SNELL yang telah teruji kualitasnya. Pastinya dengan memiliki helm baik itu full face maupun half face membutuhkan perawatan yang baik agar helm tetap aman dan nyaman untuk digunakan. Lalu bagaimanakah cara merawat helm full face yang akan Mas Sena sampaikan?

cara merawat helm full face biar bersih

Cara Merawat Helm Full Face

Sebelum masuk ke cara merawat helm full face Mas Sena akan memberikan informasi kepada brader dan sista sekalian bahwa sebenarnya helm memiliki masa penggunaan rata-rata 3 tahun terhitung pada saat helm itu dibuat. Dan apabila sudah mengalami beberapa kali benturan atau terjatuh akan membuat struktur helm rusak dan sangat disarankan untuk menggantinya dengan helm yang baru. Karena jika diabaikan akan mengurangi sistem perlindungan kepala oleh helm itu sendiri. Nah lalu apa sajakah cara merawat helm full face ini? Yuk kita simak dengan seksama cara-caranya dibawah ini :

  1. Cara merawat helm full face yang pertama adalah simpan helm dengan baik dan pastikan penyimpanan helm dalam kondisi yang aman dan bersih. Hal tersebut maksudnya apabila semisal ditaruh diparkiran maka kuncilah helm dengan baik dan tempatkan helm dengan jarak yang tidak berdekatatan dengan kendaraan atau benda lain. Karena apabila pada saat mengunci helm kendaraan saling berhimpitan akan memungkinkan kaca helm atau bagian helm lainnya tergores dan akan menurunkan fungsi helm tersebut.
  2. Setelah helm dipakai sangat disarankan untuk ditaruh ditempat yang aman dan bersih. Lalu bukalah kaca helm agar sisa-sisa keringat yang terperangkap dan menempel pada bagian dalam helm dapat dinetralisir oleh sirkulasi udara yang ada sehingga akan meminimalisi bau yang disebabkan oleh keringat pengendara. Jika helm telah digunakan dalam perjalanan jauh lebih baik jemur helm dengan posisi helm yang terbalik agar mempercepat butiran keringat menguap. Oke sudah cukup paham? Yuk kita lanjut ke cara merawat helm full face selanjutnya.
  3. Usahakan agar helm tidak terpapar sinar matahari ataupun terkena hujan secara langsung. Jika hal tersebut terjadi pastinya akan merusak cat serta membuat helm menjadi basah dan akan menjadikan bagian helm bau.
  4. Bersihkan helm dengan rutin minimal 1 bulan sekali dengan melakukan pembersihkan pada semua bagian helm. Karena apabila helm tidak dicuci secara rutin maka akan membuat gatal kepala dan menimbulkan bau jika helm digunakan. Brader dan sista, simaklah cara merawat helm full face dibawah ini:
  • Cara merawat helm full face yang pertama adalah lepas visor atau kaca helm agar mudah dibersihkan lalu pastikan bahwa helm memiliki fitur “removable padding” atau busanya dapat dilepas. Lepas seluruh bagian busa tersebut hingga helm hanya menjadi batok dengan gabus keras saja.
  • Kedua rendam busa tersebut kedalam rendaman air sabun bersih yang berkekuatan rendah seperti shampho selama kurang lebih 30 menit. Dengan cara merawat helm full face ini akan memudahkan brader serta sista dalam membersihkan busa yang mempunyai banyak kotoran. Lalu sikat busa dengan hati-hati menggunakan sikat berukuran kecil pada semua bagian sampai bersih. Setelah itu apabila ingin wangi-wangian pada busa helm dapat merendam busa yang telah bersih dengan pengharum pakaian sesuai dengan keinginan masing-masing. Dan selanjutnya peras dengan hati-hati dan jemur busa dengan panas yang cukup agar cepat kering. Apabila cuaca tidak mendukung sebaiknya brader dan sista harus menunda proses ini. Karena apabila proses ini dilakukan busa yang dijemur lama keringnya dan malah akan menimbulkan bau pada helm.
  • Keempat untuk membersihkan bagian luar helm cuci dengan air jernih lalu keringkan. Setelah itu gunakan kain halus dan wax pemoles yang dapat menggunakan pemoles motor seperti KIT dengan kain halus agar helm tetap kinclong dan mulus.
  • Cara merawat helm full face kelima untuk membersihkan kaca gunakan kain halus dengan menyemprotkan wax pemoles untuk motor dengan cara hati-hati agar kaca helm tetap terjaga dalam kondisi yang bening sehingga membuat nyaman dalam berkendara.
  • Keenam setelah busa kering maka pasang kembali kedalam helm. Dan jangan lupa juga untuk memasang kaca dan visor helm dengan tepat.
  • Ketujuh untuk menjaga kondisi helm dalam kondisi yang wangi semprotkan wangi-wangian khusus helm yang berguna sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyebab bau tak sedap serta jamur didalam helm.

cara tepat merawat helm full face

Menarik bukan cara merawat helm full face yang Mas Sena sampaikan diatas? Nah itulah trik dan tips mengenai cara perawatan helm baik itu full face ataupun half face. Sebenarnya masih banyak cara lain dalam merawat helm full face tetapi Mas Sena merangkumkan cara-cara yang paling simpel yang dapat dengan mudah dilakukan. Dengan cara merawat helm full face yang Mas Sena sampaikan diatas akan membuat kondisi helm brader dan sista nyaman dan aman untuk digunakan tiap saat. Perawatan helm tersebut jika Bro dan Sis melakukannya dengan konsisten maka dapat memperpanjang usia helm full face menjadi lebih lama. Selain itu khusus penggunaan helm full face haruslah benar dan tepat karena apabila menggunakan helm asal-asalan akan membahayakan anda maupun pengendara lain. Untuk membersihkan helm full face ini selain dengan mengikuti tips yang Mas Sena berikan dapat anda serahkan pada jasa pencucian helm yang sekarang banyak bertebaran dijalan, tetapi pastikan memilih tempat cuci yang terpercaya supaya helm full face anda mendapat perlakuan yang baik. Itulah ulasan trik dan tips mengenai cara merawat helm full face yang sekaligus mengakhiri perjumpaan dengan Mas Sena pada kesempatan kali ini. “Enjoy your ride, stay calm and be carefull!!”. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.  Baca juga Cara Menghilangkan Baret pada Motor dan Cara Memasang Lampu Halogen pada Motor.

Top