Hati-hati, Toyota Vellfire dan Hilux Diincar Maling

Dua Mobil Vellfire dan Hilux Jadi Incaran Maling – Laporan mengejutkan datang dari sebuah perusahaan asuransi asal Malaysia. Dalam laporannya itu mobil mewah andalan Toyota Vellvire ternyata menjadi mobil yang paling banyak di incar maling. Sepanjang 2016 lalu sebanyak 114 dari total 54.876 unit Vellfire yang terdaftar dalam asuransi hilang. Kasus hilangnya Vellfire ini menjadi yang tertinggi dengan frekuensi kemalingan sebesar 0,21 persen.

Pada acara tahunan General Insurance Association of Malaysia (PIAM) pihak asosiasi menyampaikan pertumbuhan yang lambat di industri asuransi dalam beberapa tahun terakhir, khusus nya 2016. Namun klaim asuransi tetap tinggi diangka 5,02 miliar ringgit atau sekitar Rp 15,05 triliun. Tingginya klaim karena meningkatnya angka kecelakaan di Malaysia serta naiknya biaya medis, ditambah lagi dengan penjualan yang terus turun. 2016 bukan tahun yang bagus untuk bisnis asuransi di Malaysia. Menyumbang 46,2 persen asuransi kendaraan bermotor punya kontribusi paling besar.

Terlepas dari itu ada hal yang unik yang terdapat dari analisa data terkait pencurian kendaraan. Dalam presentasinya CEO Paim Mark Lim menunjukan bahwa polisi dan bea cukai telah melakukan pekerjaan yang baik, melumpuhkan geng pencurian mobil dan sindikat. Jumlah kendaraan yang dicuri dilaporkan turun 20 persen menjadi 19.307 unit tahun lalu. Penurunan pencurian ada di semua kelas, mulai dari mobil pribadi turun 16 persen , sepeda motor turun 24 persen dan kendaraan komersial turun 9 persen.

Dari daftar mobil yang dicuri ternyata Toyota Vellfire punya frekuensi pencurian tertinggi, disusul posisi kedua ada Mitsubishi Pajero, dengan frekuensi pencurian 0,17 persen dari populsi 59,567 unit, pencurian sebanyak 99 kali sepanjang 2016. Lalu disusul dibelakangnya ada Toyota Hilux 0,15 persen dengan jumlah unit yang beredar 403,999 unit tercuri 624 kali.

Bagi para pemilik Toyota Hilux dan Vellfire di Malaysia nampaknya harus mulai berhati-hati terkait dengan rawan nya penurian di Malaysia. Catatan ini terbilang kontras dibandingkan 2015 lalu mobil Proton yang menjadi favorit. Proton Putra dan Perdana menjadi dua mobil paling banyak dicuri.

 

 

 

Top